Selama Puasa, Banyak Orang Kirim Makanan Pakai ‘Same Day Delivery’

Jakarta, 26 Juni 2019 – Bulan puasa Mei – Juni 2019 ini, konsumen semakin sering mengirim paket berupa makanan, lewat pengiriman same day delivery. Dari data pengiriman paket same day delivery Paxel selama bulan puasa, persentase konsumen yang mengirim paket berupa makanan naik jadi 52 persen. Makin banyaknya paket makanan yang melintas antar kota antar provinsi ini berbanding lurus dengan jumlah total pengiriman same day delivery yang melonjak tajam sepanjang  5 Mei – 4 Juni 2019, dibanding pengiriman pada bulan sebelumnya di tahun 2019.

Co-Founder Paxel yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita, menuturkan, Selama bulan puasa, kami melihat konsumen lebih ingin produknya cepat sampai, sehingga jumlah pengiriman melonjak tajam. Konsumen lebih banyak mengirim makanan beku baik dalam maupun antar kota”.

Dari data pengiriman barang pedagang ritel yang menggunakan Paxel sepanjang bulan puasa 2019 ini, terungkap beberapa temuan menarik yang bisa menggambarkan kegiatan ekonomi menjelang, hingga selama bulan puasa. Berikut temuan selengkapnya:

#1 Sepanjang bulan puasa, konsumen paling banyak menggunakan same day delivery untuk mengirim produk makanan (52%), diikuti fesyen (20,7%), produk kesehatan dan kosmetik (10,8%), buku (6,7%) dan  peralatan rumah tangga (4,2%). Berbanding terbalik dengan jenis paket lainnya, pengiriman buku dan dokumen malah menurun di bulan puasa, dibanding dengan empat bulan sebelumnya.

#2 Satu minggu sebelum mudik dan libur lebaran, konsumen semakin banyak mengirim paket dengan layanan same day deliveryPuncak pengiriman barang terjadi pada minggu ketiga puasa, tanggal 27 hingga 31 Mei 2019, dimana lonjakan pengiriman mencapai 121%.

#3 Pengiriman paket same day delivery selama bulan puasa terbanyak berasal dari Jabodetabek (79%) diikuti Bandung (14%) dan Surabaya.

#4 Konsumen yang mengirim barang antar kota menggunakan layanan sehari sampai mencapai 68%, lebih banyak dari 32% konsumen yang mengirim paket satu hari untuk dalam kota.

#5 Selama Bulan Puasa, konsumen paling sering memesan pengiriman paket antara jam 8 pagi hingga 12 siang, agar barang dapat dikirim dan tiba di hari yang sama menggunakan Paxel.


Bukan cuma konsumen yang diuntungkan dari tibanya paket di hari yang sama dengan pengiriman, pedagang ritel makanan yang memasarkan produk secara online mengaku omzetnya melonjak tajam selama bulan puasa lalu. “Karena saya menjual berbagai macam olahan makanan dari bahan dasar durian, sehingga cukup sulit untuk menjaga kualitas makanan karena harus cepat sampai ke konsumen. Layanan same day delivery sangat membantu jualan saya terutama di Paxel, sehingga omset kami dari pembelian online meningkat dua kali lipat, bahkan hingga empat kali lipat di bulan puasa”, ungkap Sarah Sunda Nirmala, penjual Belah Doeren.

Same Day Delivery

Data pengiriman paket di hari yang sama ini, diambil dari aktivitas pengiriman paket dan pengguna aplikasi logistik e-commerce, Paxel, sepanjang bulan Januari hingga 4 Juni 2019.

Tentang Paxel

Paxel (PT Paxel Teknologi Unggul) adalah startup logistik e-commerce berbasis teknologi pertama asal Indonesia yang mampu menghadirkan layanan same day delivery antar kota antar provinsi dengan ongkos kirim flat. Sampai dengan 4 Juni 2019, Paxel memiliki 270,192 pengguna dan berhasil mengirimkan hingga 572,626 paket same day delivery. Paxel sudah menjangkau area Jabodetabek, Bandung, Semarang, Jogja, Solo, Malang, Surabaya dan Bali. Proses pengiriman barang Paxel dari hulu ke hilir menggabungkan antara algoritma, teknologi dan manusia. Menggunakan sistem loker, aplikasi dan website, Paxel diperkuat oleh ribuan happiness hero (kurir) yang siap melayani pelanggan di Kota besar Jawa – Bali.