Menyambut Pesta Kreator Budaya Pop, AFA Creators Super Fest 2019

Meskipun acara Anime Festival Asia (AFA) 2019 kemungkinan besar tidak akan diadakan di Indonesia pada tahun ini, satu gelaran persembahan AFA yang mengangkat industri kreatif budaya pop dari Indonesia ini kembali hadir.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, AFA Creators Fest 2019 akan berlangsung di dua kota, yaitu Jakarta dan Surabaya. Untuk waktunya sendiri, acara ini akan dilaksanakan terlebih dahulu di Surabaya, tepatnya di Chameleon Hall, Tunjungan Plaza, pada 31 Agustus – 1 September 2019. Sementara untuk gelaran di Jakarta akan dilaksanakan di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta Selatan, dari tanggal 26 – 27 Oktober 2019.

Sampai berita ini diturunkan, belum jelas siapa saja yang akan mengisi atau pun kegiatan seperti apa yang akan dilaksanakan dan sekiranya akan menjadi highlight dari acara ini (seperti lomba apa saja yang diadakan, dll). Satu hal yang pasti, pihak panitia dari AFA Creators Super Fest 2019 sudah menyediakan formulir bagi pihak korporat yang ingin menjadi sponsor atau eksibitor dalam acara ini. Formulir tersebut dapat diakses di Halaman Resmi Creators Super Fest di Facebook.

Apa sih, AFA Creators Super Fest itu?

Jadi, buat para pembaca yang belum tahu, AFA Creators Super Fest adalah acara dimana kreator lokal maupun internasional dengan konten budaya pop dari Jepang akan berkumpul dan menjual hasil karya mereka di sana. Acara ini juga seringkali menjadi tempat bagi para penggemar budaya pop khas Jepang untuk berkumpul dan bahkan bisa jadi tempat networking.

Oh iya, biasanya, selain pameran sponsor, ilustrator, dan kreator, acara AFA Creators Super Fest juga diisi dengan adanya workshop dengan kreator ternama, talk show, pertunjukan musik, acara temu penggemar atau fanmeet, kompetisi cosplay, dan lain-lain.

Gelaran ini telah dilaksanakan tiap tahun di Indonesia, dan tahun ini tidak akan terlewatkan pula. Apalagi, tahun ini akan sangat spesial, karena akan diselenggarakan di dua kota sekaligus, yaitu Surabaya dan Jakarta. Jadi, buat kalian para penggemar budaya pop khas Jepang di Surabaya dan sekitarnya, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jakarta, karena AFA Creators Super Fest 2019 sendiri akan datang ke kota kalian. Tidak perlu iri lagi deh, dengan para penggemar di Jakarta yang selalu mendapat acara besar sekelas AFA tiap tahunnya.

Buat kalian para cosplayer, ilustrator, musisi, gamer, atau pun yang memiliki komunitas terkait budaya pop Jepang, acara ini harus kalian hadiri. Selain hobi kalian bakal tersalurkan di acara ini, kalian juga bisa dapat banyak teman, bahkan jaringan networking juga makin luas! Sayang sekali kalau sampai dilewatkan, bukan?

Sampai berjumpa di AFA Creators Fest 2019!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.