Dear Netizen, Arti Emoticon UwU Itu Bukan “Unhappy Without U”

Warganet dikejutkan dengan cuitan warganet Twitter dengan username @poppyaamalia, dimana ia menyebutkan bahwa emoticon UwU memiliki arti “Unhappy Without U“. Apakah betul emoticon tersebut memiliki arti demikian?

Sebelum menelisik lebih lanjut mengenai arti emotikon tersebut, kita harus mendalami siapa penemu emoticon yang berbentuk santun tersebut. Berawal dari meme yang dibuat oleh shitposter Froggo Laevis, emotikon dengan wajah memelas tersebut viral di sosial media. Viralitas meme tersebut dimulai dengan video yang Froggo unggah pada tahun 2016 di akun Facebook miliknya (kini dihapus) dan berkembang di sejumlah sosial media seperti YouTube, Reddit, dan Discord.

Kehadiran emotikon UwU beserta meme-meme tersebut baru tiba di linimasa warganet Indonesia pada tahun 2018. Dimana pada saat itu, emotikon tersebut dipopulerkan oleh penggemar K-Pop. Walaupun begitu, kenyataannya emotikon tersebut lebih bersifat global dan bahkan mirip persis dengan emotikon muka ‘pasrah’ dari Jepang yaitu ‘umu’. Namun demikian, saat ini kedua belah pihak (penggemar J-Pop dan K-Pop) belum ada yang mengklaim penggunaan emotikon tersebut sebagai produk ‘asli’ fandom mereka. Fyuh~!

Dilansir dari NEXTShark, Know Your Meme sendiri menemukan bukti bahwa emotikon tersebut adalah emotikon ‘muka’ dan tak memiliki arti ‘imut’ atau bagaimana macamnya.

Apa Arti Kata UwU?

UwU adalah bentuk emotikon lain untuk menggambarkan emosi ‘pasrah’, ‘santai’, dan ‘bahagia’. Emotikon ini sendiri kadang digunakan untuk mendapatkan perhatian, dan lebih mirip dengan ekspresi karakter pada anime saat mereka bahagia.

Tidak ada arti-arti lain selain diatas untuk menjelaskan apa itu UwU. Jadi, apa yang dikatakan oleh username @poppyaamalia tersebut adalah salah, tidak valid, dan tidak memiliki landasan yang jelas mengenai arti emotikon tersebut.

Saat ini, cuitan yang dibuat oleh warganet tersebut telah dihapus. Berikut adalah keterangan lebih lanjut dari akun bersangkutan:

 


Bagaimana pendapat kamu soal klaim arti emotikon tersebut? Apakah menurut kalian benar, atau salah? Lemparkan pendapat kalian di kolom komentar dibawah!

 


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.