Mortal Kombat 11 Hilang dari Steam dan PlayStation Store Indonesia!

Kabar mengejutkan datang dari game fighting fenomenal yang selalu diingat akan kebrutalan dan FATALITY nya yaitu Mortal Kombat 11. Dimana dari akun twitter resmi yaitu @WBGamesSupport menjawab pertanyaan salah satu fans dari Indonesia yang men-tweet pertanyaan berupa kenapa ia tidak bisa mengakses Mortal Kombat 11 melalui PlayStation Store miliknya. Sontak akun twitter resmi untuk Customer Service Warner Bros. Game tersebut menjawab seperti di bawah ini:

 

 

“Mortal Kombat 11 tidak akan rilis di Pasar Indonesia (melalui Steam, PlayStation Store serta toko fisik) karena kami menaati peraturan perundang-undangan hukum setempat di negara tersebut. Keputusan kami ini dapat ditinjau ulang di kemudian hari. Kami menghargai atas pengertian anda”

Belum Ada Keterangan Yang Jelas

Untuk penjelasan kenapa Mortal Kombat 11 ini ditarik dari Steam dan PlayStation Store masih belum jelas hal apa yang dimaksud oleh WB Games selaku Publisher dari game ini. Keterangan yang tertera hanyalah “Konten yang cukup Sensitif”. Memicu spekulasi Gamers di Indonesia apa yang sebenarnya terjadi, apa alasan dibalik ini semua?

Mereka berpikiran bahwa “Kekerasan” bukanlah suatu alasan kenapa game ini ditarik di Indonesia, sebab seri sebelumnya yang ber-genre sama pun tidak pernah ditemui dan dijadikan masalah yang mengakibatkan perilisan. Meski kabar terdengar bahwa Jepang memang secara gamblang memblokir game ini karena unsur kekerasan tersebut.

Diblokir Karena Konten ‘Komunis’

Spekulasi ini yang paling panas dan paling menjurus kenapa game ini batal rilis di Indonesia. Ya, dalam versi “Premium Edition” dimana jika kamu membeli edisi ini maka kamu akan mendapatkan kostum tambahan untuk karakter Skarlet yang bernama “Kold War Skarlet” dimana kostum yang dikenakan adalah kostum dari Uni Soviet dan memang bernada Komunis.

Hal ini juga dikemukakan oleh Ostrog, kenapa game MK11 juga ditarik di Ukraina karena alasan yang sama, sebab versi game yang didapat di Ukraina itu sama dengan versi negara Rusia. Isu komunis juga yang membuat game ini menghilang di DRM Game di Ukraina.

Penggemar Mortal Kombat di Indonesia Kecewa!

Banyak yang kecewa dengan keputusan tersebut. Dimana para Player menganggap hal ini tidak terlalu bermasalah karena mereka pikir itu hanya sebatas Logo dan tidak adanya unsur-unsur komunisme pada game ini.

Beberapa penggemar juga menyeletuk soal logo Palu Arit di salah satu map Counter Strike: Global Offensive yang dianggap bukanlah suatu masalah serius.

Banyak pula Toko Game Online Favorit mereka yang sedang menunggu kejelasan perihal ini, apakah mereka harus refund bagi para player yang sudah terlanjur Pre-order MK11 atau menunggu keajaiban dimana MK11 akhirnya dibolehkan beredar di Indonesia.