Ada Politik di Balik Pergantian Cast Ultraman Taiga, Benarkah?

Kabar tidak enak datang dari dunia Tokusatsu. Salah satu Ultra Series terbaru buatan Tsuburaya yaitu Ultraman Taiga dirumorkan bahwa akan mengalami kemunduran masa tayang. Hal ini disebabkan oleh adanya pergantian aktris yang memerankan karakter bernama “Pirika Asahikawa”. Yang sebelumnya diperankan oleh Momoka menjadi aktris lain yaitu Ayuri Yoshinaga.

Kabar ini sebenarnya sudah diberitahu oleh Tsuburaya sendiri melalui situs resmi mereka. Pada tanggal 7 Juni kemarin, disertakan alasan bahwa Momoka memiliki kepadatan jadwal yang membuat jadwal nya bentrok dengan syuting serial Ultraman tersebut.

Momoka pun meminta maaf perihal masalah ini lewat akun Twitter resmi nya.

 

Alasan Lain Tersebut Dibahas Dalam Sebuah Forum Diskusi Online

Namun, dalam suatu forum diskusi daring “5ch” yang sedang membahas Ultraman Taiga, ada suatu hipotesis yang sekarang dipercayai oleh beberapa pembaca disana terkait alasan lain penggantian cast Momoka dengan Ayuri.

Salah seorang di sana berkata bahwa alasan digantikan nya Momoka adalah karena pada 2018 lalu. Ia pernah bermain di suatu film yang berjudul The Philosopher King: Lee Teng Hui’s Dialogue.

Film tersebut menceritakan seorang bernama Maria. Salah seorang pelajar di Jepang yang ingin mengakhiri hidup nya dengan melompat ke sebuah Danau. Namun, hal ini malah membuat ia tersambung kepada roh Lee Teng Hui. Salah seorang mantan Presiden Taiwan (RRT) yang memberikan nya semangat untuk hidup.

Film tersebut juga berisikan video dokumentasi seputar Lee Teng Hui ketika masih menjabat sebagai presiden.

Hubungan antara pergantian peran Momoka adalah bahwa pasar terbesar franchise Ultraman datang dari Republik Rakyat Tiongkok. Sementara hubungan RRT dengan Taiwan pun sekarang sedang panas-panas nya.

Dalam forum itu juga beropini bahwa Tsuburaya tak ingin kehilangan “Lapak jualan” hanya karena takut ada yang membawa isu peran Momoka dalam film sebelumnya.

Meski terdengar sepele, namun dalam forum tersebut ketika sudah membicarakan masalah ini banyak yang seolah percaya dengan adanya alasan di balik itu semua.

Dalam lanjutan diskusi juga menyebut bahwa proses syuting Ultraman Taiga sudah berjalan sejak bulan Maret. Sudah mencapai proses syuting episode 17 sampai 18. Dalam artian bahwa jadwal milik Momoka memang sudah sesuai dan tidak pernah bentrok.

Batalnya Konferensi Pers dan Isu Mundurnya Jadwal Penayangan

Beberapa seri sebelumnya seperti Ultraman Orb dan Ultraman R/B melakukan konferensi pers di event yang bernama Tokyo Toy Show. Namun, Ultraman Taiga sendiri yang juga hadir di Tokyo Toy Show 2019 hanya berupa booth mainan dan merch saja.

Tidak ada penjelasan resmi apakah konferensi pers dibatalkan terkait pergantian aktris dan sedang kejar tayang syuting atau Ultraman Taiga sendiri tidak memiliki event konferensi pers sejak awal.

Hingga kini, banyak isu seputar penayangan perdana tokusatsu pertama di era Reiwa tersebut seperti pengambilan kembali adegan baru yang berhubungan dengan karakter heroine tersebut, dan yang paling jelas adalah pengunduran jadwal tayang.

Salah seorang penggemar tokusatsu bernama Axel Christopher juga memiliki pendapat sendiri yang ia kemukakan di akun Facebook miliknya semisal rumor bahwa jadwal tayang diundur akan berimbas kepada seri Ultra selanjutnya.

Hingga kini, isu pengunduran jadwal tayang belum diberitahu secara resmi oleh Tsuburaya sendiri.