Beranda » Game & Tekno » [Review] Nokia 4.2 : Kamera Ganda dengan Tombol Google Assistant

[Review] Nokia 4.2 : Kamera Ganda dengan Tombol Google Assistant

Akhirnya HMD Global, melalui HMD Indonesia, merilis ponsel Nokia 4.2 ke pasar ponsel entry-level Indonesia. Ponsel ini sendiri disebut-sebut dirancang secara khusus agar penggunanya bisa menggunakan fitur-fitur yang terkini kedalam ponsel yang harganya cukup terjangkau. Fitur-fitur itu seperti face unlock, fingerprint unlock, dan dedicated Google Assitant button. Oh ya, jangan lupa dengan dual-camera yang tertanam dalam ponsel ini.

Ponsel yang dibekali OS Android One (Android Pie) memberikan kesan ponsel Android yang sangat pure dan bebas dari bloatware. Hal ini membuat ponsel Nokia 4.2 ini memiliki kesan elegan bagi para penggunanya. Dan karena menggunakan Android tentu saja Nokia memaksimalkan Google service dalam ponsel ini melalui fitur Google Assistant.

Tanpa menunggu lama lagi, yuk kita bahas ponsel ini lebih dalam lagi.

Review Nokia 4.2, Lets Start!

Sebelumnya, Redaktur Nawala Karsa ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Nokianesia yang telah membantu kami sehingga dapat mengulas ponsel terbaru milik Nokia ini.

Ponsel Nokia 4.2 ini datang persis pada hari ini (Rabu, 29/5/2019) via kurir ojek online dan sampai di tangan saya dengan selamat tanpa lecet sedikitpun. Mengenai itu, mungkin saya tidak akan bahas lebih banyak, karena memang pelayanan kurirnya bagus dan juga kurirnya sendiri ramah.

Unboxing Nokia 4.2
Set Nokia 4.2 versi TAM

Tanpa basa-basi, sayapun langsung membuka plastik cover dusbox ponsel ini dan membongkar seluruh isinya. Didalam kotak ini, terdapat item-item sebagai berikut:

  • Ponsel Nokia 4.2
    • Walaupun di pasar global ponsel Nokia 4.2 ini memiliki dua varian warna yang berbeda, ponsel rakitan PT. SAT Nusapersada Tbk ini hanya memproduksi varian hitam saja saat ini. Namun kabarnya varian Pink Sand akan hadir tak lama lagi, jadi yang ingin tampil beda dengan ponsel berwarna pink harap bersabar dahulu
    • Walaupun terkesan elegan dari sejumlah aspek, sayangnya ponsel ini masih menggunakan Micro USB Type-B. 
    • Slot kartu SIM dan MicroSD dalam ponsel ini cukup bagus. Umumnya apabila kita ingin menggunakan dua SIM yang berbeda kita harus merelakan slot MicroSD kita digunakan untuk salah satu SIM. Tetapi ponsel ini memiliki 2 tempat kartu SIM dan 1 tempat MicroSD dalam satu baki yang sama!
    • Tombol-tombol ponsel berada pada dua sisi yang berbeda.
      • Di sisi kanan layar, terdapat tombol kunci dan tombol volume. Ini lumrah, kok!
      • Di sisi kiri layar, terdapat tombol Google Assistant. Oh ya, kalian bisa lho ngobrol ala Walkie Talkie dengan Google Assistant dengan menahan tombol tersebut disaat kamu berbicara!
    • Speaker pada Ponsel ini terletak dibawah layar. Persisnya terletak disamping kanan lubang charger.
    • Sementara Microphone sendiri terletak di kiri lubang charger dan juga di atas layar.
    • Ada lubang jack audio 3.55mm!
    • Kamera depan berada di tengah atas dan membentuk selfie-notch alias poni. Kamera ini 8 Megapixel
    • Sementara Speaker telepon berada diatasnya.
    • Kamera utama dengan dual lens 13 dan 2 Megapixel.
    • Dan akhirnya, fingerprint sensor-nya terletak persis dibawah kamera utama.
  • Kartu XL
    • Kartu XL ini hadir dengan bonus sebesar 60GB dalam setahun. Tetapi, perlu digaris bawahi bahwa bonus tersebut hanya berlaku jika kamu terus menggunakan nomor tersebut selama 1 tahun kedepan.
    • Selain itu, kuota ini sendiri dipisah-pisah lagi menjadi beberapa bagian yang nantinya akan direset tiap bulannya. Totalnya 5GB dengan isi sebagai berikut:
      • 1GB kuota utama
      • 4GB kuota aplikasi, berlaku untuk:
        • Netflix
        • Iflix
        • Joox
        • Mobile Legends (Yaelah~!)
      • Unlimited Nelpon dan SMS (ke sesama XL)
    • Oh ya, bonus-bonus tersebut hanya dapat digunakan di ponsel Nokia 4.2 ini! Jadi jangan coba-coba pakai di ponsel lain, ya.
  • Kartu Garansi dan Petunjuk Pemakaian
  • Charger Set (Batok dan kabel Micro USB type-B)
  • Earphone

Aktifkan Ponselmu, Shinji!

Nokia 4.2 Android One Nawala Karsa Indonesia TAM
Start-up Boot dari Nokia 4.2

Ponsel segera saya nyalakan untuk mengetahui seberapa bagusnya ponsel milik Nokia ini. Saat saya memegang ponsel ini, rasanya licin sekali karena ponsel ini menggunakan body kaca pada bagian belakang. Selain itu, banyak sidik jari saya yang berbekas pada bagian belakang. Agak disayangkan, sebab kesan elegannya lambat laun hilang karena banyak sidik jari di belakang.

Bagaian belakang ponsel Nokia 4.2

Saya langsung dihadapkan dengan menu settings yang menuntun saya untuk mempersonalisasikan sekaligus memperbaharui sistem pengoperasian yang saya gunakan. Mengenai update, ponsel ini gak akan ketinggalan pembaharuan sedikitpun sebab Nokia 4.2 menggunakan sistem operasi Android One tanpa bloatware sedikitpun. OS terbarunya sendiri adalah Android Pie.

Nokia 4.2
SELAMAT DATANG!

Saat menggunakan ponsel, hal yang saya ingin ketahui adalah seberapa gaharnya speaker pada ponsel, kualitas kamera, dan kapabilitasnya dalam fitur nirkabel seperti NFC. Untuk pertama, saya akan mengetes Speakernya terlebih dahulu. Dengan volume maksimum saya dapat menggunakan ponsel ini sebagai pengganti speaker bluetooth yang saya gunakan pada umumnya, suaranya cukup kencang walau hanya satu speaker saja.

Bagaimana dengan kualitas kamera? Dengan 13+2MP pada kamera utama, Nokia 4.2 menghadirkan kualitas kamera yang lumayan bagus untuk smartphone kelas menengah kebawah. Kali ini, saya mencoba memfoto dengan kualitas HDR.

Foto HDR dari Nokia 4.2

Walau resolusinya cukup standar, kualitas serta warna yang dihasilkan kamera ini cukup apik. Fitur Pro dalam aplikasi kamera tersebut juga dapat membantu kita apabila kita ingin membuat foto-foto ala fotografer profesional.

Oh ya? Saya menyebutkan NFC, yang artinya ponsel ini mempunyai fitur NFC! Luar biasa! Tidak seperti merk ponsel entry-level lainnya yang tidak ingin menyertakan NFC dalam ponsel mereka, Nokia 4.2 oleh HMD Global dibekali dengan fitur ini. NFC sendiri dapat kita gunakan untuk sejumlah hal. Misalnya, pembayaran dompet digital, untuk naik transportasi umum seperti KRL Commuter Line dan Transjakarta, serta untuk berbelanja. Dan tentu saja, NFC ini berfungsi dengan baik. Buktinya, foto pemandangan diatas berhasil saya jepret dan saya pindahkan ke ponsel lain dengan NFC.

Nokia 4.2 Nawala Karsa
Mengakses Google Assistant dari ponsel Nokia 4.2

Jadi, Apakah Nokia 4.2 Worth It Untuk Dibeli?

Jadi setelah saya menggunakan ponsel ini untuk beberapa saat, saya dapat menyimpulkan sejumlah hal untuk digarisbawahi.

Pertama, dengan Memori Internal 32GB dan RAM 3GB ponsel ini sudah cukup untuk memenuhi aktivitas kamu untuk menggunakan aplikasi berat seperti untuk game dan sebagainya. Tetapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 439 ini, nampaknya kamu harus sedikit bersabar dengan panas yang ada dibelakang ponsel ini.

Kedua, kualitas kamera mungkin bisa dibilang bagus untuk ponsel entry-level. Cocok untuk kamu yang ingin eksis di sosial media atau mau jadi Youtuber dadakan.

Ketiga, karena menggunakan Android One, kalian gak perlu khawatir mengenai pembaharuan sistem ataupun bugfix untuk ponsel ini. Nokia memang sejak dulu menggunakan Android One sebagai dasar ponsel mereka. Dijamin deh, aman dari hal yang enggak-enggak!

Nokia 4.2 Radio FM
Aplikasi Radio FM di Nokia 4.2

Keseluruhan, saya sangat menyarankan kalian untuk membeli ponsel ini apabila kalian memang sudah bosan dengan brand lain, lalu juga apabila ingin cari ponsel yang lumayan murah, dan terakhir, apabila kalian ingin performa yang stabil dalam ponsel entry-level, maka Nokia 4.2 ini bisa kamu beli.

Oh ya, bagi kalian yang ingin beli ponsel ini sebelum lebaran, yuk langsung aja buka link berikut. Kalian bisa dapatkan ponsel ini sebelum lebaran dan dapat bergaya dengan ponsel baru di hari yang fitri ini.

Sampai jumpa di review berikutnya!

Loading...