Nintendo Switch Kini Bisa Dipasang Android OS!

ROM Android di Nintendo Switch

Nintendo Switch memang merupakan konsol yang sangat unik dan menarik. Selain konsepnya yang menggabungkan portabilitas dengan home console, Switch juga menjadi salah satu mainan favorit para developer lantaran hardware Nvidia Tegra yang merupakan hardware inti dari tablet android Nvidia Shield sehingga banyak program homebrew dimana pengguna bisa memainkan lebih dari sekedar Nintendo Switch.

Mereka bisa memainkan game seperti Play Station 1, Sega Genesis, Game Cube, NIntendo Wii, dan masih banyak lagi menggunakan emulator. Baru-baru ini, sebuah grup developer bernama Switchroot mengeluarkan ROM tidak resmi ke publik melalui forum XDA . ROM tersebut bernama LinageOS 15.1

Switchroot sejak beberapa waktu kebelakang memang sedang menggarap OS Android untuk Switch. OS ini adalah modifikasi dari LineageOS 15.1 yang berdasar pada perangkat tablet Nvidia Shield yang juga berdasar pada Android 8.1

Mungkin terdengar rumit, tapi tidak bagi pengguna yang sudah menggunakan bootloader Hekate di konsol Switch-nya. Cara instalasinya adalah dengan menyimpan system image ke kartu SD, mengunduh paket Gapps yang sesuai, lalu flashing lewat TWRP, kemudian reboot konsol.

Cinebench di Switch

Switch bukanlah konsol yang dirancang untuk menjalankan OS selain bawaannya. Maka dari itu, ROM berbasis Android 8.1 Oreo tersebut bisa dibilang sangat impresif. Terbukti bisa berjalan baik di mode handheld maupun docked, kemudian audio dan joycon pun berfungsi dengan sempurna.

Mengingat bahwa Switch memakai Nvidia Tegra, maka OS ini menambahkan fungsi untuk menyalakan ‘shield yang membuat Switch bisa menjadi Nvidia Shield TV lengkap dengan dukungan Nvidia Gamestream dan sejumlah game eksklusif Shield. Tentu saja OS ini belum sempurna sehingga msih ada bug seperti WiFi yang tidak stabil dan tidak bisa memutar layar layaknya perangkat android pada umumnya, batre yang cepat habis, beberapa aplikasi tidak bisa dinavigasi dengan joycon, touchscreen terkadang mendeteksi sentuhan bahkan ketika jarak jari dengan layar hanya 3cm, screenshot tidak berfungsi.

Memodifikasi konsol memang terdengar menyenangkan, tapi hati-hati karena memodifikasi sembarangan dapat merusak konsol tersebut.