Penerbit Clover Membuka Request Light Novel

Pada Rabu, 10 Juli 2018, penerbit Clover memposting sebuah pengumuman pada akun Instagram resmi mereka. Ternyata, mereka mengumumkan akan membuat request khusus judul light novel. Tapi, request ini akan dijadwalkan pada waktu tertentu saja. Mereka akan membuka request selama 2 hari, pada tanggal 13 dan 14 Juli 2019. Dikatakan kalau mereka akan menyediakan sebuah link khusus, di mana kamu bisa mengisi data light novel-nya dengan mudah. Data yang mereka butuhkan adalah judul light novel, sampul buku, nama pengarang, jumlah jilidnya, dan sinopsis singkat.

Ada beberapa dari manga terbitan Gramedia yang merupakan adaptasi dari light novel. Seperti Regarding Reincarnated to Slime, Kino’s Journey, dan lainnya. Mungkin saja ini bisa menjadi rekomen judul untuk yang ingin di-request. Belum ada konfirmasi lebih lanjut tentang hal ini. Informasi selengkapnya akan menyusul.

Tentang Light Novel

Bagi yang belum mengetahui, light novel (ライトノベル raito noberu), merupakan salah satu buku khas terbitan Jepang, sebuah novel yang menargetkan pasar remaja hingga remaja dewasa. Novel ini juga dilengkapi ilustrasi seperti gambar komik. Banyak anime yang mengadaptasi light novel ini, seperti Danmachi, Arifureta, dan masih banyak lagi. Ukuran buku ini kecil, berukuran kertas A6. Selain ukurannya, bahasanya juga ringan dan mudah dimengerti remaja pada umumnya. Tema yang diangkat pun bermacam-macam, dari romansa hingga horror pun ada.

Di Indonesia sendiri pun juga light novel Jepang yang sudah diterbitkan di Indonesia. Light novel dari No Game No Life, Absolute Duo, dan lainnya. Penerbit Gramedia juga menerbitkan light novel seperti, Detektif Conan, One Piece, Naruto, dan Attack on Titan. Dulu sekali penerbit Elex Media Komputindo juga pernah menerbitkan light novel, tapi tidak ada yang pernah rampung. Banyak dari light novel berseri di Indonesia tidak rampung dan tidak pernah diurus lagi lisensinya. Semoga saja penerbit Clover mampu menjadi titik balik penerbitna dari light novel di Indonesia. Melihat mereka membuka request ini, pasti mereka tidak akan setengah-setengah mejalankan pasar light novel ini.