Lagu Diss Track ‘Congratulations’ Milik Pewdiepie Diblokir di India

INDIA – Setelah sebelumnya dikabarkan bahwa PewDiePie dituntut untuk menghapus lagu Diss Track-nya berjudul Congratulations oleh T-Series melalui bantuan pengadilan Delhi, kini video tersebut resmi diblokir di India. Pemblokiran video sudah dimulai sehari setelah surat tuntutan pengadilan Delhi muncul ke publik.

Dilaporkan oleh sejumlah pengguna Reddit, salah satunya u/yashvone, yang melaporkan langsung dari salah satu daerah besar di India. Ia memastikan bahwa video PewDiePie resmi dihapus atas permintaan Pengadilan Delhi atas permintaan T-Series. Selain itu, masih banyak lagi pengguna Reddit yang melaporkan hal yang sama di India.

Video Bitch Lasagna dan Congratulations resmi diblokir oleh YouTube atas permintaan India. (Foto: Reddit/u/yashvone)

Sejumlah pengguna Reddit menyayangkan pemblokiran video Congratulations dan Bitch Lasagna. Walaupun begitu, netizen diluar India masih dapat mengakses video ini tanpa halangan apapun.

Namun mereka menyebut bahwa hukum di India ‘berat sebelah’, dan pemblokiran video tersebut memunculkan dua poin penting dalam peradilan di India. Pertama, hukum di India hanya berpihak pada orang yang kaya raya, dan Kedua, kebebasan berpendapat di India sangat dikekang.

“Masyarakat India tidak meminta (pemblokiran) ini. Tetapi T-Series saja yang maksa,” ujar Yashvone.

https://twitter.com/imrahul_24/status/1116364408312045568

Saat ini, pembahasan mengenai PewDiePie di India terkesan dipolitisir oleh sejumlah politikus ultra-nasionalis. Selain itu, telah diketahui T-Series sendiri mengandalkan ultra-nasionalisme masyarakat India untuk mendapatkan subscribers lebih banyak dari Pewdiepie.

“Tentu saja bukan kita (Masyarakat India) yang minta,” ujar u/XENSAT di thread yang sama, “Tetapi banyak sekali nasionalis India yang melebih-lebihkan hal tersebut secara ekstrim dan mengira bahwa seseorang benar-benar menghina sebuah perusahaan musik yang entah mengapa menyerang negara mereka.”

“Ini sungguh menyedihkan. Saya warga India, dan aku masih melihat banyak sentimen ultra-nasionalis disini,” tuturnya.

Kasus ini sudah diterima oleh Hakim Tunggal yang bernama Jayant Nath, “Menurut ku, apabila video ini berhasil kita hapus dari Youtube, hal ini pasti akan menarik perhatian keadilan” Ucap Jayant. Pengadilan juga mengatakan bahwa sebelumnya saat pewdiepie mengupload Music Video pertamanya, Pewdiepie mengirim pesan kepada T-Series “Ini semua hanya untuk senang senang”, dan meyakinkan bahwa dia tidak akan mengupload video seperti ini lagi. Tetapi pada tanggal 31 Maret pewdiepie mengupload Music Video keduanya.

Pengadilan juga memerintahkan Youtube untuk segera menghapus dua video tersebut dan mempastikan bahwa video tersebut tidak akan tersebar lagi. Masalah ini akan dibahas kembali pada tanggal 15 Juli nanti.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.