Direvitalisasi, Beginilah Penampakan Stasiun Cakung Yang Baru!

Sejak Selasa, 9 Oktober 2018, PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai mengujicoba pemindahan layanan penumpang Stasiun Cakung. Pelayanan penumpang yang semula dilakukan di lantai 1, diubah menjadi ke Bangunan Baru, yang berada di lantai 2.

Bangunan ini dibuat oleh Kementrian Perhubungan dalam rangka pembaruan (modernisasi) stasiun sepanjang Lintas Manggarai-Cikarang, yang juga akan dibangun jalur Dwiganda (Double-double track). Stasiun Cakung merupakan stasiun eksisting pertama yang menggunakan bangunan baru sebagai tempat pelayanan penumpang.

Bangunan Baru Stasiun Cakung

Terdapat sejumlah fasilitas terbaru yang hadir di stasiun Cakung yang baru, yaitu:

  • 3 unit loket pembelian/penukaran tiket,
  • 1 unit loket penyelaras tarif,
  • Mesin Tiket Otomatis (Belum Terpasang),
  • 9 unit gerbang tiket elektronik,
  • Toilet (Laki-lak, perempuan, dan disabbilitas),
  • Musala,
  • Tangga (akses masuk/keluar stasiun dan akses dari/menuju peron),
  • Eskalator (akses dari/menuju peron, tersedia 1 unit/peron),
  • Lift (akses masuk/keluar stasiun, hanya di sisi selatan stasiun, serta akses dari/menuju peron, tersedia 1 unit/peron),
  • Tempat duduk,
  • Tempat bersandar.
  • serta, peron sudah dilengkapi dengan ubin pemandu untuk penumpang tunanetra.

Nantinya stasiun ini akan memiliki 6 jalur, 4 Jalur Commuter Line yang terhubung ke jalur eksisting, serta 2 Jalur Kereta Jarak Jauh, yang terhubung ke jalur dwiganda yang sedang dibangun. Sampai jalur dwiganda selesai dibangun, stasiun Cakung masih melayani penyusulan kereta.

Loket Perjalanan di sisi Utara

Nantinya, stasiun Cakung juga terintegrasi langsung dengan Transjakarta Koridor XI (Pulogebang-Kampung Melayu). Salah satu akses stasiun di sisi Utara menghadap langsung akses Halte Transjakarta yang baru dibuat (namun belum beroperasi).

Selain stasiun Cakung, masih banyak stasiun di lintas Manggarai-Cikarang yang masih diperbarukan, termasuk stasiun Manggarai dan Cikarang itu sendiri. Berikut adalah rinciannya:

  • Di Stasiun Manggarai sedang ada pembangunan pondasi bangunan baru di jalur 6 dan 7 yang lama.
  • Di Stasiun Jatinegara sedang ada pembangunan peron dan pemadatan tanah untuk rel di jalur 3 yang lama.
  • Stasiun Klender sudah dalam tahap penyelesaian, sudah dilakukan penyesuaian peron baru.
  • Stasiun Buaran sedang dalam proses penyelesaian pula, di sisi akses masuk stasiun.
  • Stasiun Klender Baru, Kranji, Tambun, dan Telaga Murni sedang dalam tahap pembangunan.
  • Stasiun Bekasi belum terlihat pembangunannya.
  • Serta Stasiun Cikarang yang belum mengalihkan pengoperasional perjalanan KRL di peron baru.

Seluruh stasiun tersebut selain Stasiun Telaga Murni dibangun oleh Kementrian Perhubungan, sementara Stasiun Telaga Murni dibangun oleh Metland Cibitung.

 

 

 


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.