Beranda » cookies » Unik! Sejumlah Perusahaan Kereta di Jepang Gelar Pasar Barang Hilang!

Unik! Sejumlah Perusahaan Kereta di Jepang Gelar Pasar Barang Hilang!

Umumnya di Jepang, apabila kita menemukan barang hilang, kita pasti dapat menitipkannya di ruang Lost and Found. Seseorang pasti lupa atau ketinggalan barang tersebut dan akan mengambilnya kembali melalui petugas keamanan. Ini berlaku hampir disemua tempat di Jepang, termasuk di stasiun kereta api. Tetapi, bagaimana jika barang tersebut tidak pernah diambil kembali?

Sejumlah perusahaan perkeretaapian di Jepang seperti JR dan KEIHAN, memutuskan untuk menjual barang-barang yang tidak pernah diambil kembali di Lost and Found mereka. Mereka menyebut gelaran jual barang tersebut dengan “JR Private Railway Lost Items Market & Wholesale Direct Delivery Bargain Market“.

Barang Hilang Kereta Jepang
Nintendo DS, 3DS, PSP, hingga pencukur jenggot ada di gelaran pasar barang hilang tersebut.

Lost Items Market tersebut diadakan tanpa jadwal yang menentu, alias gak nentu! Jadi, bisa saja esok atau lusa acara tersebut akan diadakan lagi. Dan pastinya, pihak perkeretaapian akan mengumumkannya melalui media sosial mereka masing-masing.

Barang-barang yang dijual di Lost Items Market ini merupakan barang-barang hilang. Dan dijual dengan harga yang sangat murah, dan barang-barang yang dijual beragam. Kalian mungkin hanya mengira bahwa barang yang dijual hanyalah Payung atau mungkin gelang dan kacamata. Tetapi, bisa saja kalian dapat menemukan Nintendo 3DS, Camcorder, Earphone, Lensa Kamera DSLR, hingga Pencukur Jenggot! Dan semua ‘barang hilang’ tersebut dijual dengan harga yang luar biasa miring, bahkan dapat mengalahkan harga lelang Yahoo! Auction Jepang.

In Japan, railway companies including Keihan Railway occasionally hold "Lost Items Markets," where objects that have…

Posted by Keihan Electric Railway Co., Ltd. on Saturday, 20 April 2019

Pihak KEIHAN Electric Railway sendiri menyebut bahwa gelaran ini sudah dilakukan ditahun-tahun sebelumnya. Dan dapat kamu lihat sendiri melalui postingan Facebook diatas, foto-foto tersebut merupakan barang-barang yang dijual pada tahun-tahun sebelumnya.

Gelaran ini sendiri akan diadakan mulai tanggal 25 April hingga 30 April 2019 di Keihan Gallery @ Keihan Department Store cabang Moriguchi. Apabila kalian tengah berkunjung di Jepang pada tanggal tersebut, kalian bisa mampir ke tempat tersebut dengan akses dari Keihan Line, pintu keluar timur di Stasiun KEIHAN Moriguchishi  (KH11).

Terlalu ‘Umum’, Barang Hilang Menumpuk Jadi ‘Gunung’

Kejadian menemukan dan kehilangan barang merupakan hal yang lumrah terjadi di Jepang. Namun, banyak sekali orang yang belum mengambil barang-barangnya yang hilang.

Dilansir dari Japan Times, Kepala ‘Lost and Found’ kepolisian Metropolitan Tokyo Sohi Okubo menyebut, sekiranya ada 3000 payung yang ditemukan di seluruh kawasan Tokyo pada hari-hari Hujan. Berapa banyak payung yang telah disimpan kepolisian saat ini? Berdasarkan data di tahun 2016, Kepolisian Metropolitan Tokyo telah menyimpan 381.135 payung sepanjang tahun tersebut.

Payung-payung tersebut, kata Okubo, dipasangi gantungan berisikan informasi kapan dan dimana barang tersebut ditemukan. Data tersebut diisi tepat saat barang itu ditemukan, dan perusahaan perkeretaapian setempat yang bertanggung jawab mengisi data tersebut.

Berdasarkan data Agensi Kepolisian Nasional Jepang, terdata sekitarnya 26.7 juta barang hilang yang telah disimpan kepolisian di seluruh Jepang pada tahun 2015, kecuali uang tunai.

Loading...