Kyoto Animation Buka Rekening Donasi Pasca Kebakaran

DONASI KYOTO ANIMATION — Kemarin (23/7), studio Kyoani baru saja membuka sebuah akun dan menjelaskan detail lebih lanjut terkait akun tersebut pada Rabu (24/7). Berikut adalah informasi akun bank tersebut, seperti dilansir dari Anime News Network:

Nama bank: The Kyoto Shinkin Bank

Swift: KYSBJPJZ

Nama cabang: Cabang Minami Momoyama

Alamat: 16-50, Yosai, Momoyama-cho, Hushimi-ku, Kyoto-shi, Kyoto-hu, 612-8016, Jepang

Nomor akun: 0002890

Pemilik akun: Kyoto Animation, Co., Ltd., direktur representatif Hatta Hideaki

 


Adapun dana yang masuk nantinya akan digunakan untuk mendanai keluarga para korban yang tewas dalam tragedi kebakaran minggu lalu dan juga untuk para korban terluka. Studio animasi asal Kyoto tersebut juga menyatakan bahwa dana yang diterima akan dipakai untuk pembangunan gedung, meski belum jelas apakah yang dimaksud pembangunan kembali gedung yang lama atau akan dibangun sebuah gedung baru.

Melalui akun bank untuk donasi yang baru dibuka, studio yang kerap disebut KyoAni ini mengharapkan adanya transparansi mengenai dana yang masuk ke akun tersebut. Nantinya, KyoAni akan merilis informasi terkait hal tersebut segera. KyoAni juga akan mencantumkan informasi mengenai aktivitas penggalangan dana atas nama KyoAni setelah perilisan informasi mengenai transparansi tadi.

Mengenai aktivitas penggalangan dana, Asosiasi Animator Jepang atau Association of Japanese Animators (AJA) mengumumkan pada Senin (22/7) bahwa mereka juga telah membuka akun untuk menerima donasi yang nantinya akan diteruskan ke KyoAni. AJA sendiri sedang berencana untuk merilis detail akun tersebut dan mulai menerima donasi segera.

Ada juga informasi terkait keadaan Kyoto Animation saat ini. Pada Selasa kemarin, Mainichi Shimbun melaporkan bahwa pintu masuk untuk karyawan dan umum di lantai satu gedung Studio 1 Kyoto Animation sedikit bermasalah sebelum kejadian, namun saat ini pintu tersebut tetap buka selama jam kerja dan tetap tidak terkunci setelah itu. Gedung tersebut memiliki kamera keamanan di empat tempat di sekitar pintu masuk.

 

Tentang Kyoto Animation

Kyoto Animation adalah sebuah studio animasi Jepang yang berbasis di kota Uji, Kyoto. Studio ini didirikan oleh Yoko Hatta pada tahun 1981 dengan nama Kyoto Anime Studio, sementara suaminya, Hideaki Hatta, menjadi pemimpinnya. Anime-anime yang telah dikeluarkan oleh KyoAni amat terkenal dan dicintai oleh para penggemar anime di seluruh dunia. Sebut saja K-ON!, Lucky Star, Koe no Katachi, Kyoukai no Kanata, Violet Evergarden, dan masih banyak lagi.

 

Pada Kamis minggu lalu (18/7), Kyoto Animation baru saja dilanda musibah. Sekitar pukul 10.30 waktu setempat, ada kebakaran yang terjadi di gedung Studio 1 Kyoto Animation. Kebakaran tersebut merenggut nyawa sebanyak 34 orang dan melukai 34 orang lainnya. Para pemadam kebakaran berhasil memadamkan api lima jam setelah kejadian, namun si jago merah tetap tidak mau berhenti sampai keesokan harinya pukul 06.20 pagi waktu setempat.

 

Polisi Perfektur Kyoto telah menangkap seorang pria berumur 41 tahun yang menjadi tersangka penyebab kebakaran tersebut. Sampai saat ini, belum diketahui mengapa tersangka pelaku melakukan hal tersebut. Polisi setempat masih harus menginterogasinya, karena tersangka pelaku saat ini masih terluka dan tengah dirawat di rumah sakit.

 

Beberapa organisasi seperti Sentai Filmworks, Crunchyroll, Animate, pemerintah kota Uji, dan lain-lain juga tengah mengumpulkan donasi dan pesan-pesan untuk disampaikan pada Kyoto Animation. Kiranya, semua donasi dan pesan yang diberikan mampu membantu keluarga besar Kyoto Animation untuk dapat pulih dan akhirnya, bangkit dari peristiwa ini.