Beranda » spam detection » Jepang Populerkan Onsen dengan Waralaba Idol 2D ‘Onsen Musume’

Jepang Populerkan Onsen dengan Waralaba Idol 2D ‘Onsen Musume’

Onsen (温泉) adalah istilah dalam bahasa jepang untuk menyebut pemandian air panas. Onsen sejak dulu sudah menjadi daya tarik tersendiri khusunya di bidang pariwisata, karena sumber air panasnya yang langsung bersumber langsung dari perut bumi. Selain dari sisi pariwisata, onsen juga memiliki sisi spiritual karena banyak onsen yang dibangun di sekitar kuil sehingga dipercaya ada dewa-dewa yang menjaga tempat tersebut.

Selain onsen yang menjadi daya tarik pariwisata di Jepang, industri hiburan dan kreatif Jepang juga turut ambil andil dalam bidang ini. Industri kreatif Jepang beberapa tahun terakhir sering kali membuat gijinka atau yang juga populer dengan istilah moefikasi. Yang populer diantaranya seperti waralaba Kantai Collection. Selain gijinka, di bidang industri hiburan, ada budaya idol yang sangat populer pula di Jepang. Karena kepopulerannya, konsep idol ini pun sering kali dijadikan inspirasi di industri anime dan game, hingga melahirkan waralaba idol 2D besar seperti LoveLive! dan iDOLM@STER.

Sekarang coba bayangkan bayangkan semua konsep tadi dilebur menjadi satu kesatuan. Lahirlah waralaba 温泉むすめ (Onsen Musume) atau Hot Spring Girls atau sering disingkat OnMusu. Onsen Musume adalah proyek idol multimedia yang pertama kali diperkenalkan tahun 2016 oleh Enbound, Inc.. Onsen Musume menggabungkan konsep gijinka, idol, serta anime, dimana dewa-dewa onsen di Jepang dimoefikasi menjadi karakter anime,  serta menjadikannya idol fiksi atau idol 2D.

Sekilas tentang Onsen Musume

Onsen Musume berkisah mengenai Sukunahiko, dewa pemandian air panas, yang dipanggil oleh sembilan Onsen Musume untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh pemandian air panas dengan membentuk sebuah grup idol bernama “SPRiNGS“ yang beranggotakan:

  1. Kusatsu Yuina (diperankan oleh Takada Yuuki, desain oleh Dontsugel)
  2. Gero Mitsuki (diperankan oleh Saeki Iori, desain oleh Sakuragi Ren)
  3. Hakone Saya (diperankan oleh Nagae Rika, desain oleh Kujou Itiso )
  4. Arima Fuuka (diperankan oleh Motomiya Kana, desain oleh Pikazo Mika)
  5. Noboribetsu Ayase (diperankan oleh Hioka Natsumi, desain oleh Amagai Tarou)
  6. Arima Rinka (diperankan oleh Kuwahara Yuuki, desain oleh QP:flapper)
  7. Akiu Nanako (diperankan oleh Takahashi Karin, desain oleh Tiv)
  8. Dougo Izumi (diperankan oleh Shinoda Minami, desain oleh H2SO4)
  9. Kanade Baden Yufuin (diperankan oleh Watada Misaki, desain oleh QP:flapper)

Unit SPRiNGS ini kemudian masih bisa dipecah lagi menjadi 3 subunit yaituしゃんぷーはっと; (Shampoo Hat), 雪月花 (Setsugetsuka), dan SPicA. Setiap nama marga dari karakter di Onsen Musume mewakili onsen-onsen yang ada di jepang. Contohnya Hakone Saya, mewakili onsen yang ada Hakone di prefektur Kanagawa. Kesembilan gadis ini bertugas sebagai penjaga dan diperankan oleh para seiyuu (pengisi suara) serta didesain oleh berbagai desainer karakter. Untuk urusan animasi diserahkan pada studio Doga Kobo yang menyatukan para idol ini dalam sebuah video musik animasi, contohnya video musik dari lagu 純情-SAKURA- (Junjou -SAKURA-) yang berasal dari mini album 追憶カレイドスコープ (Tsuioku Kaleidoscope) dari SPRiNGS berikut ini.

Pencapaian Waralaba OnMusu

Proyek ini mendapatkan dukungan langsung dari Pemerintah Jepang sehingga dana yang didapatkan untuk menjalankan proyek ini bisa terbilang sangat besar. Dalam waktu singkat, karakter Onsen Musume semakin bertambah hingga sekarang tercatat sudah ada 100 karakter lebih lengkap dengan pengisi suara mereka masing-masing. Selain SPRiNGS, ada juga unit lain seperti AKATSKI, Adhara, LUSH STAR☆,  petit corolla, dan OH YOU LADY?. Untuk lebih lengkapnya mengenai daftar karakter, seiyuu, serta pemetaan onsen untuk setiap daerah yang diwakili oleh karakter Onsen Musume, bisa langsung ke situs resminya disini.

Seperti waralaba idol pada umumnya, Onsen Musume tentu juga mengadakan berbagai event dan konser di berbagai tempat di Jepang. Di saat event dan konser, para seiyuu dari karakter-karakter Onsen Musume akan muncul menyapa para penggemar, melakukan talk show, serta menyanyikan character song mereka secara langsung di hadapan para penggemar. Lagu-lagu Onsen Musume yang menggunakan perpaduan antara musik modern dan music tradisional Jepang menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Tidak butuh waktu lama, waralaba ini sudah mengumpulkan ribuan penggemar yang tersebar di Jepang.

Waralaba ini juga bisa ditemui dalam format komik, radio, serta mobile game bernama Onsen Musume: Yunohana Collection. Seiyuu yang tergabung dalam Onsen Musume juga berkesempatan menjadi duta pariwisata atau ambassador resmi dari onsen yang diwakili oleh karakter yang mereka perankan.

Bagi kalian yang masih penasaran dengan waralaba ini kalian bisa langsung ke situs resmi, Facebook resmi, Twitter resmi, dan Instagram resmi mereka. Kalian juga bisa mendengarkan lagu-lagu mereka melalui ANiUTA, iTunes, dan Spotify.

Loading...