Intip Acara Ulang Tahun RCTI, SCTV dan TVRI Disini!

Ulang tahun RCTI SCTV TVRI – Tanggal 24 Agustus menjadi tanggal yang penting bagi industry penyiaran tanah air. Bagaimana tidak, tepat di tanggal tersebut, tiga tonggak sejarah mulai dipancangkan. Pertama, di hari itu tahun 1962, Indonesia memiliki stasiun televisinya sendiri dengan jenama TVRI. Kedua, di tanggal yang sama 37 tahun kemudian, Indonesia memulai era televisi swasta dengan diluncurkannya RCTI.

Tidak hanya itu, di tanggal yang sama di tahun 1990, tonggak sejarah lainnya juga dipancangkan. Stasiun televisi swasta asal Surabaya, SCTV, resmi diluncurkan sebagai jaringan dari RCTI. Di tanggal tersebut pula sejarah televisi swasta berjaringan pertama kali muncul.

https://nawalakarsa.id//setelah-uefa-super-cup-sctv-siarkan-uefa-champions-league/

Lahir di tanggal yang sama membuat pemirsa penasaran akan pesta ulang tahun yang diadakan masing-masing stasiun televisi. Ada masanya, ketiga stasiun televisi merayakan ulang tahun di tanggal yang sama, dengan dua stasiun televisi swasta bahkan merayakannya bersama. Namun seiring bergulirnya waktu dan kepemilikan, ketiga stasiun televisi tertua ini tidak lagi kompak merayakan hari jadinya.

Duo TV Swasta dengan Strategi Yang Sama

Kita akan mulai dengan RCTI, yang merayakannya lebih dulu hari ini, Jumat (23/8). Seperti acara ulang tahun stasiun televisi pada umumnya, RCTI menggelar malam puncaknya dengan konser musik. Mengusung tema Warna Cerita Cinta, RCTI akan menghadirkan sejumlah musisi tanah air. Tidak hanya itu, personel boyband ShiNEE, Taemin, akan menjadi sajian utama di acara ini.

Selain pertunjukan musik, sejumlah atraksi juga telah disiapkan RCTI untuk malam puncaknya. Atraksi tersebut antara lain pertunjukan sulap, konfigurasi water fountain dan kembang api serta atraksi flyboard.

Lalu bagaimana dengan SCTV? Sebagai ‘adik’, SCTV justru mendapat kehormatan menayangkan ulang tahun di tanggal yang persis dengan hari jadinya. Mengusung tema Cinta Indonesia, SCTV menghadirkan sejumlah musisi ternama tanah air malam puncaknya, antara lain Agnez Mo, Iwan Fals dan Noah.

Sementara sehari sebelumnya, SCTV menayangkan seri film Dilan secara marathon. SCTV akan menayangkan film dengan penonton terbanyak di bioskop itu secara berurut. Dilan 1990 akan tayang lebih dulu selepas Maghrib waktu Indonesia Barat. Sementara sekuelnya, Dilan 1991, menyusul tayang tepat seusai Dilan 1990.

Merayakan Ulang Tahun Cara TVRI

Lalu bagaimana dengan TVRI? TVRI memiliki acara khusus Diskusi Publik dengan tema Penguatan Kelembagaan TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik. Acara diskusi ini sudah dilangsungkan di Auditorium TVRI pada 8 Agustus lalu. Adapun penayangannya dilakukan pada tanggal 21 dan 22 Agustus.

Di hari ulang tahunnya, TVRI masih disibukkan dengan gelaran BWF World Championship. Menyusul setelahnya, TVRI akan menayangkan Super Big Match Premier League antara Liverpool kontra Arsenal.

https://nawalakarsa.id//tvri-ungkap-alasan-pengacakan-siaran-premier-league-di-satelit/

Sementara untuk konser musik, hampir tidak ada konser musik khusus untuk merayakan ulang tahun TVRI. Konser Merah Putih yang akan mengudara hari Minggu (25/8) pukul 22.00 WIB tidak dikaitkan langsung dengan ulang tahun TVRI.

Walaupun dikenal sebagai pelopor acara ulang tahun televisi, nyatanya acara ulang tahun TVRI tahun ini justru tidak terdengar gaungnya. Hal yang bisa dipahami jika berkaca pada tiga hal. Pertama, acara perayaan ulang tahun TVRI cenderung tidak menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang memadai. Hal ini bisa dilihat dari acara ulang tahun TVRI yang jauh dari percakapan masyarakat. Lain halnya dengan acara ulang tahun televisi swasta yang mayoritas justru menangguk untung besar.

Kedua, TVRI sudah menciptakan banyak momentum dalam setahun ke belakang. Momentum tersebut antara lain rebranding akhir Maret lalu, diraihnya opini WTP dan hak siar ajang olahraga unggulan.

Ketiga, masih berkaitan dengan poin kedua, TVRI memiliki jadwal tayangan yang padat dalam seminggu terakhir. Jam tayang yang sudah dipenuhi oleh BWF World Championship dan Premier League memaksa TVRI sedikit adem ayem untuk ulang tahunnya. Alih-alih membuat acara konser musik, tayangan olahraga justru lebih menarik karena dapat mendatangkan PNBP yang cukup besar.

Jadi, sudah punya pilihan ingin menyaksikan acara ulang tahun yang mana? Apakah Ulang tahun RCTI, SCTV,  atau TVRI? Apapun pilihan Anda, semua acara ulang tahun yang diselenggarakan akan menghasilkan satu pemenang: Anda, para pemirsa.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.