Donald Trump Akan Temui Kaisar Baru Jepang Pada 25-28 Mei Nanti!

TOKYO – Presiden Amerika Serikat Donald Trump beserta istrinya dijadwalkan akan mengunjungi Jepang dari tanggal 25 hingga 28 Mei. Amerika Serikat merupakan tamu pertama bagi Kaisar Jepang yang baru, yaitu Putra Mahkota Naruhito. Selain itu, pertemuan tersebut diadakan untuk mempererat hubungan diplomatik Jepang dan Amerika Serikat.

Juru bicara pemerintah Jepang Yoshihide Suga menyebut, bahwa Jepang akan menerima Presiden Donald Trump beserta istrinya sebagai tamu kenegaraan pertama di era Reiwa (dalam artian, dengan kaisar yang baru). “Ini melambangkan hubungan diplomasi Jepang dan Amerika Serikat yang tak tergoyahkan,” ujar Suga.

Sementara itu, pemerintah AS dalam pernyataannya pada hari Kamis (18/4) lalu mengatakan, bahwa kunjungan tersebut akan mempererat hubungan warga Amerika dengan Jepang. Dan sekaligus akan menyoroti pentingnya kerjasama antar kedua negara, yang berkelanjutan.

Kaisar Akihito, di kiri dan Putra Mahkota Naruhito

Selama kegiatan berlangsung, Presiden Trump dijadwalkan untuk bertemu dengan Putra Mahkota Naruhito (yang telah dibaiat menjadi Kaisar baru di Jepang), dan menghadiri jamuan kenegaraan yang akan diadakan di Istana Kekaisaran.

Sementara itu, pertemuan Trump dengan Shinzo Abe direncanakan akan membahas mengenai kerjasama mereka dalam mendesak Korea Utara untuk memenuhi janji mereka. Janji Korea Utara yaitu melakukan Denuklirisasi, dan menyelesaikan kasus penculikan yang dilakukan oleh rezim Pyongyang.

Keduanya diperkirakan akan bertemu antara bulan April dan Juni, dan mungkin akan membahas tentang perdagangan.

Trump Akan Nonton Sumo!

Donald Trump Shinzo Abe
Donald Trump dan Shinzo Abe, dalam Pertemuan G20 (Foto: KYODO News)

Donald Trump diperkirakan akan menyaksikan secara langsung pertandingan Sumo dan juga memantau pergerakan kapal penyerang Izumo, yang merupakan kapal perang terbesar Jepang setelah Perang Dunia.

Shinzo Abe sendiri secara pribadi telah membangun hubungan pribadi yang cukup dengan Donal Trump, ia menaruh prioritasnya pada penguatan kerjasama bilateral dibidang keamanan melalui pertemuan langsung dan juga telewicara antar keduanya.

Shinzo Abe sendiri juga direncanakan untuk datang ke Washington D.C mulai tangga 26 hingga 27 April mendatang guna membahas sejumlah topik penting seperti masalah Korsel-Korut, sementara Presiden AS sendiri akan datang lagi ke Jepang untuk menghadiri gelaran penting yaitu Pertemuan G20 di Osaka, pada bulan Juni mendatang.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.