Akhirnya! Trailer Baru Death Stranding Berikan Lebih Banyak Misteri Baru

Setelah lama menunggu dan minimnya berita baru dari sang maestro Hideo Kojima dan tim nya Kojima Production telah berakhir. Game baru mereka yang setelah keluar dari studio Konami, yaitu Death Stranding memberikan sebuah trailer baru yang sudah lama ditunggu. Trailer baru ini banyak sekali memberikan gambaran mengenai game Death Stranding dan membuka sebuah misteri baru di dalamnya.

Setelah menonton video trailer ini pada tengah malam, saya pun langsung segera menulis berita ini. Sebelum saya kembali pusing dan hilang ingatan karena banyaknya informasi dan teori baru di game ini. Pada kali ini saya akan merangkum apa saja yang sudah kita dapatkan dari video trailer terbaru Death Stranding yang di edit secara khusus oleh Hideo Kojima sendiri. Yuk kita mulai saja artikel ini.

Death Stranding: A Hideo Kojima Game

Death Stranding adalah sebuah game open world yang akan mengambil tema post-apocalyptic dan supernatural. Menceritakan dimana dunia sudah mengalami kehancuran akibat ledakan misterius yang menyebabkan terjadinya fenomena supernatural yang disebut Death Stranding. Sam Porter (diperankan oleh Norman Reedus) dan timnya mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan mencari solusi menyelamatkan manusia dari kepunahan dan kehancuran dunia.

Memanfaatkan Fitur “Sosial” Dari Player Lain

Hideo Kojima mengatakan game ini memanfaatkan fitur “sosial” diantara para player yang akan menjadi kunci cerita. Ada banyak sekali penjelasan dari maksud pernyataan Kojima tentang game ini. Secara singkat, Kojima dan tim-nya akan membuat sebuah bentuk baru dari mode co-op atau multiplayer. Jadi kemungkinan mode co-op ini akan berbeda dari apa yang kita kenal selama ini dalam bermain game.

Para Karakter Merupakan Aktor Dan Aktris Film Terkenal

(Source: SegmentNext)

Jika kalian belum tahu, Hideo Kojima sangat suka dengan film. Tiap game yang pernah dia pegang seperti Metal Gear Solid memiliki elemen-elemen yang khas dari film barat. Mulai dari segi penceritaan, karakter bahkan trailer game pun mirip seperti trailer film barat. Pada game ini, Hideo Kojima sepertinya tidak ada istilah menahan diri setelah keluar dari studio game Konami. Karakter-Karakter yang ada di dalamnya selain diperankan oleh pemain yang sering berpengaruh dalam game, juga menghadirkan hampir semuanya merupakan aktor dan aktris film dan seri televisi terkenal, seperti:

  • Norman Reedus (Daryl – The Walking Dead)
  • Mads Mikkelsen (Dr. Hannibal – Hannibal)
  • Léa Seydoux (Dr. Madeleine – Spectre)
  • Margaret Qualley (Alexandra – The Vanishing Sidney Hall)
  • Tommie Earl Jenkins (Dean – General Hospital)
  • Troy Baker (Drake – Uncharted Series)
  • Lindsay Wagner (Jaime – The Bionic Woman)

Banyaknya Teori-Teori Death Stranding Dari Para Penggemar

Hampir di tiap game yang dipegang oleh Hideo Kojima selalu memberikan misteri sebelum maupun setelah game tersebut rilis. Bahkan sejak zaman Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty hingga sekarang selalu memberikan petunjuk-petunjuk yang bisa menghasilkan banyak teori oleh para penggemar. Hal itu pun tidak luput dari Death Stranding.

1. World

Death Stranding
(Source: TheNerdMag)

Saya sudah memantau game ini sejak dari trailer pertama Death Stranding hingga yang terbaru. Berdasarkan apa yang saya pahami, dunia Death Stranding sedang berada dalam kondisi hancur atau post-apocalyptic. Banyak hewan mati secara misterius. Ada berbagai insiden dan fenomena aneh yang dimunculkan pada trailer, seperti ledakan yang mirip konsep big bang, makhluk misterius bernama BT (Beached Thing) dan hujan yang kelihatannya bisa mempercepat penuaan terhadap manusia. Belum lagi dengan keberadaan “Other Side” yang merupakan dunia lain yang ada di Death Stranding.

2. Gameplay

Death Stranding akan menghadirkan game open world dengan third person shooter. Sam atau dengan kata lain “Player” disini akan bisa mengeksplor yang disebut-sebut merupakan daerah Amerika yang sudah hancur. Player akan bisa menggunakan beberapa peralatan yang dapat membantu selama perjalanan dan bertahan dari serangan teroris.

Selama bermain kalian akan menghadapi beberapa masalah, seperti BT. Kehadiran BT selalu disertai dengan turunnya hujan. Player disini diharuskan menghindari BT atau akan terseret ke “Other Side”. Jika Player tertangkap oleh BT, itu bukan berarti “Game Over”. Hideo Kojima menjelaskan bahwa di Death Stranding tidak ada yang namanya konsep “Game Over” seperti dalam game pada umumnya. Game ini akan terus berlanjut ke dunia “Other Side” dan Player diharuskan mencari jalan keluar untuk melanjutkan cerita di dunia nyata.

3. Concept Theory & Explanation

Death Stranding
(Source: Hideo Kojima Twitter)

Percaya atau tidak, ada banyak sekali konsep teori dan penjelasan sulit untuk dijelaskan yang ada di Death Stranding. Baik itu dari para penggemar maupun dari trailer Hide Kojima sendiri. Disini saya akan berikan secara garis beras apa saja konsep teori yang ada di game ini berikut penjelasan singkat:

  • Game ini mengambil beberapa unsur penting dalam penggunaan teori evolusi manusia, seperti Homo Demens(bahasa latin dari Madman) yang merupakan istilah untuk ras manusia baru.
  • Timefall, istilah untuk fenomena percepatan penuaan dari hujan dan sentuhan langsung dari BT. Tapi dalam hal ini, Sam kelihatannya tidak mengalami efek tersebut.
  • BT (Beached Things) adalah makhluk misterius yang telah menghancurkan dunia bahkan Amerika.
  • “Other Side” merupakan istilah untuk dunia misterius saat mereka ditangkap oleh BT atau saat Player mati di dunia nyata. Di beberapa trailer dunia ini terlihat sangat absurd dan tidak masuk akal seakan-akan berada di dunia mimpi disertai dengan makhluk-makhluk aneh yang muncul disana.
  • Tabung bayi yang dibawa Sam dan teman timnya merupakan alat bantu mereka dari saat BT mulai menyerang. Tabung bayi ini diduga dapat menyelamatkan Sam dan Player yang dapat menghubungkan antara dunia nyata dan “Other Side”.
  • Cliff (diperankan oleh Mads Mikkelsen) menjadi karakter misterius yang mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di dunia Death Stranding dan juga Sam. Mads Mikkelsen pernah menyebutkan bahwa dalam Death Stranding dia bukanlah karakter antagonist. Apakah itu benar?
  • Organisasi pemerintah baru UCA (United Cities of America) dan teroris yang dipimpin oleh Higgs (diperankan oleh Troy Baker) memiliki konflik satu sama lain.
  • Sam dan timnya mencoba untuk menyelamatkan dunia dan menghentikan BT. Namun Cliff mencoba untuk menghentikan mereka dengan alasan yang masih menjadi misteri.

Pre-Order? Keep You Waiting, Huh?

Pre-Order Edition (Source: Playstation)

Mau menjadi orang yang lebih awal bisa memainkan game Death Stranding? Tenang saja, karena Hideo Kojima dan timnya sudah membuka pre-order game ini. Selain mendapatkan game, kalian juga mendapatkan konten bonus yang tidak kalah menarik, yaitu:

  • Gold “Sam” Sunglasses
  • Gold Armor Plate
  • Gold Hat
  • Gold Speed Skeleton
  • PS4 Theme Special Death Stranding
  • Avatar Profil PSN, Chibi Ludens

Masih belum puas? Selain paket pre-order diatas masih ada paket Spesial Edition, Digital Deluxe Edition dan Collector Edition. Pastinya konten bonus yang bisa didapatkan lebih hebat lagi, yaitu:

1. Special Edition

  • Steelbook case
  • Death Stranding: Timefall Music dan video behind the scenes proses pembuatan game
  • Gold Ludens Mask Sunglasses

2. The Digital Deluxe Edition

  • Death Stranding: Timefall OST dan video behind the scenes proses pembuatan game
  • 10 PSN avatars
  • Semua bonus edisi pre-order seperti Gold Power Skeleton, Gold Ludens Mask Sunglasses, Gold Armor Plate Level 2 dan Gold All-Terrain Skeleton.

3. Collector Edition

  • Semua item dan bonus yang ada di edisi Pre-Order, Special Edition dan Digital Deluxe Edition.

 

Death Stranding

Hideo Kojima sukses membuat para penggemarnya puas hanya dengan trailer baru Death Stranding. Selain itu trailer ini juga mengumumkan tanggal rilis game Death Stranding, yaitu pada 8 November 2019. Sampai saat ini hype terhadap game Death Stranding masih sangat tinggi. Diskusi diantara penggemar pun masih berlanjut bahkan teori baru muncul. Setidaknya dengan trailer baru ini, kita bisa melihat gameplay dan cerita yang lebih jelas dari game Death Stranding dibandingkan trailer-trailer sebelumnya.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.