Beranda » 10 Years Challenge? Inilah 10 Anime Yang Tayang Di Tahun 2009

10 Years Challenge? Inilah 10 Anime Yang Tayang Di Tahun 2009

Sosial media sedang ramainya tren “10 Years Challange” dan para netizen pun satu per satu ikut serta meramaikannya. “10 Years Challange” adalah tren meme yang sering kalian temukan di sosial media. Meme ini mirip dengan “Then and Now”, dimana kita membandingkan atau menunjukkan sebuah foto atau gambar lama dengan yang baru. Biasanya mereka membandingkan foto seseorang, benda atau objek tertentu. Bedanya “10 Years Challange” lebih fokus ke jarak perbedaan dalam waktu 10 tahun yang lalu.

Tren “10 Years Challange” juga ikut menyebar di dunia otaku. Pastinya Anime telah mengalami perubahan pesat dari segi animasi dan juga alur cerita selama 10 tahun ini. Masih ingatkah kalian anime apa saja yang tayang 10 tahun yang lalu? Jika kalian lupa atau saat itu belum menjadi otaku, inilah 10 anime yang tayang perdana di tahun 2009.

10. Zoku Natsume Yuujinchou

Zoku Natsume Yuujinchou melanjutkan cerita season pertama (Source: MyAnimeList)

Zoku Natsume Yuujinchou adalah lanjutan dari seri anime Natsume Yuujinchou. Menceritakan seorang anak muda bernama Takashi Natsume yang memiliki kemampuan melihat youkai sejak kecil. Natsume mencoba untuk mengembalikan nama-nama yang tertulis di buku bekas peninggalan neneknya. Petualangan Natsume bersama dengan youkai bernama Madara (dipanggil Nyanko-sensei) memiliki banyak cerita unik. Tentu saja akan ada konflik dimana salah satu youkai jahat mencoba untuk merebut buku itu dari Natsume.

9. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Penceritaan ulang dari versi anime Fullmetal Alchemist yang lebih bagus (Source: IMDb)

Pasti kalian pernah mendengar seri manga dan anime hasil karya Hiromu Arakawa berjudul Fullmetal Alchemist. Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah penceritaan ulang anime Fullmetal Alchemist yang sebelumnya pernah tayang pada tahun 2003. Bedanya versi ini mengadaptasi sumber cerita yang hampir mendekati dengan versi manga dan meng-cover semua cerita yang ada ke dalam anime.

8. Umineko no Naku Koro ni

Adaptasi anime berdasarkan game visual novel (Source: MyAnimeList)

Salah satu adaptasi anime berdasarkan game visual novel dengan judul yang sama oleh penulis Ryukishi07 dari circle doujin 07th Expansion. Anime ini memiliki cerita misteri dimana semua karakter di dalamnya mencoba untuk bertahan hidup dari pembunuh yang diduga adalah satu dari mereka. Tidak lupa juga dengan unsur supernatural berkat keberadaan Golden Witch bernama Beatrice.

7. Ookami to Koushinryou II

Cerita perjalanan seorang pedagang keliling bersama dewi panen (Source: MyAnimeList)

Lanjutan adaptasi anime dari light novel karya Isuna Hasekura berjudul Ookami to Koushiryou atau lebih dikenal dengan nama Spice and Wolf. Menceritakan perjalanan seorang pedagang keliling bernama Kraft Lawrence bersama dengan dewi panen bernama Holo. Meskipun Spice and Wolf berada di waktu zaman pertengahan, ceritanya akan berfokus ke sistem perdagangan dan ekonomi yang menarik. Tidak lupa juga perkembangan kisah romantis antara Kraft dengan Holo.

6. Hayate no Gotoku!!

Butler yang hidupnya selalu sial (Source: Wikia)

Hayate no Gotoku adalah salah satu serial manga komedi percintaan karya Kenjiro Hata. Butler yang serba bisa dan memiliki banyak harem di sekitarnya, tapi apa daya hidupnya selalu sial. Di tahun 2009, Hayate no Gotoku mendapatkan adaptasi anime season 2. Masih sama dengan season sebelumnya, anime Hayate no Gotoku!! masih memberikan cerita yang lucu dan kocak. Bahkan beberapa episode merupakan cerita baru yang tidak ada di manga seperti di season pertama.

5. Fairy Tail

Petualangan Natsu dan teman-temannya yang seru dan menarik (Source: Imgur)

Di tahun 2009 menjadi awal petualangan Natsu dan teman-temannya dalam adaptasi serial anime. Salah satu manga karya dari Hiro Mashima, Fairy Tail sudah tidak asing lagi bagi para otaku. Anime Fairy Tail menyajikan petualangan seru, aksi pertarungan luar biasa dan komedi yang menghibur sesuai dengan manga.

4. Bakemonogatari

Bakemonogatari awal cerita dari seri Monogatari (Source: Rice Digital)

Kisah misteri yang disertai makhluk-makhluk supernatural dan keanehan yang ada di sekitar Koyomi Arararararararagi Araragi. Bakemonogatari adalah adaptasi anime pertama dan awal mula cerita dari serial light novel Monogatari karya Isin Nisio. Tidak lupa juga bahwa anime ini di adaptasi oleh studio SHAFT dengan ciri khas “Head Tilt” yang sudah tidak asing lagi bagi para otaku.

3. Toaru Kagaku no Railgun

Toaru Kagaku no Railgun berfokus ke Misaka Mikoto (Source: Aminoapps)

Toaru Kagaku no Railgun adalah salah satu serial light novel dan anime dari Toaru Kagaku no Index yang berfokus kepada karakter Misaka Mikoto. Penonton akan melihat sisi lain dari kehidupan Misaka Mikoto yang sebelumnya mendapat peran sedikit. Tentu saja akan ada kejadian unik, mulai dari aksi luar biasa sang Esper level 5 dan sifat tsundere Misaka Mikoto saat bertemu dengan Kamijou Touma.

2. K-On!

Anime cute girls doing cute things (Source: Wikia)

Cute girls doing cute things, itulah yang bisa disebutkan dari anime K-On. Berdasarkan manga karya Kakifly, menceritakan kehidupan sehari-hari Yui Hirasawa dan anggota band Light Music Club di sekolah. Salah satu anime yang sukses dari studio Kyoto Animation (Violet Evergarden, Hyouka). Anime ini menyajikan cerita santai dan musik orisinal yang menjadi hits bagi para otaku.

1. Suzumiya Haruhi no Yuuutsu

Anggota dari klub SOS (Source: Nyafuu)

Ada yang masih ingat dengan Endless Eight? Beberapa orang yang sudah menonton Suzumiya Haruhi no Yuuutsu pasti ingat dengan istilah ini. Siapa sih yang tidak bisa melupakan Endless Eight Arc di seri Suzumiya Haruhi? 8 episode anime dengan cerita, adegan, pembicaraan, dan permasalahan sama yang diulang secara terus-menerus membuat para otaku pasti akan selalu mengingatnya. Adaptasi anime Suzumiya Haruhi no Yuuutsu oleh studio Kyoto Animation sukses membuat banyak orang menjadi trauma.

Itulah 10 anime yang tayang tahun 2009. Masih ada banyak lagi anime yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Jika kalian tiba-tiba merasa kangen masa-masa saat menontonnya di tahun 2009, itu berarti kalian sudah tua.

Loading...