Beranda » Pop Kultur » Logo Baru TVRI Resmi Diluncurkan, Sesuai Dengan Prediksi Redaktur Kami!

Logo Baru TVRI Resmi Diluncurkan, Sesuai Dengan Prediksi Redaktur Kami!

TVRI pada hari Jumat (29/3) pukul 20.20 WIB resmi melaunching logo terbaru mereka. Ini merupakan logo kedelapan mereka sejak logo terakhir mereka yang dilaunching sekitar tahun 2007. Presiden Direktur TVRI Helmy Yahya meresmikan logo tersebut dihadapan para hadirin yang ada di Auditorium TVRI.

Helmy Yahya sendiri mengatakan dengan perilisan logo TVRI ini akan menjadi langkah terbaru bagi televisi publik tersebut untuk memberikan konten-konten menarik bagi para pemirsa di seluruh Indonesia. Ia mengatakan, bahwa TVRI akan bekerjasama dengan Discovery Channel, kanal pengetahuan dari luar negeri. Ia turut memohon kepada pemerintah untuk memperlonggar izin dan membantu pendanaan TVRI. “Jangan lupa naikkan anggaran kami” ujarnya diiringi tawa oleh para penonton.

“Logo ini memang berkelas, simple,” ujar Helmy Yahya dalam video launching TVRI, “Semoga dengan perubahan ini, TVRI semakin dicintai.”

Logo kedelapan TVRI ini sebelumnya memang telah tersebar luas di sosial media Facebook oleh inisial RA. Kini, video tersebut telah dihapus atas permintaan pak Apni, selaku direksi TVRI. Sementara itu, berdasarkan keterangan dari karyawan TVRI daerah (lokasi kami rahasiakan), logo tersebut telah disosialisasikan sebelumnya oleh Helmy Yahya ke seluruh TVRI di daerah.

Melakukan Reka Ulang Logo TVRI, dan Menduga…

Redaktur Nawala Karsa bersama seorang graphic designer bernama Ari Subagyo membuat ulang/mereka ulang logo TVRI tersebut, sesuai dengan keterangan dari sumber-sumber terkait. Selain itu, kami turut memastikan apakah logo tersebut sesuai atau tidak dengan teaser yang anda lihat sebelumnya di akun TVRI.

Logo baru TVRI
Rekaan Logo TVRI versi Plain ini ternyata yang dipilih untuk on air logo dan off air logo! (Reka ulang: Ari Subagyo)

Logo diatas merupakan logo yang akhirnya digunakan oleh TVRI. Sebelumnya, kami juga mendapatkan kabar bahwa logo yang digunakan TVRI melibatkan ‘bola dunia’ namun pada saat peluncurannya pada pukul 20.20 WIB, hanya logo versi Plain yang ternyata digunakan, dan juga, Typeset logo yang digunakan televisi tersebut sedikit berbeda dengan hasil rekaan rekan kami.

Rekaan seluruh varian logo baru TVRI berdasarkan keterangan sejumlah sumber (Reka Ulang: Ari Subagyo)

Setelah menyesuaikan dengan keterangan dari media sosial dan sejumlah orang, kami berhasil membuat logo TVRI dalam bentuk berikut. Nampak TVRI telah berhasil menanggalkan kata sambung TV dan RI yang telah lama dipakai sejak era 80-an. Penggunaan warna Navy dan Light Blue membuat citra TVRI lebih segar dan siap menyongsong masa depan bersama penonton baru yaitu Milenial.

Nampaknya pak Helmy beserta rekannya pak Apni berhasil merubah citra TVRI. Semoga dengan rebrand nanti, TVRI dapat menjadi media pemersatu bangsa yang sesungguhnya, dan juga diharapkan acara yang dihadirkan dapat lebih segar dan menarik bagi para pemirsa baru.

Setelah kami bandingkan dengan logo yang resmi TVRI publikasikan, terdapat berbedaan di warna logo dan typeset logo. Namun, secara kasar, logo TVRI versi resmi dan versi kami sama persis.

Kami dari Redaktur Nawala Karsa mengucapkan selamat kepada TVRI yang berhasil melaunching logo terbarunya. Semoga launching logo ini, TVRI semakin diminati publik, dan jangan lupa dengan konten-kontennya!

Kami turut meminta maaf telah mempublikasikan logo TVRI sebelum hari perilisan logo tersebut. Hal itu diluar kehendak kami dan kami sangat menyadari masalah tersebut, maka dari itu, artikel terkait telah kami hapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Loading...