Encore Films Umumkan Tanggal Rilis “Tenki no Ko” di Indonesia

Setelah menunggu sekian lamanya, akhirnya pada hari Senin (8/7), Encore Films Indonesia akhirnya mengumumkan tanggal tayang film Tenki no Ko. Hal ini mereka umumkan melalui halaman resmi Facebook mereka. Film besutan Makoto Shinkai ini rencananya akan dirilis di Indonesia pada tanggal 21 Agustus 2019 mendatang.

Pada bulan Mei lalu, Encore Films telah mengumumkan bahwa mereka akan menjadi distributor resmi film Tenki no Ko. Walaupun begitu, belum ada detil lebih lanjut yang dikeluarkan oleh pihak Encore Films. Sampai berita ini diturunkan, informasi lebih lanjut mengenai perilisan film ini adalah baru tanggal rilisnya saja.

Informasi ini sepertinya menjadi jawaban tersendiri untuk para penyuka film anime Jepang di Indonesia terkait konfirmasi Makoto Shinkai pada konferensi pers lalu. Pada kesempatan itu, Makoto Shinkai memang sempat mengumumkan bahwa film ini akan dirilis di seluruh dunia. Dengan tanggal rilis yang telah ditetapkan untuk Amerika Utara, Eropa, Asia, dan Amerika Selatan. Di Jepang sendiri, film ini baru akan dirilis pada 19 Juli 2019.

Tentang Tenki no Ko

Tenki no Ko
Poster Visual dari Tenki No Ko, karya Makoto Shinkai

Tenki no Ko bercerita mengenai kisah Hodaka, seorang pemuda yang sudah tidak betah dengan kehidupannya di desa dan memutuskan untuk pergi ke Tokyo. Namun, malangnya, ia jadi tidak punya uang. Awalnya ia sempat mengisolasi dirinya sendiri sebelum akhirnya diterima menjadi sebuah penulis di sebuah majalah misterius. Anehnya, saat ia mulai bekerja di sana, hujan turun terus menerus tiap hari. Pada kesempatan itulah, Hodaka bertemu dengan seorang gadis bernama Hina yang mampu menghentikan hujan dan membuat langit cerah. Dari situ, petualangan mereka berdua pun dimulai.

Film ini amat dinanti oleh para fans karena ini merupakan karya terbaru dari Makoto Shinkai. Seorang sutradara kenamaan asal Jepang yang terkenal karena karya-karyanya yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan mampu menyentuh hati para penontonnya. Kalau kalian ingin coba menontonnya, film-filmnya yang terkenal antara lain 5 cm per Second, The Garden of Words, dan yang baru dirilis pada 2016 lalu, Your Name.

Ketika ditanya mengapa ingin membuat film tentang cuaca, Makoto Shinkai menjawab, “Saya memakai tema cuaca karena itu topik yang familiar buat semua orang.”

Adapun para pengisi suara yang akan hadir di film ini adalah Kotaro Daigo sebagai Morishima Hodaka dan Nana Mori sebagai Hina Amano. Selain Makoto Shinkai, film ini juga disutradarai oleh Atsushi Tamura selaku sutradara animasi. Masayoshi Tanaka akan kembali menjadi perancang karakter di film ini setelah sebelumnya juga sempat bekerjasama dengan Shinkai-sensei dalam film Your Name.

Jadi, apakah kalian sudah siap menonton Tenki no Ko di Indonesia?