Beranda » Telkomsel » Developer Playstation Ungkap Spesifikasi dan Performa Playstation 5!

Developer Playstation Ungkap Spesifikasi dan Performa Playstation 5!

Sudah 5 tahun sejak Playstation 4 rilis pada tahun 2014 kemarin, sekarang saatnya playstation merilis konsol baru mereka. Sampai saat ini Sony sudah merilis ‘mini-sequel’ mereka yaitu PS4 Pro.

Mark Cerny
Mark Cerny, Lead Architect

Playstation 5 Tak akan Dirilis Dalam Waktu Dekat

Mark Cerny, Lead Architect Playstation mengatakan bahwa Playstation 5 akan menjadi next-gen Console dan tidak akan ada di toko dalam waktu dekat ini. Beberapa studio game sudah mulai mengerjakan game untuk Console ini. Baru baru ini Sony mempercepat pengerjaannya agar para developer game memiliki waktu yang cukup untuk melakukan setting terhadap game yang dibuat.

 

AMD

Audio dan Visual yang menyamai Dunia Nyata

Konsol ini akan menggunakan generasi ketiga AMD Ryzen sebagai ‘jantung’ nya, dan akan menggunakan 8 core pada chipset nya. Untuk GPU, konsol ini akan menggunakan Radeon family yang mengsupport ‘Ray Tracing‘. Ray Tracing adalah sebuah teknik yang sering digunakan di perfilman Hollywood yang digunakan untuk merender objek 3D yang rumit, sampai saat ini tidak ada konsol yang mampu melakukan hal ini.

Dengan Ray Tracing visual pada game akan terlihat lebih nyata, refleksi pada cermin ataupun cahaya akan dirender menjadi lebih nyata.

AMD Chipset ini juga mensupport 3D Audio yang Cerny pikir bisa membuat player merasa ‘berada di dalam game’, “Tidak banyak yang berubah pada Audio Playstation 3 dan Playstation 4, Karenanya kami mencoba membuat Audio Experience yang baru dengan memanfaatkan fitur ini” Ucap Cerny.

Dengan fitur ini, player akan merasakan darimana arahnya datang suara di dalam game tanpa perlu menggunakan hardware tambahan. Cerny mengibaratkan fitur ini akan mirip dengan suara yang ada dalam Virtual Reality, yaitu player akan lebih merasakan keberadaan suara tersebut.

Hard Drive yang menjadi kunci Next-Generation

Mark Cerny mengucapkan bahwa Internal Storage akan menjadi ‘kunci’ dari Next-Generation. Read Dead Redemption 2, yang berukuran 90 GB membuat Loading Time pada PS4 menjadi sangat lama karena harus mengambil data yang sangat besar dari Hard Drive. Akhirnya Cerny berfikiran bahwa ini saatnya untuk menambahkan SSD(Solid State Drive) pada konsol Next-Generation ini.

SSD yang akan digunakan di konsol ini akan dibuat secara ‘spesial’ untuk konsol Next-Generation. Mark Cerny mendemonstrasikan hal ini dengan memainkan game Spider-Man di PS4 Pro yang tidak menggunakan SSD. Mark mencoba melakukan Fast-Travel di dalam game dan waktu yang dibutuhkan untuk meng-load map adalah 18 detik, lalu Mark melakukan nya lagi di PS4 Pro yang menggunakan SSD dan hal ini hanya membutuhkan 0.8 Detik.

Konsol

Mark Cerny menambahkan bahwa dengan SSD, ini akan membuka ‘New Age Of Gaming’, “Biasanya kita menampilkan Logo saat game mulai di start, ataupun loading time yang lama. Dengan SSD hal ini bisa teratasi, karena kita tidak ingin membuat Player menunggu” Ucap Mark.

Masih Bisa Lakukan ‘Digital Download’

Playstation 5 tidak akan hanya menerima Media Fisik. Tetapi anda masih bisa melakukan download game digital seperti yang biasa dilakukan pada Playstation 4. Playstation 5 juga bisa melakukan Backward Compatible tapi hal ini belum bisa dikonfirmasi oleh Mark Cerny.

Nampaknya semua yang dibeberkan oleh Mark Cerny kepada Wired telah memberikan kita semua gambaran menarik mengenai konsol masa depan milik Playstation ini. Dan sudah dapat diperkirakan bahwa harga konsol terdahulunya akan turun harga. Kalian tertarik untuk membelinya?

Loading...