Luar Biasa! Ini 10 Anime Rating TV Tertinggi di Pertengahan Agustus

10 Anime Dengan rating TV Tertinggi

Sudah menjadi hal yang lazim di kalangan penikmat anime untuk membandingkan anime mana yang memiliki rating tertinggi. Dengan tolok ukur penilaian yang berbeda tentu menghasilkan rating yang berbeda pula. Alhasil, sejumlah fandom anime tertentu dapat membanggakan diri ketika animenya didapuk meraih rating tertinggi.

Lantas, bagaimana dengan di Jepang sendiri? Sebenarnya selera mayoritas penonton di Jepang tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Di Indonesia animasi ringan seperti Upin dan Ipin atau BoBoiBoy menjadi yang paling populer. Demikian halnya di Jepang, dimana anime beraliran slice of life masih menjadi jawara.

Mulai pekan ini, Nawala Karsa Indonesia akan menghadirkan daftar 10 serial anime yang paling banyak ditonton pemirsa televisi di Jepang. Data yang kami himpun dari Video Research ini hanya memuat data rating untuk pemirsa di wilayah Kanto. Adapun data yang diambil merupakan data saat tayangan tersebut mengudara pertama kali. Jadi ini tidak termasuk pemirsa yang menonton melalui streaming maupun yang merekam acara ini terlebih dahulu.

Inilah 10 Anime dengan Rating TV Tertinggi

  1. Sazae-san
    Anime legendaris yang satu ini bisa panjang umur di TV Jepang berkat alur ceritanya yang ringan. Tidak percaya? Coba tanyakan pada 10,9% pemirsa yang menyaksikan anime ini di hari Minggu (18/8) lalu.
  2. Chibi Maruko ChanHal yang menyenangkan hati, anime ini masih menjadi salah satu seri anime dengan jumlah penonton terbesar di Jepang. Episode teranyarnya yang tayang minggu (18/8) sore itu dinikmati 7,4% penonton TV di Jepang!
  3. Detective ConanAnime yang diadaptasi dari manga karya Aoyama Gosho ini selalu berhasil memancing rasa penasaran pemirsa TV di Negeri Sakura itu. Episode yang tayang pada hari Sabtu (17/8) sore tersebut mampu memikat 6,8% pemirsa.
  4. One PiecePosisi selanjutnya masih diisi oleh anime yang juga populer di Indonesia. Petualangan Luffy si tangan karet dan teman-temannya ini dinikmati 4,2% pemirsa Jepang di hari Minggu (18/8) pagi.
  5. GeGeGe No KitaroBocah bermata satu ini masih menjadi favorit keluarga Negeri Matahari terbit tersebut. Tayang di hari Minggu (18/8) pagi tepat sebelum penayangan One Piece, anime ini dinikmati 3,4% pemirsa TV Jepang.
  6. Curious GeorgeSatu-satunya anggota anime coret dalam daftar ini. Si monyet kecil yang selalu penasaran ini masih menggemaskan hati 3,1% pemirsa TV Jepang. Tentu saja, anime yang ditayangkan di NHK-E pada hari Sabtu (17/8) pagi ini lebih banyak dinikmati oleh anak-anak.
  7. Oshiri Tantei
    Apa jadinya kalau detektif yang kita kenal selama ini mempunyai bentuk kepala seperti bokong? Aneh memang, namun nyatanya 2,9% pemirsa menyukai keanehan ini. Anime ini tayang tepat setelah Curious George.
  8. Mix
    Salah satu anime yang durasi tayangnya relatif muda namun berhasil memikat banyak penonton. Anime ini bercerita tentang kegigihan sepasang saudara menuju kompetisi baseball nasional. Alur cerita yang menarik ditambah jam tayang yang tepat membuatnya mampu menggaet 2,8% penonton pada hari Sabtu (17/8) sore.
  9. Soreike! Anpanman
    Anime super hero berbentuk roti ini mampu menghibur 2,6% pemirsa Jepang. Mengudara pada hari Jumat (16/8) jelang siang, anime ini jelas digemari anak-anak karena penampilannya yang unik.
  10. Star * Twinkle Precure
    Bercerita tentang usaha sekelompok gadis dalam melindungi The Starry Sky World dari ancaman Notraiders. Anime bergenre fantasi ini mampu memikat 2,3% pemirsa.

BONUS: Film Dan Serial Yang Mencuri Perhatian

  1. Natsuzora
    Drama pagi khas NHK ini bercerita tentang perjuangan Suzu Hirose menggapai cita-citanya sebagai seorang mangaka. Episode teranyarnya tayang pada hari Senin (12/8) dengan raihan penonton 21,3%.
  2. Giso Furin
    Drama yang diadaptasi dari manga karya Akiko Higashimura ini menggaet pemirsa dewasa. Tayang pada hari Rabu (14/8), serial ini meraih 9,3% penonton.
  3. Spirited Away
    Anime besutan studio Ghibli ini masih menjadi formula ampuh bagi stasiun TV di Jepang dalam meraup rating yang tinggi. Mengudara pada hari Jumat (16/8) di jam prime time, tayangan ini mampu membuat 17,9% pemirsa mengarahkan salurannya ke NTV.
  4. Giovanni’s Island
    Anime ini menceritakan persahabatan pria Jepang dengan wanita Rusia selepas Perang Dunia II. Mengudara pada hari Senin (12/8) dini hari, anime ini meraih 1,5% pemirsa.

Demikian daftar anime yang paling banyak ditonton di televisi Jepang selama sepekan. Jadi, apakah anime kesayanganmu ada di daftar di atas?