Fakta! Ini Bukti Kalau Milk Tea Pei Pa Koa Bukan Asli Dari Singapura

Kalau akhir-akhir ini kalian suka lihat di media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, kalian pasti suka melihat sejumlah outlet minuman-minuman milenial yang menjual menu minuman yang sedikit bizzare namun unik, seperti misalnya Bubble Tea campur obat Pei Pa Koa.

Sayangnya, banyak sekali yang mengklaim bahwa menu yang saya rasa terlalu manis sampai bikin Gula Darah naik ini berasal dari Amerika Serikat, berdasarkan laporan Business Insider. Lalu tak lama, media dari Singapura Mothership.SG mengklaim bahwa minuman tersebut sudah ada sejak lama di Singapura.

Ya, semua orang bisa mengklaim kalau minum-minuman ‘mix’ ini berasal dari kedua negara tersebut. Tetapi, tahukah kalian kalau budaya nyampur obat batuk dengan minuman lain itu sudah ada di Pekanbaru, Indonesia? Ya! Kalian gak salah dengar. Sudah ada yang membuat campuran Pei Pa Koa dengan minuman lain di Indonesia, dan ini dibuktikan dengan video buatan Youtuber Adrienne Marsh berjudul “Yung Tuah – Peknbaru 1992” yang diunggahnya pada tahun 2016.

Sebenarnya saat kamu membuka list video dari Adrienne Marsh, kalian pasti bilang isinya gak jelas dan gak berfaedah sama sekali. Tapi kenyataannya, walaupun video-videonya tersebut tidak berfaedah, pasti ada dong salah satu video miliknya yang pernah nyantol di linimasa sosial media kalian? Gak perlu bohong deh, ini salah satu contohnya:

Ketiga video ini harusnya pernah masuk linimasa sosial media kalian. Kalau enggak, berarti kalian mainnya kurang jauh!

Milk Tea Obat Batuk Itu Asalnya dari Indonesia!

Sebenarnya, bagaimana ceritanya hingga saya menyimpulkan kalau budaya minum campur Pei Pa Koa itu asalnya dari Pekanbaru? Gampang saja, melalui video Yung Tuah yang saya sebutkan sebelumnya, sudah terprediksi kalau minum dengan nyampur obat batuk rasa mint tersebut bakal viral suatu saat nanti.

Diprediksi? Kok bisa? Nah, ini dikarenakan video tersebut diunggah pada 5 Oktober tahun 2016, sementara minuman campur obat batuk itu baru viral pada tahun 2018 akhir. Tapi itu tidak menjadi masalah karena memang minuman yang dimaksud sedikit berbeda dengan yang tengah viral saat ini.

Di Singapura, minuman yang dicampurkan dengan obat batuk ini adalah Bubble Tea yang menurut saya sih adalah bentuk overrated dari Teh Susu di warung kopi pinggir jalan Condet Raya. Kalau yang ada dalam video ini jelas-jelas Milk Tea pada umumnya yang bisa kamu beli seharga Rp.6.000,- di warung kopi.

Pei Pa Koa Pekanbaru Indonesia Milk Tea Indonesia
Orang random dalam video “Yung Tuah – Peknbaru 1992”

Dalam video tersebut, terlihat seorang anak muda menuangkan obat batuk produksi Nin Jiom tersebut kedalam tutup botol obat tersebut untuk nantinya dicampur lalu diaduk dengan minuman dingin. Video tersebut sebenarnya merupakan video parodi dari Music Video milik Yung Lean yang dulu sempat diperbincangkan, sebut pemilik akun Adrienne Marsh saat kami temui di Jakarta.

Menjajal (Kembali) Milk Tea Pei Pa Koa yang Sebenarnya!

Pei Pa Koa Nawala Karsa Milk Tea Indonesia
Berfoto dengan Milk Tea Pei Pa Koa

Kami akhirnya berkesempatan untuk menemui pemilik akun Adrienne Marsh dan menjajal resep otentik Milk Tea Pei Pa Koa miliknya. Memang benar, rasanya lebih terasa dan lebih murah dibandingkan dengan yang ada di outlet di tempat-tempat beken di Jakarta.

Adrienne, yang tidak ingin nama aslinya disebut, mengatakan bahwa ia tidak mengira bahwa mencampurkan obat batuk tradisional dengan minuman seperti Milk Tea itu akan viral dikemudian hari. Sebenarnya saat bertemu dengan saya, doi sempat kesulitan mencari obat tersebut di sejumlah apotek di Jakarta. “Kayaknya obatnya diborong sama Milenial, deh,” ketusnya.

Milk Tea tersebut disodorkan kepada saya setelah dicampurkan dengan obat rasa mint tersebut. Pertamanya, jujur saja, rasanya tidak enak! Apa yang sebenarnya orang-orang asal Pekanbaru ini saat mencampurkan Milk Tea dengan obat ini? Heran deh!

Milk Tea Pei Pa Koa Indonesia
Karena rasanya agak aneh, yaudah deh minta Air Putih

Eh tapi setelah di sedot-sedot lagi, rasanya jadi lebih segar. Rasa mint dalam obat tersebut bercampur padu dengan rasa susu dari Milk Tea, yang nantinya akan terasa di tenggorokan kita. Benar-benar luar biasa! Eureka! Dan rasanya menyegarkan di mulut, tenggorokan, dan lambung yang kosong ini.

Enggak heran sih kalau orang Singapura atau Amerika Serikat berebutan mengklaim minuman viral ini. Walaupun kedua negara tersebut terus memperbutkan klaim atas Milk Tea itu, ketahuilah kalau orang Pekanbaru adalah yang pertama yang menemukan ‘resep’ tersebut. Oh ya, mereka bahkan bodo amet soal klaim tersebut, yang penting minum aja.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.