Event Akiba Days Part 2: Semangat Event Pop Kultur Jepang Belum Padam

Event Akiba Days

Event Akiba Days tahun ini baru saja berakhir pada hari Minggu yang lalu. Pada hari Sabtu sebelumnya, acara ini sangat meriah dengan berbagai macam acara dan hiburan untuk para pengunjung. Saya sendiri sangat menyukai acara ini sampai kelelahan dan harus istirahat 1 hari penuh setelah acara selesai. Nah, pada hari ini saya akan menceritakan hasil liputan bagaimana kemeriahan Akiba Days hari ke-2. Penasaran? Yuk kita mulai saja pembahasannya.

8:00 – 10:00 : Persiapan Dan Main Crash Team Racing PS4

Event Akiba Days
Anak eSport main CTR

Sama seperti sebelumnya, saya tiba di Hotel Grand Jatra, Grand Ballroom lantai 5, Pekanbaru sekitar jam 8:00. Panitia dan pemilik sekaligus penjaga stand sedang sibuk mempersiapkan segala hal sebelum acara dimulai. Saya melihat sang DJ Nys sedang asyik bermain Crash Team Racing PS4 bersama dengan salah satu sponsor event Akiba Days di stand turnamen game Super Smash Bros. Setelah itu saya mendapat kesempatan untuk mencoba bermain game ini dengan Joystick Arcade milik salah satu panitia stand lomba Tekken sampai jari saya pegal (terima kasih DJ Nys).

Setelah lama bermain, saya memeriksa kondisi di luar ballroom. Disana ada banyak pengunjung Akiba Days yang sudah mulai menunggu dan tidak sabar untuk masuk. Sekitar pukul 10:00 lewat, panitia Akiba Days mulai membuka pintu bertanda pengunjung sudah diperbolehkan masuk.

10:00 – 11:00 : Santai Bersama Para Pemain Musik Akustik

Event Akiba Days
Santai~~~~

Sebelum acara resmi dimulai, para pengunjung dipersilahkan berkeliling ke beberapa stand, seperti belanja merchandise anime ataupun mencoba bermain game Super Smash Bros, Crash Team Racing Dan Tekken 7. Sementara itu beberapa orang juga bersantai di sebuah panggung kecil dimana para pemain musik akustik bersama DJ Nys sedang menghibur para pengunjung. Dan pada jam 10:50, host mulai naik ke panggung dan meresmikan event Akiba Days hari ke-2 dimulai.

11:00 – 11:15 : Mini Games Untuk Pengunjung

Event Akiba Days
Momen para pengunjung mengikuti mini games

Setelah sesi pembukaan acara selesai, kedua host memulai sebuah mini games untuk para pengunjung sama seperti hari sebelumnya. Pada hari ke-2, host mengajak pengunjung untuk bermain sebuah tebak judul lagu anime yang diputar oleh panitia. Dan tentu saja siapa yang bisa menjawab akan dikasih sebuah merchandise anime dari panitia.

11:15 – 13:00 : Meet & Greet Guest, Dilanjutkan Dengan Autograph Sesi Pertama Dan Pemutaran Film Anime

Setelah mini games, guest pun akhirnya datang dan langsung disambut host beserta para pengunjung. Pada hari itu, mereka menggunakan kostum yang berbeda dari hari sebelumnya. Mereka terlihat sangat senang dengan antusias pengunjung yang belum padam dan semangat menyambut mereka saat baru saja tiba. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi autograph setiap pembelian merchandise resmi para guest.

Sambil menunggu antrian panjang sesi autograph selesai, panitia memutar sebuah film anime untuk menghibur pengunjung yang baru saja selesai. Anime yang diputar saat itu seperti film Fate/Stay Night Heaven Feel dan anime series Fate/kaleid liner Prisma Illya. Penonton sangat serius menonton sesi anime ini di layar proyektor.

13:00 – 13:10 : Penampilan Dance Dari Re.Ent

Setelah screening anime, acara dilanjutkan dengan sebuah penampilan dance gadis-gadis cantik dan luar biasa dari agensi Retjeh Entertainment atau disingkat RE.Ent. Mereka menggunakan kostum karakter K/DA Akali dari League of Legends. Penampilan mereka membuat takjub para pengunjung Akiba Days

13:10 – 13:40 – Talkshow Bersama Echow Eko

Di sesi ini, Echow Eko memberikan cerita pengalaman dia saat mengikuti World Cosplay Summit atau disingkat WCS pada tahun 2013. Dia juga menunjukkan video miliknya saat tampil di lomba tersebut dimana Echow dan teman timnya beraksi dalam aksi penampilan dari seri game Kingdom Hearts. Echow juga menceritakan masa-masa sulit dan saran kepada para pengunjung dalam kompetisi maupun dunia cosplay.

13:40 – 14:30 : Seiyuu Competition

Pada pukul 13:40. kompetisi Seiyuu pun segera dimulai. Sebelum itu, saya diminta oleh salah satu panitia Akiba Days untuk menjadi juri dalam kompetisi ini. Dan akhirnya saya dan DJ Nys menjadi juri kompetisi Seiyuu. Semua peserta di kompetisi ini sangat semangat mengikutinya. Ada yang bermain solo dan ada pula yang mengikutinya secara tim. Anime yang mereka lombakan pun bervariasi, mulai dari Yugioh! VRAINS, Macross Delta, Asobi Asobase, Danshi Koukousei no Nichijou dan masih banyak lagi.

14:30 – 16:10 : Penampilan Cosplay

Event Akiba Days
Salah satu momen lomba full armor cosplay

Selesai lomba Seiyuu, acara dilanjutkan dengan penampilan cosplay. Di mulai dari salah satu komunitas cosplay di Pekanbaru, yaitu Seikatsu. Komunitas cosplay ini menampilkan pertujukan aksi Mortal Kombat yang seru dan keren. Para pengunjung takjub dengan aksi-aksi mereka. Lalu ada lomba cosplay full armor yang pastinya terlihat luar biasa. Dan ada juga lomba costreet, dimana para pengunjung menggunakan kostum bisa berpartisipasi dalam lomba ini.

16:10 – 16:25 : Final Tournament Tekken 7

Setelah hari sebelumnya Tournament Tekken 7 dilaksanakan. Tiba akhirnya pertarungan terakhir para petarung Tekken 7. Pertarungan final ini sangat menegangkan, baik dari pihak panitia, host, pengunjung maupun para pemain sendiri. Tekanan setiap keputusan antara menyerang dan bertahan bisa dirasakan semua orang disini.

16:25 – 16:35 : Perform Cosdance

Acara dilanjutkan dengan penampilan cover dance AKB48 dengan beberapa lagu yang sudah tidak asing bagi para pengunjung seperti Heavy Rotation. Para pengunjung ikut meriahkan acara dengan berteriak :OY-OY-OY”.

16:35 – 18:30 : Autograph Part 2, Penampilan DJ, Senam Sehat dan Kehadiran Pak Gubernur(Palsu)

Sebelum acara berakhir, para pengunjung masih bisa mendapatkan tanda tangan guest dari merchandise resmi yang langsung bisa dibeli di stand khusus. Sambil menunggu selesainya antrian autograph, panitia mempersilahkan DJ Nys dan DJ Ifan untuk naik ke panggung dan menghibur para pengunjung.

Pada hari ke-2 Akiba Days, DJ Nys dan DJ Ifan memainkan sebuah musik senam yang sudah tidak asing bagi orang-orang di Pekanbaru. Mereka pun mulai berbaris di depan panggung dan melakukan gerakan senam. Senam ini dipimpin oleh bintang tamu spesial. Dia adalah Pak Gubernur (palsu) bersama bodyguard yang melindunginya.

Beliau juga menyempatkan diri untuk memberikan tanggapannya mengenai Nawala Karsa. Ini merupakan sebuah moment yang tidak penting.

Bukan itu saja, ada pula sekelompok pengunjung membuat sebuah deretan barisan “Kereta Jomblo”. Satu persatu pengunjung mengikuti barisan ini dan berkeliling di setiap sudut ruangan Ballroom.

Dan tentu saja sama seperti hari sebelumnya, kedua DJ ini memainkan lagu Naruto sehingga naluri “jalan ninja mereka” bangkit dan berlari mengelilingi ruangan ballroom.

Penutupan Acara Akiba Days

Di akhir acara, dilaksanakan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba mulai dari kompetisi Seiyuu, Full Armor Cosplay, Costreet, Super Smash Bros dan Tekken 7. Setelah itu host menutup acara Akiba Days ini dengan sesi foto bersama di panggung. Para pengunjung beramai-ramai mengambil posisi untuk foto bersama. Dan resmi sudah acara Akiba Days telah berakhir.

Akiba Days Telah Berakhir

Mungkin tidak banyak yang mengetahui soal ini. Sebenarnya Akiba Days di Pekanbaru tahun ini adalah yang terakhir. Tidak ada lagi event yang namanya Akiba Days untuk kedepannya. Event Akiba Days telah menghibur para penggemar pop kultur Jepang dalam beberapa tahun di Pekanbaru. Bukan itu saja, ada juga event mini yang merupakan bagian dari Akiba Days, seperti PON Mini Matsuri dan Pekanbaru Game Party. Berikut adalah pesan-pesan dari ketua panitia Akiba Days sekaligus Owner dari grup Pekanbaru Otaku Nakama, beliau adalah Sucipto Kamiya Naoki:

Kami segenap panitia sangat menghargai dukungan teman-teman selama ini menjadi pengunjung setia PON.
Tanpa kalian mungkin event tak akan berjalan sejauh ini.
Walau event telah berakhir, semoga kedepannya wibu, cosplayer, creator, gamers pekanbaru terus berkembang.
Jika suatu saat ada kesempatan mungkin kita akan kembali lagi.

Itulah liputan berita saya saat menghadiri event Akiba Days hari ke-2. Meskipun event ini telah berakhir, tapi semangat mereka belum padam. Kami Nawala Karsa juga berterima kasih seluruh panitia atas kesempatan untuk meliput berita Akiba Days. Semoga untuk kedepannya akan ada event pop kultur Jepang yang lain sebagai penerus event Akiba Days.