Apa Itu NCOP dan NCED?

NCOP Kamen Rider Black Ksatria Baja Hitam

NCOP – Bila kita sering menonton anime, tentunya kita sering melihat sejumlah tulisan pada bagian awal dan bagian akhir episode tersebut. Tahukah kalian bahwa itu semua merupakan credits untuk para pekerja dalam studio Animasi itu? Kali ini, Nawala Karsa akan membahas mengenai NCOP beserta NCED.

Apa itu NCOP?

NCOP adalah Non-Credit Opening atau Pembuka Tanpa Kredit. Nah, credit yang dimaksud dalam hal ini adalah creditroll atau sejumlah tulisan yang muncul di awal atau di akhir acara. Biasanya tulisan-tulisan tersebut memuat nama-nama aktor/aktris, pengisi suara, studio yang memproduksi, hingga perusahaan yang mensponsori pembuatan proyek animasi itu sendiri.

Kebanyakan anime pada masa sekarang umumnya memberikan Non-credit Opening dan Non-credit Ending dalam versi Blu-Ray. Sementara versi credit umumnya ada di versi DVD dan versi penayangan di stasiun televisi. Namun, tak hanya anime, tetapi seri drama hingga tokusatsu Jepang turut memiliki sistem serupa.

Video diatas merupakan supercut dari intro atau pembuka anime-anime yang turut memiliki versi NCOP mereka sendiri. Jadi, penggunaan sistem serupa sebenarnya sudah ada sejak lama. Bahkan sebagai bukti, kita akan mengulik salah satu posting Facebook milik warganet mengenai hal ini.

Warganet bernama Breda Kustanto melalui postingan miliknya di Facebook menyebut, bahwa pada saat itu RCTI nampak hebat, dalam artian ‘pintar’ sampai-sampai bisa (melalui Gama Multi Niaga) mendapatkan deal dengan pihak TOEI untuk mendapatkan rilisan Ksatria Baja Hitam atau Kamen Rider Black dengan versi NCOP dan NCED. Menurutnya sendiri, itu merupakan hal yang langka bagi serial Tokusatsu produksi TOEI.

“NCOP-ED untuk Tokusatsu TOEI itu langka pake banget lho, bahkan Blu-ray nya saja tidak memberikan NCOP-ED,” ujarnya, “Padahal NCOP-ED itu sekarang menjadi sesuatu yang “wajib” untuk Blu-ray Anime.”

https://nawalakarsa.id/kamen-rider-zi-o-over-quartzer/

Melalui postingan tersebut, Ia mengaku kagum dan terheran-heran bagaimana hal tersebut bisa terjadi. “Entah bagaimana PT.Gama Multi Niaga dulu nge-lobi TOEI-nya,” sebutnya, “Indosiar saja cuma dikasih NCOP-ED untuk Tokusatsu produksi Tsuburaya doang, yang produksi TOEI masih ada Credits Jepang-nya.”

Dalam postingan yang kini lebih dari 38 share, sejumlah netizen angkat bicara.

Lah iya.. baru nyadaaar. Terimakasih Ya Allah.. terimakasih RCTI & Gama.. masa kecil kami keren bgt…. Alhamdulillah.. Yossh! Semangat lagi!!!!! Thanks cap sdh memberitahukan hal ini

Wuih file Bang Breda Kustanto.. dapet aja yak? Wkwkwk Mantap jiwa! Kalo jaman dulu.. ini bentuk dokumen videonya kayak Kaset Pita gtu kan yah? Yang gede tebel..

Jam tayang adalah jam sudah mandi sore, dan sudah ganti baju tidur, dan numpang tv tetangga

HENSHIN MANTRA AJI ✔️✔️✔️

“Pas lg nonton ini terus dpet orderan…. Yauda lanjut nonton….”

 


Jadi, sudahkah kalian tahu tentang apa itu NCOP? Bagaimana pendapatmu? Kirimkan komentar kalian dibawah dan jangan lupa share postingan ini ke Facebook, Twitter, dan Instagram!