Ingin Membantu Kyoto Animation Pasca Kebakaran? Ikuti Cara Ini!

Membantu Kyoto Animation
Donasi Kyoto Animation dengan membeli aset digital-nya | FOTO: (c) Kyoto Animation / Nawala Karsa

Studio animasi Kyoto Animation tengah dilanda duka karena peristiwa kebakaran yang terjadi pada Kamis (18/7) pukul 10.30 waktu setempat. Sebanyak 33 orang telah dinyatakan tewas dan 36 orang lainnya luka-luka. Peristiwa ini disebut sebagai pembunuhan massal terburuk di Jepang sejak kejadian kebakaran serupa yang terjadi di sebuah bangunan di Tokyo pada tahun 2001.

Mendengar kejadian ini, banyak fans anime Jepang yang menyatakan belasungkawa mereka dan, di beberapa post yang beredar di internet, sekaligus menceritakan kenangan mereka tentang banyak serial animasi yang telah diproduksi studio yang berbasis di Kyoto tersebut. Ada juga beberapa orang yang berinisiatif ingin membantu para staf Kyoto Animation atau KyoAni dalam hal finansial.

Membantu Studio Kyoto Animation

Langkah yang dapat ditempuh para fans adalah dengan menyumbang di kampanye GoFundMe bertajuk “Help KyoAni Heal” (Bantu KyoAni untuk Pulih), yang telah terisi hingga 300.000 dolar, atau dengan membeli barang-barang rilisan KyoAni langsung di toko daringnya, KyoAni Shop.

Dikabarkan KyoAni menjual beberapa gambar digitalnya lewat toko belanja daring tersebut. Kalian bisa mendapatkan semua gambar digital yang dimiliki oleh KyoAni, termasuk di antaranya Creators’ Talk dan Desktop Accessories. Secara keseluruhan, ada 37 gambar yang dapat dibeli di KyoAni Shop. Masing-masing gambar tersebut dijual seharga 216 yen. Semua hasil penjualan tersebut akan langsung masuk ke rekening KyoAni.

Beberapa fans menganggap ini adalah cara yang paling tepat untuk mendukung keuangan finansial KyoAni. Selain karena cepat dan aman, proses transaksi ini tidak merepotkan kedua belah pihak. Karena gambar digital tersebut dapat langsung diunduh setelah transaksi berhasil, pembeli bisa mendapatkan gambarnya dengan mudah dan staf KyoAni tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk ongkir pengiriman barang.

Cara Membeli Gambar Digital Studio Kyoani

Jika kalian ingin membeli gambar digital dari KyoAni Shop, ikuti saja instruksi berikut.

1. Saat sudah sampai di laman kyoani.shop-pro.jp, akan muncul halaman seperti ini. Klik salah satu dari beberapa gambar di bagian bawah laman.Membantu Kyoto Animation

2. Setelah memilih gambar yang ingin dibeli, klik checkbox yang muncul di bagian bawah laman untuk menyelesaikan transaksi.

3. Jika sudah muncul laman keranjangnya, langsung scroll ke bawah dan tekan tombol warna merah untuk melaju ke halaman berikutnya. Di halaman berikutnya, pembeli diminta mengisi data diri, seperti nama, kode pos, alamat, e-mail, nomor telepon (isi asal saja). Jika telah selesai, tekan tombol berwarna oranye.

4. Terus tekan tombol warna oranye tersebut untuk sampai ke laman dimana pembeli harus mengisi data kartu kredit yang akan digunakan. Pertama, pembeli harus mengisi kartu dari card company mana yang akan digunakan, seperti AMEX, VISA, JCB, dan lain sebagainya. Kedua, pembeli diminta untuk memberikan nomor kartu kredit yang akan digunakan, berikut dengan data lanjutannya, yaitu tiga digit angka di belakang kartu, tanggal kadaluwarsa kartu, dan nama sesuai dengan yang tertera di kartu.

5. Tekan tombol oranye di bawahnya, dan selesai!

Semua langkah ini bersumber dari sebuah instruksi seorang fans melalui akun Twitter-nya di bawah ini:

https://twitter.com/zetsubouzhainu/status/1151770699054428162

 

Semoga dengan membantu studio Kyoani, baik staf maupun perusahaan Kyoto Animation secara menyeluruh dapat kembali pulih dengan baik.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.