Beranda » 5 Alasan Kenapa Ibukota Indonesia Harus Pindah ke Japari Park!

5 Alasan Kenapa Ibukota Indonesia Harus Pindah ke Japari Park!

Pada 29 April lalu, Presiden Joko Widodo beserta jajaran kabinetnya melakukan diskusi mengenai pemindahan ibu kota negara dalam ratas (rapat terbatas) “Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibu Kota” di Kantor Presiden, dilansir dari Tirto.id. Wacana tersebut, sebut Jokowi, merupakan kepentingan yang lebih besar untuk bangsa Indonesia.

Disebutkan bahwa kemungkinan besar Ibu kota Indonesia akan berpindah ke luar pulau Jawa, yang telah diprediksi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani akan ‘sesak’ pada tahun 2025. “70% populasi atau penduduk Indonesia akan hidup di perkotaan di 2025. Kurang dari 8 tahun lagi dari sekarang. Jadi kami bisa melihat di 2025 saat semua transportasi sudah kami buat. Pulau Jawa akan penuh perkotaan, urbanisasi yang cukup tinggi akan mendorong konsumsi, juga modal pertumbuhan berkelanjutan,” kata Sri Mulyani saat acara Seminar Urbanisasi di Shangrila Hotel, Jakarta, Selasa (19/12/2017), melansir dari Detik Finance.

Lantas, kemanakah ibu kota akan dipindahkan? Menurut Liputan6.com, ibu kota bisa saja dipindahkan ke Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur. Tapi, tahukah kalian, ada lokasi yang lebih cocok untuk dijadikan tempat untuk Ibu Kota Indonesia yang terbaru?

Ayo Pindah ke Japari Park!

Banyak yang enggak sadar kalau semisalnya Japari Park merupakan tempat yang hampir sempurna dan sangat unik untuk dijadikan kawasan Ibu Kota Indonesia yang baru. Rindangnya pepohonan, alam yang belum tersentuh alias masih fresh, banyaknya ‘furenzu’, serta transportasi umum yang cukup memadai, membuat pulau ini cocok banget dijadikan jajahan Ibu Kota Indonesia.

Sebelumnya, perlu redaktur ingatkan bahwa lokasi ini adalah lokasi fiksi. Japari Park sendiri merupakan latar tempat dari seri animasi Kemono Friends yang diproduksi oleh Kadokawa bersama sutradara Tatsuki.

Dan berikut adalah ‘5 Alasan Kenapa Ibukota Indonesia Harus Pindah ke Japari Park!

1. Japari Park Lokasinya Masih ‘Fresh’ dan Bebas Polusi

Japari Park

Seperti yang kita ketahui, kota Jakarta saat ini sangatlah sesak dengan kendaraan. Hal ini menyebabkan banyaknya polusi udara yang sudah melewati ambang batas normal. Laporan LBH Jakarta mengungkapkan bahwa pencemaran udara dengan acuan PM 2.5 (Partikel Cair/Padat di Udara) di Ibu Kota sudah mencapai angka 34.57 ug/m3 yang sudah melewati ambang batas baku mutu udara ambien nasional sebesar 15 ug/m3, dikutip dari Kompas.com.

Dengan memindahkan Ibu Kota Indonesia ke Japari Park, ibu kota dipastikan bebas dari pencemaran udara. Sebab, lokasi taman ini berada di pulau terpisah dari yang lain dan dipenuhi pepohonan rindang. Selain itu, minimnya penggunaan kendaraan pribadi (dan maksimalnya penggunaan Transportasi Umum) membuat taman ini bebas polusi.

Japari Park

Tempatnya yang bersih bebas sampah juga menjadi poin penting dalam hal ini. Lantaran kota Jakarta saat ini dipenuhi oleh sampah dan selalu dibuang ke tempat pembuangan akhir terdekat di luar kota. Mungkin sudah saatnya pindah ke kota baru dan bangun pengelola sampah terbaru?

2. Banyak ‘Teman’, Obyek Wisata Beragam, dan Kulinernya yang Enak!

Di Jakarta sendiri, kita pasti sudah dikelilingi oleh banyak sanak saudara, famili, bahkan teman terdekat. Tapi apa yang akan terjadi apabila kita dipindahkan jauh ke tempat lain tanpa adanya saudara terdekat di tempat barumu itu? Nah, Japari Park sendiri sudah dilengkapi dengan para ‘Teman’ yang siap menemani kamu kemanapun kamu pergi. Wah, fsugoi!

Bosan dengan Kebun Binatang Ragunan? Males buat jalan-jalan ke Ancol? Kejauhan buat ke Taman Safari atau Kebun Raya Bogor? Tenang saja! Sebab, di Japari Park terdapat sejumlah tempat yang bisa kamu kunjungi, tentu saja kamu bakal ditemani oleh sejumlah ‘furenzu’. Oh ya, di sini, terdapat delapan kawasan yang bisa kamu kunjungi, serta terdapat semacam central park di kawasan utama taman ini.

Bagaimana dengan panganan khas di sini? Tidak seperti Jakarta yang mengandalkan telur sebagai bahan dasar panganan khasnya yaitu Kerak Telor, di Japari Park mereka menggunakan kacang merah sebagai bahan dasar panganan mereka. Mirip seperti Manju, Japari Bun merupakan panganan khas di taman ini. Panganan ini terpaksa populer setelah serangan cerulean/cellien menyerang taman tersebut dan membuat pasokan makanan di taman ini menipis. Faktanya, Japari Bun merupakan food staple bagi para ‘teman’ pada masa itu.

3. Lokasi yang Luas dan Unik (Ada 4 Macam Musim, lho!)

Sudahkah redaktur menyebutkan bahwa Taman Japari itu sangat luas? Maksud kami, tempatnya luasnya luar biasa! Mungkin kalau digambarkan sedikit, kurang lebih seperti kawasan Sunda Kecil (Bali dan Nusa Tenggara). Bedanya, kawasan ini memiliki 4 macam musim!

Kawasan Kyoshu, kondisinya sangat umum dan rata-rata bersuhu hangat. Disinilah central park Japari Park berada. Pemerintah Indonesia bisa menempatkan gedung-gedung kementrian dan Istana Negara disini. Mau nuansa tropis? Kawasan An’in bisa jadi tempat yang pas untuk pemerintah apabila menginginkan nuansa tropis. Atau mungkin mau nuansa ala Wild West? Kawasan Sankai bisa jadi tempat yang cocok. Tanahnya tandus penuh pasir dan ada gunung ala pegunungan California.

4. Moda Transportasi Umum juga ada!

Kota yang baik adalah kota yang memiliki moda transportasi umum yang accessible dan juga ramah lingkungan.

Apabila kita melihat kota Jakarta saat ini, terdapat sejumlah moda yang bisa kita gunakan untuk menuju ke sejumlah tempat di Jakarta dengan mudah. Sebut saja, Commuter Line yang bisa mengantar kamu bahkan hingga ke Rangkasbitung ataupun Cikarang, lalu ada Transjakarta yang memiliki rute hingga Bekasi Timur, Depok UI, ataupun Puri Beta. Selain itu juga ada kapal kecil yang menghubungkan Jakarta dengan Kepulauan Seribu.

Nah, di Japari Park, kita bisa menemukan sejumlah moda transportasi umum yang siap menunjang gerak para commuters untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya. Ada Japari Bus (bisa amfibi sebagai kapal kecil), Gondola Japari, dan Japari Monorail. Kalau kalian lebih suka ride-hailing seperti GO-JEK, disini ada alternatifnya yaitu TO-JEK atau Toki Ojek.

5. Tempatnya FSUUUGOOOIII! Nanoda!

Kalau Jakarta punya tempat-tempat menarik seperti Perpustakaan Nasional, kafe yang instagramable, taman bermain, ataupun teater, Japari Park juga punya tempat serupa. Tanpa panjang lebar, kalian bisa melihat sendiri buktinya diatas.


 

Sayangnya, Japari Park merupakan tempat yang nyaman di dunia fiksi animasi 3DCG. Kita sebagai warga negara Indonesia hanya dapat berharap semoga ibu kota bisa dipindahkan diluar pulau Jawa.

Semoga, pindahnya ibu kota kita ke Kalimantan dapat membuat keseimbangan politik maupun hal lainnya yang menyangkut hajat hidup masyarakat Indonesia.

Loading...