Clean Up Jakarta Day 2019, Ajak Masyarakat untuk Bersih-Bersih Jakarta

Clean-up Jakarta Day 2019
Pengenalan sampah-sampah yang tak dapat di daur ulang di CUJD 2019 (istimewa)

JAKARTA – Diadakan pada hari Minggu (25/8) pagi, acara ‘gotong royong’ Clean Up Jakarta Day yang diprakasai oleh Indonesia Expat sejak tahun 2013 ini kembali dilaksanakan guna mengajak masyarakat membersihkan kota DKI Jakarta.

Melibatkan pemerintah daerah serta Dinas Lingkungan Hidup, kegiatan ini diadakan di sepanjang kawasan car free day. Masyarakat yang tengah melakukan aktivitas disekitar Jalan Jend. Sudirman dan Jalan Pamekasan untuk bergabung dan turut membersihkan sampah didekat area tersebut.

Nawala Karsa memantau pada sejumlah lokasi kebersihan, salah satunya di Gelora Bung Karno, dan Jalan Pamekasan disamping Kedutaan Besar Jerman. Gabungan sukarelawan membersihkan sekitar kawasan tersebut dengan cepat, dan turut mensosialisasikan kepada masyarakat yang berada di lokasi-lokasi ini akan pentingnya menjaga lingkungan.

Plogging, merupakan pokok tema dari acara CUJD 2019. Plogging sendiri merupakan kegiatan campuran antara jogging sembari pengumpulan sampah disekitar. Aktivitas serupa awalnya dilakukan pertama kali di negara Swedia.

PLT Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yusino A. Supalal, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan bersih-bersih Jakarta ini. “Saya sangat mengapresiasi (kegiatan) ini, dari tahun ke tahun selalu lancar dan perubahan (yang dilakukan) sangat terlihat,” ujarnya saat ditemui awak media.

CUJD 2019 RANGKUL SEJUMLAH KOMUNITAS

Clean-up Jakarta Day 2019 Kalbis Care Share
Berbagai komunitas peduli lingkungan turut terlibat dalam Clean-Up Jakarta Day 2019, Salah Satunya adalah Kalbis Care Share (istimewa)

Kami mewawancarai salah satu sukarelawan yang turut ikut serta dalam CUJD 2019. Salah satunya adalah Wilhemus Jeremy, dari Kalbis Care Share.

“Kegiatan ini sangat bagus, serta mampu meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Jeremy saat kami temui di Gelora Bung Karno, ia juga menambahkan, kegiatan ini juga menjadi ajang bagi komunitas peduli lingkungan untuk bersama-sama mensosialisasikan pengolahan sampah bagi masyarakat.

Vachrul, salah satu peserta lainnya mengatakan bahwa teknis pelaksanaan kegiatan sangat mudah dipahami. “Menurut saya, arahan yang diberikan sangatlah jelas dan mudah diakses.” Ia berharap. Kegiatan ini dapat diikuti oleh lebih banyak komunitas.

Clean-up Jakarta Day 2019
CUJD 2019 di samping Kedutaan Besar Jerman (istimewa)

Clean Up Jakarta Day 2019 dibuka dengan aktivitas bersih-bersih yang dilakukan sejumlah titik, tak hanya di kawasan car free day, namun juga di sekitaran kota DKI Jakarta, dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Pada pukul 8.30 WIB, Destania Ika Putri selaku Project Manager memberikan pidato singkat kepada khalayak. Tak hanya pihak penyelenggara, Pemkot dan DLH turut memberikan pidato dengan harapan kota Jakarta dapat bersih melalui acara ini.

Clean-up Jakarta Day 2019 Aqua
Ambassador untuk Aqua di CUJD 2019 (istimewa)

Selain itu, ada penampilan dari Abang None Jakarta Selatan, aktivitas tambahan dari Sponsor utama CUJD 2019 yaitu Aqua, dan performance oleh Indra Sabil. Sejumlah kuis juga diadakan disini.