Hebat! CIAYO Comics Bekerjasama Dengan Neocomix

RILIS PERS – Portal komik merah-putih CIAYO Comics kembali membuat gebrakan. Platform asli Indonesia tersebut kini menjajaki kerja sama dengan Neocomix, sebuah platform penerbitan komik digital asal Korea Selatan. Neocomix merupakan sebuah platform komik yang mengandalkan teknologi AI untuk distribusi konten.

Neocomix meresmikan kerja sama dengan CIAYO Comics untuk menyajikan konten, serta membantu distribusi dan produksi konten komik. Kerja sama ini diresmikan dalam program Go To South East Asia – Jakarta di Hotel Mercure Sabang. Kerja sama ini merupakan salah satu upaya Neocomix untuk masuk ke pasar Indonesia di tahun 2019, dengan bermitra dengan perusahaan-perusahaan lokal. Dari Jakarta, Neocomix akan melakukan ekspansi ke Amerika Selatan dan India.

CEO Neocomix Matthew Kwon mengaku antusias bermitra dengan CIAYO Comics untuk masuk ke industri komik yang tengah berkembang di Indonesia. “Kami telah berdiskusi dan sepakat untuk menerbitkan konten komik domestik serta menggagas berbagai macam kolaborasi,” ungkapnya.

Matthew Kwon menekankan pentingnya pasar komik di Indonesia, dan secara luas, pengguna internet di Indonesia. “Ada 260 juta penduduk Indonesia, dengan 70 juta-nya merupakan pengguna YouTube. Dengan demikian, kami menyadari Indonesia sebagai titik strategis kami setelah Amerika Selatan dan India.” Kwon kembali menekankan bahwa kerja sama ini akan jadi titik masuk mereka ke pasar ASEAN.

Pandangan Kwon tersebut bukannya tanpa alasan. CIAYO Comics sebagai rekanan bisnis Neocomix membuktikan bahwa pasar komik di Indonesia memang tengah berkembang pesat. Dalam beberapa bulan terakhir aplikasi CIAYO Comics telah didownload sebanyak 1 juta lebih, dan lebih dari 500 ribu orang mengakses CIAYO Comics setiap bulannya.

“Kami sangat tersanjung dapat bekerja sama dengan Neocomix, karena saat ini CIAYO Comics sedang gencar untuk menambah content baru, dan kami sadar kami tidak dapat melakukan ini sendirian,” ungkap CTO CIAYO Corp, Victorio Primadi.

“Oleh karena itu pertemuan dengan Matthew merupakan sebuah win-win solution bagi kita untuk mengembangkan bisnis ini dengan menghadirkan IP-IP berkualitas dari Korea, dan kita juga akan berkolaborasi untuk membuat IP-IP baru bersama Neocomix nantinya,” jelas Victorio. Victorio juga menambahkan bahwa divisi game CIAYO Corp, CIAYO Games juga akan memproduksi game dari IP-IP yang lahir dari kerja sama ini. “Tunggu saja tanggal mainnya,” pungkasnya.

Tentang Neocomix

NEOCOMIX is a platform to publishing a webtoons for global market with A.I. Tech. Currently, Korean Webtoon markets are in crisis due to illegal Webtoons publishing sites. We should have global competition for Webtoon business but it brings huge expensives. NEOCOMIX has saved more than 99% of its global publishing costs by using A.I. Based on this, our goal is to connect Webtoons from around the world to subscribers from all over the world. Ultimately, we will create a new type of Webtoons ecosystem that is not dependent on major publishing companies or large corporations.

Tentang CIAYO Comics

CIAYO Comics adalah platform baca komik online terlengkap bagi milenial Indonesia. Di sini, kamu bisa baca komik online Indonesia yang beraneka ragam dari author favoritmu. Tersedia komik gaya Jepang, web komik, webtoon gratis, atau komik lokal. Dari segi genre, CIAYO Comics juga punya komik romance, comedy, horror, slice of life, drama, action, fantasy, dan juga genre special yang pastinya bisa memenuhi seleramu.

Segala webtoon karya anak Indonesia di sini dapat kamu baca secara gratis. Ingin membaca belakangan? Kamu juga bisa download komik dan langsung membacanya nanti. Tidak hanya itu, kamu juga mendapatkan update webtoon gratis terbaru langsung dari author kesukaanmu. Dan, kamu bahkan juga bisa meninggalkan komentar dan berinteraksi dengan mereka. Yuk, tunggu apa lagi? Pantengin CIAYO Comics biar kamu bisa terhubung dengan komunitas komik terbesar untuk milenial Indonesia!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.