Beranda » embedded content » Kazuhiko Katou, Mangaka Lupin III Meninggal Dunia

Kazuhiko Katou, Mangaka Lupin III Meninggal Dunia

Kazuhiko Katou, atau yang lebih dikenal sebagai “Monkey Punch” telah meninggal dunia. Beliau yang terkenal karena karya “Lupin III” yang terbit sejak 1968 tersebut mengembuskan napas terakhirnya pada 11 April dikarenakan Pneumonia yang diderita olehnya.

Berita yang dilansir oleh Mainichi Mantan tersebut, Membuat sekian pelaku kreatif se-Jepang hingga komunitas Otaku yang menggeluti Manga-Anime turut berbelasungkawa. Namun, belum ada jadwal pelayanan untuk almarhum yang diumumkan hingga saat ini.

Katou sendiri lahir di Hamanakka, Hokkaido pada 26 Mei 1937 dan memulai karirnya sebagai mangaka pada tahun 1965, disaat seri pertamanya Playboy School dicetak di majalah Futabasha Manga Story. Tentu saja, ia paling dikenal berkat Lupin III, yang pertama kali ia buat pada Juli 1968 dan kemudian diadaptasi menjadi TV Anime pada 1971, hingga dijadikan seri sequel, edisi teatrikal film, dan lain-lain.

Lupin III Kazuhiko Katou

Selama meniti karir, Katou sering mendapat sejumlah penghargaan. Misalnya INKPOT Award dari SDCC (San Diego Comic Convention), d’Oro Award dari Festival Komik Roma ROMICS, Lifetime Achievement Award AMD, dan Tokyo Anime Award Lifetime Achievement Award. Selain itu, ia juga mengajar sebagai dosen bidang seni dan manga di sejumlah universitas.

Loading...