Tengok Serunya Turnamen Honkai Impact 3, Jakarta City Final!

Honkai Impact 3 adalah mobile game 3D Action RPG buatan Mihoyo.Inc. Honkai Impact 3 memiliki beberapa kesamaan karakter dengan game buatan Mihoyo sebelumnya, Honkai Gakuen atau Gun Girls School DayZ. Honkai Impact 3 pertama kali dibuka untuk region Cina pada tahun 2016. Pada saat ini, telah dibuka berbagai region seperti Cina, Jepang, Korea, Taiwan, Asia Tenggara, dan Global. Kamu dapat mengunduh game ini di App Store dan Play Store.

Pada 4 Mei 2019 lalu, MiHoYo menyelenggarakan turnamen e-sport Honkai Impact 3 pertama di Indonesia di Savoi Lounge, Jakarta Selatan. Hadiah yang diperebutkan yaitu 1000 USD untuk juara 1, 500 USD untuk juara 2, dan 300 USD untuk juara 3.  Turnamen ini akan menentukan perwakilan dari Indonesia untuk bertanding di SEA PAC Finals di Bangkok, Thailand.

Acara ini gratis, tidak dipungut biaya. Setelah mengisi buku tamu, pengunjung akan diberikan jadwal acara dan nomor Lucky Draw untuk mendapatkan merchandise official. Setelah itu, pengunjung dapat menandatangani Banner Jakarta Finals dan mendapatkan reward code yang dapat kamu klaim di dalam game. Selain itu, pengunjung juga dapat mengunggah foto di akun Instagram dengan tagar #HonkaiImpact3 dan menunjukkannya ke panitia untuk mendapatkan reward code lainnya. Sambil menunggu acara dimulai, pengunjung dapat berkenalan dan saling berbincang dengan sesama pemain Honkai Impact 3. Di pojok ruangan juga terdapat lapak yang menjual berbagai merchandise official seperti figure, mug, gantungan kunci, mousepad, dan lain-lain.

Format turnamen akan menggunakan format “Single Elimination”. Match up pertandingan akan dipilih secara acak sesaat sebelum babak turnamen dimulai. Setiap match up akan menggunakan peraturan pertandingan “Best of 3” (Bo3) untuk menentukan pemenang. Peserta menggunakan perangkat iPhone XS dan akun berisi Valkyrie dengan rank SS yang disediakan oleh MiHoYo.

Turnamen berlangsung dengan meriah diwarnai kekaguman dan ketegangan. Beberapa missplay pun terlihat ketika pemain tidak dapat menghindari serangan sehingga valkyrie tewas membuat kesulitan stage meningkat dan skor menjadi rendah. Ada juga beberapa permainan mengagumkan dengan strategi yang matang, skill yang mumpuni, dan kombinasi serangan yang apik.

Sebelum babak final, perwakilan MiHoYo, yang mengaku bukan sosok dibalik Ai-chan, mengumumkan bahwa Honkai Impact berbahasa Indonesia sedang dalam pengerjaan. Honkai Impact berbahasa Indonesia akan dibagi menjadi 2 tahap yaitu translasi dan lokalisasi.

Diantara 8 tim terpilih, terdapat 1 tim yang menjadi pusat perhatian dari awal babak, yaitu tim Moonlight. Sejak awal pertandingan, tim Moonlight yang beranggotakan Kazuki, Chtolly, dan Beaters, menjadi tim yang tercepat dalam menyelesaikan tiap stage. Tim ini berhasil memenangkan tiap match dengan skor 2-0 hingga final.

Momen paling heboh selama turnamen berlangsung ketika Tenmaku dari tim Chicken Collage melawan Beaters, tim Moonlight di babak final. Stage yang hanya muncul di babak final ini, adalah salah satu stage tersulit dimana terdapat MSR-7, Wotan dan Dark Bronya. Tenmaku gagal menyelesaikan stage tersebut. Namun, Beaters dapat menyelesaikan stage tersebut dengan menyisakan 1 HP setelah menggunakan skill shamash weapon kedua kalinya. Momen ini membawa Moonlight menjadi juara mewakili Indonesia ke SEA PAC Finals di Bangkok.

Selamat kepada tim Moonlight! semoga sukses mewakili Indonesia di Turnamen Honkai Impact SEA PAC Final di Bangkok.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.