Gempa 6.8 SR Guncang Kawasan Niigata dan Prefektur Yamagata, Jepang

KYODONews – Gempa berskaaala 6.8 Skala Richter (SR) menguncang Prefektur Yamagata yang berada di kawasan barat Jepang. Peringatan gelombang Tsunami telah diumumkan, dilansir dari Kyodo News.

Agensi Meteorologi Jepang atau Japan Meteorological Agency (JMA) menyebut bahwa episentrum gempa berada pada kedalaman 10 kilometer, terletak di pinggiran prefektur dan terjadi pada pukul 22.22 JST atau 21.22 WIB.

Gempa tersebut tercatat sebagai gempa skala 6+ berdasarkan catatan intensitas seismik Jepang (dengan maksimal skala 7) di kawasan Kaetsu, Prefektur Niigata, dan 6- di kawasan Shonai, Prefektur Yamagata.

Sekretariat Otoritas Regulasi Nuklir Jepang menyebut tidak ada tanda-tanda abnormal di kawasan komplek PLTN Kashiwazaki-Kariwa milik perusahaan Tokyo Electric Power Company tersebut. Saat ini tujuh unit PLTN di komplek tersebut sedang dalam tahap idle.

Selain itu, sejumlah layanan kereta milik JR EAST di kawasan Tohoku tersebut dihentikan untuk sementara. Shinkansen Joetsu maupun Tohoku juga terkena imbasnya. Walaupun begitu, berdasarkan pantauan redaktur di situs Train Info JR EAST, layanan Shinkansen Tohoku telah kembali normal.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.