Beranda » Pop Kultur » [Kerusuhan 22 Mei] 6 Demonstran Tewas, Bawaslu Dikepung Lagi!

[Kerusuhan 22 Mei] 6 Demonstran Tewas, Bawaslu Dikepung Lagi!

JAKARTA – Kerusuhan 22 Mei di kawasan Sarinah dan Tanah Abang masih terus terjadi sejak pukul 22.00 WIB kemarin. Ricuh yang disebabkan oleh provokasi demonstran dan belum bubarnya massa membuat Polisi membubarkan massa karena melewati tenggat waktu demonstrasi.

Sejak pukul 9 pagi tadi, terdapat sejumlah laporan mengenai korban tewas dari sisi demonstran. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau Bawaslu dan RSUD Tarakan menyebutkan bahwa sekitar 6 orang dinyatakan tewas dalam kericuhan ini. “Korban sejauh ini ada 6 korban meninggal. Di RS Tarakan ada 2. Kemudian di Pelni. Dan di RS Budi Kemuliaan RSCM dan di RS AL Buntoharjo,” kata Anies di RSUD Tarakan, Rabu (22 Mei) pagi, dilansir dari CNN Indonesia.

Kadinkes (Kepala Dinas Kesehatan) DKI Jakarta Widyastuti menyebut bahwa korban-korban ditempatkan di rumah sakit yang berbeda. Satu korban ditempatkan di RS Pelni, dua korban berada di RS Budi Kemuliaan, satu korban di Buntoharjo, dan satu lagi korban berada di RSCM. “Jadi saat ini semua tim siaga seperti saya sampaikan kemarin ada 37 titik dilakukan di lapangan kemudian ada 10 RS rujukan tetapi semua RS siaga,” jelasnya.

Sekitar 200 orang dikabarkan mengalami luka-luka dan juga dilarikan ke sejumlah rumah sakit terdekat dari lokasi kerusuhan. Sejumlah rumah sakit mengerahkan ambulan pada sejumlah titik kerusuhan, membawa korban luka ke rumah sakit sesegera mungkin.

Ratusan Demonstran Berbaju Putih Mulai Kepung Bawaslu

683241ba2dca8bac473ddc1d64a5eae8.jpg
Kondisi Demonstrasi pada 21 Mei 2019 Sumber: Kompas.com

Pukul 10.33 WIB, sekitar ratusan demonstran 22 Mei dengan pakaian serba putih mulai meringsek menuju gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta. Dilansir dari CNN Indonesia, massa datang dari arah Gereja Theresia, Menteng, lalu berbelok menuju Jalan Wahid Hasyim melewati perempatan Gedung Bawaslu.

Aparat Kepolisian kembali mengetatkan penjagaan serta memasang kembali blokade. Kelompok berbaju putih tersebut kemudian berjalan kaki menuju barikade polisi.

Sejauh pemantauan CNN Indonesia, belum ada bentrokan terbuka antara aparat dengan demonstran (Pukul 10 WIB). Walau demikian, aparat mulai menghadang dengan menggunakan tameng.


Redaktur Nawala Karsa mengutip sumber-sumber terpercaya sebagai materi artikel ini. Kami akan perbaharui informasi ini secepat mungkin.

Leave a Comment

Loading...