Lagi! Facebook, Instagram, dan Whatsapp Kembali Alami Gangguan

Facebook Instagram Twitter

Facebook-Whatsapp-Instagram Alami Gangguan!

Para netizen sedang kebingungan karena Facebook alami gangguan. Beberapa melaporkan bahwa mereka tidak bisa log in. Sementara yang lain mengatakan bahwa mereka tidak bisa melihat & memposting gambar. Bahkan ada yang tidak bisa mengakses akunnya. Hal ini berdampak kebanyakan di daerah Inggris, Eropa Utara, East Coast Amerika, dan beberapa bagian di Amerika Selatan. Mengingat bahwa server utama Facebook berada di Amerika, maka bisa dikatakan bahwa ini adalah gangguan global. Tidak hanya Facebook, WhatsApp dan Instagram pun dilaporkan juga mengalami gangguan yang sama. Namun, di Indonesia sendiri dilaporkan hanya Facebook yang bermasalah.

Facebok Instagram Whatsapp
Facebok Instagram Whatsapp. (Photo by CHANDAN KHANNA/AFP/Getty Images)

Para netizen pun marah. Karena sampai artikel ini ditulis, belum ada pernyataan resmi dari pihak Facebook terkait gangguan ini. Sehingga Netizen pun meluapkan kekesalannya melalui Twitter. Menurut situs Downdetector, yang mengukur gangguan situs populer lintas jaringan, masalah dimulai sekitar pukul 2 siang waktu setempat atau sekitar pukul 7 malam WIB. Di saat itu, sekitar 86% pengguna mengaku tidak dapat mengakses newsfeed dan banyaknya keluhan bahwa mereka tidak bisa post gambar. Pihak Facebook pun membuat klarifikasi setelah menyadari masalah ini. Mereka mengaku sedang dalam penyelidikan dan berjanji untuk memperbaikinya.

https://twitter.com/facebook/status/1146453213777936386

Facebook Akhir-Akhir Ini Sering Tumpang!

Walaupun belum diketahui penyebab pastinya, warganet mulai berspekulasi tentang apa yang menyebabkan gangguan ini. Ada sejumlah warganet yang berspekulasi bahwa gangguan yang Facebok alami bersama dengan Instagram – Whatsapp ini disebabkan oleh gangguan pada server Cloudflare kemarin. Sejumlah situs yang menggunakan layanan Cloudflare mengalami gangguan 502 Bad Gateway, menyebabkan situs-situs yang menggunakan layanan Cloudflare tidak bisa diakses. Salah satunya situs Nawala Karsa Indonesia, aplikasi Discord, dan situs layanan Cloud Server Domainesia.

Perlu diketahui juga bahwa Facebook juga sempat ‘tumbang’ beberapa kali pada 14 Februari 2019 lalu. Tumbangnya Facebook mengakibatkan pengguna tidak dapat mengakses aliran feed pada beranda mereka. Tidak hanya itu, tumbangnya media sosial yang identik dengan warna biru gelap ini berimbas pada layanan lainnya. Pengguna tidak dapat mengirimkan pesan melalui layanan pesan Messenger serta WhatsApp. Ditambahkan pula, situs berbagi foto Instagram juga terkena dampaknya. Pengguna tidak dapat mengakses fitur-fitur pada situs yang didirikan Kevin Systrom bersama Mike Krieger tersebut. Meskipun memang tidak separah insiden yang sekarang sedang terjadi.

Dilaporkan The Verge, gangguan yang dialami oleh media sosial milik Mark Zuckerberg ini dialami sejak pukul 6:30 Eastern Time atau pukul 17:30 Waktu Indonesia Barat. Tumbangnya ketiga media sosial ini merupakan gangguan kedua dalam satu bulan terakhir, setelah sempat tumbang pada pertengahan Maret silam. Sebelumnya, pihak Facebook sempat menyatakan permintaan maaf kepada pengguna serta menjelaskan bahwa gangguan yang dialami disebabkan karena “perubahan konfigurasi server”.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.