Casio Bikin Komik dan Game Tentang Matematika! Mau Coba?

KOMIK DAN GAME CASIO — Apa yang terlintas pertama kali ketika kamu mendengar istilah “Matematika”? Hmm, biasanya yang terlintas tidak jauh-jauh dari angka-angka, hitung-hitungan dan rumus yang bermacam-macam. Alhasil, banyak diantara kita yang benci dengan matematika. Mungkin kamu salah satunya. Padahal matematika itu sendiri akan sering sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Melihat keadaan tersebut, banyak sekali inisiatif yang dibuat untuk mendekatkan kita dengan matematika. Ada yang melakukan pendekatan menggunakan video edukasi, bimbingan belajar, komik hingga aplikasi gim online.

Berbicara tentang komik bertema matematika, sebenarnya dari Indonesia sudah ada komik Math karya Maximillian Fansyuri dan Dini Marlina, yang sayangnya hadir cukup singkat. Bagi yang masih haus dengan komik bertema matematika, jangan kuatir. Kami punya satu lagi referensi yang menarik.

Mari Menjadi Jagoan Fungsi!

Adalah Casio, perusahaan elektronik yang terkenal dengan produk jam tangan, keyboard maupun kalkulator, berinisiatif membuat komik untuk jualan kalkulator menumbuhkan kecintaan akan matematika. Komik bertajuk Function Hero ini menceritakan beberapa karakter yang bertarung dalam sebuah arena bernama Function Field Battle. Di arena tersebut, para karakter diharuskan beradu cepat menyelesaikan fungsi-fungsi matematika untuk dapat mengalahkan lawan.

Ada empat karakter yang dapat dipilih, Kaito si jagoan matematika, Takuma dan Emi si anak baru dan Azusa si siswi misterius. Masing-masing mereka mempunyai kalkulator andalan sendiri yang mana dapat kita simak ceritanya di laman resminya.

Oh ya, setiap karakter juga mendapat manga-nya sendiri, lho. Setiap karakter yang kamu klik di laman tersebut, kamu bisa membaca beberapa halaman petualangan karakter tersebut. Tentu saja, di akhir petualangan tersebut, kita akan disambut dengan…

Ada Gimnya, Jadi Makin Asyik!

Tidak hanya komik, Casio juga melengkapi seri Function Hero dengan gim berjudul sama. Gim yang dikemas a la gim klasik 8 bit ini dapat dimainkan di browser bawaan dengan mengklik tautan ini.

Di tahap awal, kamu dapat memilih bermain secara gratis dengan memilih Free Play, atau bagi pemilik kalkulator asli Casio dapat mengambil Game ID dengan melakukan pindai kode QR dan hologram di telepon seluler. Tentunya bagi pemilik Game ID akan mendapat akses ke lebih banyak layanan.

Setelah berhasil masuk, kita dapat memilih tokoh. Bagi pemain baru hanya dapat memilih Kaito sebagai tokoh yang dimainkan. Untuk dapat memainkan Takuma, Emi maupun Azusa kita harus mengumpulkan Math Power sebanyak 5000. Bagi pemegang Game ID akan lebih mudah karena dapat menyimpan Math Power-nya setiap kali bermain.

Setelah memilih pemain, barulah saatnya pertarungan dijalankan. Ada dua tahapan di sini, yaitu tahap menyerang dan bertahan, yang dilakukan berselang-seling. Di tahap menyerang, kita akan diberikan fungsi tertentu selama beberapa detik, lalu diminta mengisi bagian yang kosong saat fungsi tersebut dimunculkan kembali. Jika berhasil, kita akan mendapat power tertentu untuk menyerang. Sementara di tahap bertahan, kamu hanya perlu menekan tulisan JUMP untuk menghindar dari serangan lawan. Semakin lama bertahan, semakin tinggi Math Power yang dapat dikumpulkan.

Melawan Pembajakan

Lho, sebentar, kok sampai bicara pembajakan? Nah, ternyata di lingkungan sekitar kita ada banyak kalkulator bajakan. Jika dilihat sekilas tentu agak sulit untuk dibedakan, tapi dari segi harga dan daya tahan, jelas kalkulator bajakan tidak sesolid kalkulator resmi dari produsen.

Bagi yang masih SMA maupun kuliah, terutama yang mengambil jurusan Saintek, tentu sudah tidak asing lagi dengan kalkulator saintifik merk Casio. Bisa dibilang, ini salah satu merk kalkulator saintifik yang banyak dipakai karena penggunaannya yang cukup mudah dan rumus-rumusnya yang cukup memadai bagi pelajar. Tak jarang, demi mencicipi gurihnya penjualan, sejulah oknum tega memproduksi kalkulator bajakan.

Casio memahami hal itu karena kalkulator bajakan dapat berpengaruh pada bisnis kalkulatornya. Alhasil, Casio perlu menekankan pentingnya menggunakan kalkulator asli dengan berbagai inisiatif. Salah satunya, dengan Game ID di gim Function Hero. Bagi yang mempunyai kalkulator asli dari Casio dijamin akan semakin puas menikmati gim dan manganya secara penuh.

Nah, bagi yang ingin belajar matematika dengan cara yang asyik, komik dari Casio, disertai gim Function Hero dapat menjadi teman belajar pilihan. Jangan lupa beli kalkulatornya yang asli biar lebih puas.