Beranda » spam detection » Kenalan Dengan Yatman, Pembuat Patung Gundam Yang Viral!

Kenalan Dengan Yatman, Pembuat Patung Gundam Yang Viral!

JAWA TENGAH – Patung Gundam Exia, yang akhir-akhir ini viral di media sosial Indonesia maupun Jepang, ternyata bukanlah ‘buatan orang Majapahit’. Patung tersebut ternyata dibangun oleh seorang pria asal Desa Barukan, Tengaran, yaitu Yatman (31). Dilansir dari Detik, patung tersebut ia buat 8 tahun lalu.

Yatman sendiri mengaku tak tahu siapa orang yang membuat patung tersebut dapat dikenal secara luas. “Saya nggak nyangka aja kalau viral, bahkan ada yang bilang kalau itu gundam peninggalan Majapahit. Saya aja yang nyebarin siapa juga nggak tahu. HP saya nggak kuat dibuat instagram, tahu kalau udah viral malah dari teman-teman,” ujar Yatman saat diwawancarai detikcom. Patung Gundam Exia tersebut berada persis didepan rumahnya yang ada di Desa Barukan, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.

Ia juga menuturkan, alasan ia membangun patung tersebut adalah sebagai penanda rumahnya bagi teman-temannya yang ingin berkunjung ke rumah Yatman. Ia sendiri mengaku bahwa ia mencintai/nge-fans dengan Gundam, dan itulah alasannya membangun patung tersebut.

“Tapi nggak tahunya malah sekarang viral, ya sudah lah gak apa-apa, yang penting positif,” ujarnya.

Pria yang dulunya merupakan penjual bahan bangunan itu mengatakan, bahwa ia membangun patung tersebut dengan semen dan kerangka besi kolom. “Kalau soal ukuran intinya saya usahakan presisi, jadi pakai skala perbandingan yang tepat antara kepala, tangan, dan badan,” ujar Yatman. Patung setinggi 2 meter tersebut dibuatnya seorang diri. Selain itu, Yatman dulunya juga sering membuat helm Gundam dari barang bekas.

Walaupun cemooh terus datang dari para warga, ia tetap pede mengerjakan kegiatannya. “Tetapi sekarang viral ya mereka dulu yang tahu,” ujarnya, “Saya dulu buat ini, setelah pulang kerja, tiap malam saya buat. Sampai diprotes istri, tapi mau gimana lagi, saya suka soalnya. Nanti kalau ada rejeki dan waktu luang saya buat satu lagi sekaligus menyempurnakan Exia.”

Kini, Yatman tengah menjalankan bisnis jual-beli rumah antik, dan berkeinginan untuk menambah patung Gundam di depan rumahnya sebagai rasa syukurnya karena patung Exia miliknya diapresiasi banyak masyarakat.

Gundam Exia sendiri muncul dalam serial Mobile Suit Gundam 00 dan menjadi salah satu seri Gundam terlaris di Jepang. Film hingga Model Kit seri tersebut paling diburu oleh para penggemar.

Loading...