JoJo: Seberapa Kuat Kemampuan Stand Gold Experience Requiem?

Anime dari adaptasi manga karya Hirohiko Araki berjudul Jojo’s Bizarre Adventure Part 5: Vento Aureo atau Golden Wind baru saja tamat beberapa hari yang lalu. Saya sendiri sampai berulang kali menonton episode terakhir JoJo dimana Giorno dengan Gold Experience Requiem melawan bos terakhir bernama Diavolo di anime ini. Petualangan Giorno dan teman-temannya dalam 5 hari (berdasarkan waktu di cerita) berakhir dengan elegan.

Melihat betapa menyeramkan kemampuan Gold Experience Requiem berkat kekuatan dari Panah Stand. Bahkan kekuatan baru ini membuat Diavolo sampai trauma dalam sebuah realita yang tidak akan berhenti. Saya pun kemudian berpikir, “seberapa kuat kemampuan Gold Experience Requiem?”. Daripada bingung, yuk kita mulai saja pembahasannya. Harap diingat, artikel ini mengandung Spoiler, baik itu dari seri JoJo maupun dar judul seri manga, anime dan novel lain di luar seri ini.

Peningkatan Besar Dari Kemampuan Dasar Gold Experience

Kemampuan stand milik Giorno Giovanna yang bernama Gold Experience memiliki beberapa kemampuan unik. Salah satunya adalah memberikan kehidupan pada benda mati apa saja yang disentuh oleh Gold Experience. Dengan kata lain dia bisa memberikan sebuah benda mati menjadi sebuah organisme makhluk hidup.

(Source: JoJo Fandom)

Kemampuan ini bisa juga dijadikan untuk tujuan menyembuhkan organ-organ yang telah rusak atau mati kepada teman-teman maupun Giorno sendiri. Hal ini sangat membatu Giorno dan teman-temannya menghadapi para musuh yang juga memiliki Stand. Bayangkan saja Giorno itu seperti class job White Mage tapi dia selalu berada di posisi depan.

Di beberapa episode terakhir JoJo, Giorno mendapatkan kekuatan dari Panah Stand sehingga membuat Gold Experience berubah menjadi Gold Experience Requiem. Kemampuan dasar yang dimiliki Gold Experience meningkat drastis. Waktu untuk membentuk sebuah organisme makhluk hidup tumbuh lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Hal ini membuat Gold Experience Requiem stand support paling broken dibandingkan stand tipe support lainnya di seri JoJo.

Kekuatan Fisik Gold Experience

JoJo Gold Experience Requiem

Gold Experience adalah jenis Stand yang mengandalkan serangan jarak dekat. Meskipun begitu Stand ini masih bisa melukai lawan dengan efek yang mengerikan. Dimana setiap pukulan yang diterima musuh, mereka akan merasakan dunia di sekitarnya terasa lebih lambat. Itu karena proses berpikir mereka jadi lebih cepat dibandingkan dengan reaksi tubuhnya, sehingga membuat mereka merasakan sensasi seperti keluar dari tubuh.

Dengan lambatnya reaksi tubuh, maka Giorno dengan mudah memukul mereka secara beruntun. Dan rasa sakit yang mereka rasakan akan muncul secara besar setelah hilangnya efek dari terlalu cepat proses berpikir mereka.

Kekuatan Upgrade, Gold Experience Requiem

Setelah mendapatkan kekuatan baru, Gold Experience Requiem mampu menembak sebuah batu kecil ke arah Diavolo dengan sangat cepat hingga menembus tangan bahkan menghancurkan tiang bangunan yang terbuat dari batu keras.

(Source: JoJo Fandom)

Ini membuktikan bahwa kekuatan fisik Gold Experience Requiem meningkat drastis. Tetapi, semua peningkatan kekuatan fisik itu ada efek lainnya yang menjadikan Gold Experience Requiem sangat mengerikan dibandingkan kemampuan Stand yang dimiliki Diavolo bernama King Crimson.

Kekuatan Mengerikan Di Seri JoJo, Gold Experience Requiem Dengan Semua Efek Menjadi Nol

Apa yang membuat Gold Experience Requiem mengerikan adalah kemampuan uniknya yang merubah semua efek menjadi nol (Return to Zero). Ini dibuktikan saat Diavolo menggunakan kemampuan Stand untuk menghapus waktu dan melihat masa depan untuk 10 detik sebelum terjadi. Saat Diavolo akan membunuh Giorno dalam dunia penghapusan waktu milik King Crimson, Gold Experience Requiem menghentikan semua dan mengembalikannya sebelum Diavolo menggunakan kemampuan Stand miliknya.

Kemampuan Return to Zero yang dimiliki Gold Experience Requiem aktif saat siapa saja yang memiliki rencana buruk atau akan melukai dia dan sang pengguna Giorno. Bahkan Giorno sendiri tidak mengetahui secara pasti kemampuan Stand yang dimilikinya. Untuk seseorang yang terkena pukulan atau sentuhan dari serangan Gold Experience Requiem akan mengalami dunia realita dimana mereka akan merasakan mati dan hidup berulang kali. Ini membuktikan bahwa semua efek yang ada pada Gold Experience Requiem akan kembali menjadi nol bahkan dalam hal hidup dan mati.

Perbandingan Dengan Kemampuan & Kekuatan Karakter Manga, Novel Dan Anime Lain

JoJo Gold Experience Requiem

Giorno Giovanna dan Stand miliknya Gold Experience Requiem akan sulit dikalahkan dengan kekuatan yang memiliki nilai atau efek yang bertujuan untuk melukai Giorno. Untuk beberapa karakter anime atau manga yang memiliki kekuatan fisik seperti Goku (Dragon Ball), Saitama (One Punch Man) ataupun Naruto (Naruto) tidak akan bisa melukai Giorno bagaimana pun besarnya kekuatan mereka. Karena semua yang mereka lakukan akan kembali menjadi nol.

Jika kalian ingin membahas karakter dari light novel seri To Aru Majutsu, yaitu Kamijo Touma dengan tangan ajaibnya Imagine Breaker, mungkin bisa saja dia menghilangkan kekuatan Stand milik Giorno. Tapi apakah Touma bisa mendekati Giorno dan berhasil menyentuhnya? Saya rasa, tidak. Dengan pengalaman Touma bertarung selama ini belum cukup untuk menyaingi kecepatan Gold Experience. Harap diingat, Gold Experience sendiri sudah memiliki kecepatan yang bisa melebihi manusia biasa. Apalagi dengan Gold Experience Requiem

Jadi dugaan saya, meskipun mereka berdua sama-sama tipe jarak dekat tapi kemungkinan besar yang bisa mengalahkan musuhnya terlebih dahulu adalah Giorno. Lain cerita jika kita sudah mengetahui secara jelas kemampuan rahasia di dalam tubuh Touma yang memiliki bentuk naga berkepala delapan.

Summary Kemampuan JoJo Gold Experience Requiem: That’s How Mafia Works

JoJo Gold Experience Requiem

Satu-satunya yang bisa saya pikirkan cara untuk mengalahkan Gold Experience Requiem adalah dengan mengubah realita dunia yang sejenis seperti Return to Zero. Contoh lain adalah kekuatan mempercepat waktu sehingga dunia reset atau di atur ulang tanpa berhadapan atau berniat untuk melukai Giorno (cerita JoJo Part 6: Stone Ocean). Atau setidaknya karakter atau seseorang yang memiliki kemampuan seperti Dewa yang bisa mengontrol apapun di dunia dan dari dimensi apapun, seperti Rimuru dari seri Isekai Slime.