Beranda » harga » Katedral Notre Dame Dapat Dibangun Lagi Berkat “Assassin’s Creed”

Katedral Notre Dame Dapat Dibangun Lagi Berkat “Assassin’s Creed”

PARIS – Katedral Notre Dame pada hari Senin (15/4) waktu setempat terbakar hebat. Api melahap sebagian atap dari katedral kebanggaan umat Khatolik yang terletak di Paris, Perancis tersebut. Presiden Perancis Emmanuel Macron sendiri berjanji untuk membangun kembali katedral ikonik tersebut. Namun, rekonstruksi bangunan gaya Gothic Perancis tersebut mungkin dapat memakan waktu lama, dari satu tahun hingga lebih dari satu dekade.

Namun kabar yang cukup mengejutkan datang dari linimasa Twitter. Dilansir dari SFGate, sebuah peta 3D (Tiga Dimensi) dari katedral tak lama ini telah dibuat. Hannah Groch-Begley, seorang sarjana Ph.D, menerangkan sebuah karya tiga dimensi buatan Andrew Tallon, seorang sejarawan seni, yang menggunakan laser untuk memindai katedral tersebut secara akurat untuk membentuk sebuah model 3D yang benar-benar sesuai dengan bentuk katedral Notre Dame yang asli.

“(Sinar Laser) dipasang pada tripod, dan kemudian laser memindai seisi katedral, dan mengukur jarak diantara pemindai dan disetiap titik yang terkena laser. Tiap pengukuran laser diwakili oleh garis berwarna, yang secara kumulatif dapat membentuk gambar tiga dimensi katedral,” ujar Tallon saat diwawancarai National Geographic (berdasarkan artikel Groch-Begley).

“Jika pekerjaan Anda telah dilakukan dengan benar,” kata Tallon kepada majalah itu, “pemindaian itu akurat hingga lima milimeter.” Sayangnya, Groch-Begley mengatakan bahwa Tallon telah meninggal akhir tahun lalu.

Assassin’s Creed Bisa Jadi ‘Penolong’ Notre Dame!

Katedral Notre Dame di AC:Unity

Jika ditanya, manakah game dengan peta lokasi dan bangunan ‘buatan’ yang sempurna hingga detil-detilnya, mungkin hanya Assassin’s Creed jawabannya. Dan jawaban ini berlaku untuk Katedral Notre Dame, yang juga difitur dalam game Assassin’s Creed Unity.

Seri AC:Unity memiliki latar belakang Paris, Perancis. Dan seorang developer dari game tersebut, yaitu Caroline Miousse, dilansir dari Polygon mengatakan bahwa ia menghabiskan sekiranya dua tahun untuk membuat replika Notre Dame dalam game tersebut hingga detil terkecilnya, yaitu batu.

Yang menarik, sejumlah artefak yang tidak terpakai dalam katedral tidak dimasukkan dalam desain peta di AC:Unity. Sebelum kebakaran, tepatnya pada hari Kamis (11/4), 16 patung keagamaan dipindahkan untuk pertama kalinya dalam satu abad terakhir guna dibersihkan, dan untungnya lolos dari kobaran api. Dikutip dari SFGate, patung-patung tersebut mewakili 12 rasul dan 4 penginjil.

Penyebab Kebakaran Katedral Notre Dame Belum Dapat Dipastikan

Notre Dame
Kebakaran di Notre Dame, Paris, Perancis

Kebakaran tersebut menyebabkan menara katedral runtuh dan api menyebar ke salah satu menara utama berbentuk persegi panjang. Tetapi, Kepala Damkar Paris Jean-Claude Gallet mengatakan struktur gereja dapat diselamatkan setelah petugas pemadam kebakaran berhasil menghentikan api yang menyebar ke menara tempat lonceng bergantung di utara.

Penyebab pasti dari kebakaran tersebut belum diketahui hingga saat ini. Tetapi media Prancis mengutip brigade pemadam kebakaran Paris yang mengatakan kebakaran itu “berpotensi terkait” dengan proyek renovasi senilai $6,8 juta pada menara gereja dan 250 ton timah. Kantor kejaksaan Paris mengesampingkan pembakaran dan kemungkinan motif terkait teror, dan mengatakan itu memperlakukannya sebagai kecelakaan.

 

Loading...