Hayao Miyazaki dan Anaknya Dikabarkan Buat Film Ghibli Baru

HAYAO MIYAZAKI – Spekulasi bermunculan dari netizen setelah produser Vincent Marazal mengunggah cuitan di laman Twitter pribadinya:

Kalau kalian tidak bisa bahasa Perancis, cuitan Vincent yang disadur dari Konbini ini kurang lebih berbunyi:

“Sungguh, Miyazaki dan sang anak lagi sibuk. Dua proyek Studio Ghibli sedang dalam pengerjaan dan artwork-nya ke-ren gi-la! Duh, seneng banget.”

 

Perkataan ini berani Vincent lontarkan setelah beliau mengunjungi Studio Ghibli tidak lama belakangan. Vincent Maraval adalah produser yang telah mengantarkan beberapa karya art-house seperti Blue Is The Warmest Color, Only God Forgives, Enter the Void, dan banyak lagi. Itu dari segi live-action.

Kalau soal animasi, Vincent adalah salah satu orang yang paling berjasa secara global bagi Ghibli. Di 2001, Vincent dan perusahaan distribusinya, Wild Bunch, membantu menyebarkan satu film Studio Ghibli Spirited Away ke luar Jepang. Semenjak Spirited Away menang sebagai film animasi terbaik pada tahun 2002, hal ini membuka peluang Ghibli untuk memiliki spot di ajang penghargaan Academy Awards. Semua tidak akan terjadi kalau Vincent tidak berinisiatif merilis Spirited Away.

Sebagai orang punya pengalaman baik dengan Studio Ghibli dan Miyazaki, bocoran dari Vincent bisa dipegang. Kurang lebih.

Kita tidak bisa terlalu yakin sebelum ada konfirmasi dari pihak Studio Ghibli, tetapi kabar ini sebaiknya ditanggapi dengan senang hati.

Karya terakhir Hayao Miyazaki untuk saat ini adalah The Wind Rises yang rilis pada tahun 2013. Salah satu proyek Hayao yang dirumorkan beberapa tahun belakangan adalah adaptasi novel How do You Live?. Kalau frasa “beberapa tahun” belum cukup, Boro the Caterpillar adalah proyek yang beliau garap selama dua puluh tahun belakangan.

Hayao Miyazaki memiliki dua orang anak laki-laki yang juga bekerja di industri kreatif. Goro Miyazaki adalah seorang sutradara dengan Tales from Earthsea dan From Up on Poppy Hill (salah satu film terbaik Ghibli, imo) dalam portofolionya. Kakaknya, Keisuke Miyazaki adalah seniman yang lebih mengurusi hal detil seperti efek visual.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.