Klarifikasi Founder Fakku: Kami Lakukan Yang Terbaik Untuk HentaiHaven

Fakku Klarifikasi HentaiHaven
Ilustrasi Fakku Industry Panel @ Anime Expo 2019

Setelah kabar berhembus mengenai ‘pencurian’ situs HentaiHaven oleh FAKKU (melalui Twitter @RealPapaHH), pendiri penerbit hentai terbesar di dunia itu melakukan klarifikasi.

Jacob selaku pendiri situs manga hentai yang kini sudah sepenuhnya legal itu memberikan keterangan melalui akun Twitternya @largehotcoffee dalam cuitan berikut:

Untuk menepis sejumlah kabar yang berkembang, PapaHH (pendiri HentaiHaven) mematikan HH setelah diberitahu mengenai ancaman hukum dari Jepang,” respon Jacob dalam statement milik PapaHH terkait ‘tukar guling’ terkait hak atas situs tersebut dengan perlindungan hukum yang diberikan penerbit hentai itu.

“Aku berada di posisi dimana aku membantu HH nampak legitimate dan sepakat untuk membantu bernegosiasi atas nama mereka. Bersama, kami telah bekerjasama dalam urusan lisensi dan mengonversikan konten dan layanan mereka kedalam satu wadah dimana fans akan diberikan pilihan untuk mendukung kreator konten yang sebenarnya. Selama proses tersebut berjalan, FAKKU tidak untung satu peser pun.

Hal tersebut merupakan statement penepis dari Jacob lantaran sebelumnya PapaHH menyebut bahwa ada ‘uang’ yang bermain dibelakang semua kasus ini.

PapaHH menambahkan, bahwa apabila ia tahu soal ‘ganti rugi’ akuisisi ini sedari dulu, ia akan menolaknya. “Sejujurnya aku masih begitu. Tapi, aku tak tahu bahwa biaya untuk mengurus semua masalah tersebut adalah seluruh situsku, sayangku. Aku akan melakukannya sendiri, menghabiskan setiap sen yang aku punya untuk melindungi komunitas ini.”

“Ternyata, mereka bohong! Ada banyak yang berbohong ketika UANG terlibat,” ujar PapaHH.

Walaupun begitu, dalam klarifikasinya pendiri Fakku tersebut mengapresiasi tindakan PapaHH yang dengan penuh perjuangan membentuk komunitas HentaiHaven.

“PapaHH membantu menciptakan komunitas yang luar biasa di HH, dan itulah yang ingin kami selamatkan. Tapi ada banyak orang yang bertanggungjawab, tak hanya dia saja. Aku berencana untuk menghubungi dan mengamati bila ini berhasil, dan jujur saja: Jika mematikan HentaiHaven adalah yang PapaHH inginkan, aku akan mendukungnya.”

“Tapi, aku sangat yakin bahwa melanjutkan produksi jutaan koten bajakan, dan tidak memberikan sebagian uang tersebut kepada para staf HH, kreator hentai di Jepang, dan lainnya bukanlah pilihan, dan itulah yang terjadi sesaat sebelum aku terlibat.

Dapat disimpulkan bahwa dalam kasus ini, Jacob secara tak langsung menyindir perlakuan PapaHH terkait tindakannya dahulu di HentaiHaven. Dan Jacob sendiri berniat untuk menjadikan HH sebagai platform Crunchyroll untuk Hentai.

Walaupun begitu, klarifikasi dari founder Fakku tersebut nampak tidak lengkap dan tidak memberikan jawaban yang tepat lantaran ada yang menganggap Jacob menuduh PapaHH selaku pendiri HentaiHaven tanpa bukti konkrit.