Playstation 4, Masih Layak Dibeli di Tahun 2019?

Playstation 4
Playstation 4 Pro

Playstation 4 (PS4) adalah konsol game buatan Sony paling baru saat ini, rilis pada tanggal 15 November 2013. Baru baru ini kabar mengenai Playstation 5 (PS5) sedang ramai di internet, anda bisa membaca kabar mengenai PS5 di sini. Mengingat jangka hidup Playstation 3 yang bertahan sekitar 8 – 9 tahun, PS4 juga bisa diperkirakan akan segera mengakhiri masanya di sekitar tahun 2020 – 2022. Yang akan dibahas di artikel kali ini adalah, apakah PS4 masih layak untuk dibeli di tahun 2019? Karena kabar mengenai kedatangan PS5 semakin kuat banyak orang yang mulai mengurungkan niat untuk membeli PS4 di tahun 2019. Menurut saya, membeli PS4 di tahun 2019 adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Alasan nya akan saya bahas di artikel ini.

1. Perbandingan Harga Yang Sangat Jauh

Harga game Playstion 4 masih layak dibeli
Harga game Playstion 4 masih layak dibeli

Yap, saat PS4 pertama rilis harga nya adalah sekitar 6-8 jutaan, itu adalah harga untuk PS4 Fat yaitu seri pertama. di tahun 2019 ini PS4 sudah memiliki versi yang lebih kecil yang bernama PS4 Slim. Di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Harga PS4 Slim adalah 3-4 jutaan, sedangkan untuk PS4 Fat cukup sulit untuk mencari harga di bawah 5 juta karena sudah sedikit produksi PS4 Fat. Ini adalah sebuah keuntungan bagi yang menunggu untuk membeli PS4 di harga yang cukup murah. Atau anda juga bisa menabung beberapa juta lagi untuk membeli PS4 Pro yang dibanderol dengan harga 6-7 jutaan.

2.Harga Game Playstation 4 Yang Murah

Holiday Sale

Banyak yang berpikiran bahwa game PS4 mahal, sebenarnya game PS4 yang mahal hanya berlaku bagi game game yang baru rilis saja. PS4 sudah rilis sejak tahun 2013, sudah ada ratusan game yang rilis sejak tahun 2013 sampai sekarang. Game Triple A rilisan tahun 2016 – 2017 saja banyak yang sudah menyentuh harga 200 ribuan. Belum lagi diskon yang dibuat oleh Sony di toko digital mereka, yaitu Playstation Store. Hampir setiap bulan diadakan diskon pada game milik mereka sampai menyentuh harga 100 ribu bahkan bisa puluhan ribu untuk game jadul. PS4 Juga memperbolehkan anda menggunakan game milik orang lain yang berarti anda bisa membeli game PS4 bekas. Ada banyak marketplace yang menyediakan game PS4 bekas, seperti Tokopedia atau yang lebih luas anda bisa mencoba forum jual beli PS4 di Facebook.

3. Game Exclusive yang Sangat Bagus

Game exclusive di PS4 bisa disebut sebagai faktor utama orang orang membeli PS4. Game exclusive yang ditawarkan oleh Playstation selalu berhasil menarik hati para konsumen baik dari segi gameplay, maupun ceritanya. Contohnya adalah Persona 5, yang disebut sebut sebagai JRPG terbaik saat ini di konsol PS4. Tidak sedikit orang orang membeli PS4 hanya untuk merasakan game exclusive yang ditawarkan mereka.

4. Software dan Hardware yang Lebih Stabil

Controller Playstation 4

Dari awal PS4 dirilis sampai saat ini sudah mendapatkan update system sampai 6.51 yang paling baru. Bisa diperkirakan ada berapa puluh bug yang sudah di perbaiki oleh Sony dari awal rilisnya PS4 sampai sekarang. Seri PS4 Slim juga sudah berhasil membuat PS4 lebih compact. Seri PS4 Slim juga memiliki controller yang diperbarui dari seri sebelumnya, yaitu led bar yang disimpan di bagian touchpad.

5. Masih Banyaknya Game yang Akan RilisBorderlands

Walapun jangka hidup PS4 kurang dari 4 tahun, tapi masih banyak game yang akan rilis di PS4. Contohnya adalah Persona 5 Royal, Rage 2, dan Borderlands 3. Walaupun PS5 rilis di tahun 2021, PS4 tidak akan mati begitu saja, pasti ada beberapa game yang rilis bersamaan di 2 konsol tersebut.

Kesimpulan : Playstation 4, Masih Layak Dibeli di Tahun 2019?

Membeli PS4 di tahun 2019 adalah hal yang layak untuk dilakukan karena alasan yang saya berikan di atas. Walaupun anda berpikiran untuk menunggu PS5 rilis dan langsung membeli PS5 di hari pertama pasti akan ada beberapa masalah. Saran saya apabila ingin membeli PS5 tunggu sekitar 1-2 tahun karena pasti akan keluar versi yang lebih bagus dan biasanya di tahun pertama suatu barang elektronik pasti ada beberapa masalah yang muncul. Game yang ada di awal tahun sebuah konsol juga tidak terlalu banyak dan harganya pasti sangat tinggi.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.