Beranda » Telkomsel » Gelar Decacorn Milik Gojek Dipertanyakan

Gelar Decacorn Milik Gojek Dipertanyakan

Baru baru ini, Gojek menyandang gelar Decacorn, tapi beberapa hari kemudian hal ini dipertanyakan karena ada beberapa keanehan.

Decacorn

Gelar Decacorn Go-Jek dipertanyakan

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya di salah satu artikel Nawala Karsa yang berjudul Go-Jek sekarang berubah menjadi Decacorn!

Beberapa hari kemudian terjadi keanehan, menurut dua sumber Go-Jek ini mereka berbicara dengan TechCrunch bahwa nilai mereka hanyalah US$9,5 miliar, sedangkan untuk menyandang gelar Decacorn, anda harus memiliki nilai diatas US$10 miliar. Tentu saja ini menimbulkan tanda tanya besar.

Laporan dari dua sumber ini seperti membantah hasil Riset sebuah platform analisis global yang bernama CB Insights. CB Insights mencantumkan nama Go-Jek di posisi 19 dengan nilai US$10 miliar sedangkan Grab di posisi 15 dan posisi pertama ditempati oleh Bytedance. untuk lengkapnya anda bisa melihat nya di sini.

Hal ini menjadi menarik karena Grab juga tidak mencantumkan nilai ‘sebenarnya’, nilai Grab adalah US$14, tetapi di sana dituliskan bahwa nilai Grab adalah US$11 miliar.

“Tidak ada perusahaan yang secara resmi mengumumkan nilai mereka. Tetapi angka kedua perusahaan ini bocor ke media. Jadi masih belum jelas mengapa CB Insights menggunakan nilai yang belum di konfirmasi” Ucap TechCrunch.

CB Insights menggunakan data nilai perusahaan menggunakan Machine Intellegence secara real-time. Data ini juga dikumpulkan melalui nilai Investasi yang masuk ke suatu perusahaan atas nilainya.

Pada awal tahun 2019 gojek mengumumkan bahwa mereka mendapatkan pendanaan dari perusahaan besar yang sudah terkenal, yaitu Google, Tencent, Mitsubishi. Berkat pendanaan itu mereka mendapatkan nilai sekitar US$1 miliar.

Dengan suntikan dana tersebut, Go-Jek mendapatkan nilai sebesar US$8 hingga US$10 miliar saat itu.

Loading...