Segera Digelar, Jiyuu Matsuri 2018 Hadirkan Sejumlah Lomba dan Workshop

Jakarta, INDONESIA – Jiyuu Matsuri, festival Jepang-Indonesia  yang diadakan oleh para mahasiswa Prodi Bahasa Jepang, Universitas Negeri Jakarta, tahun ini memasuki umur ke-10 tahun!

Sebelumnya, pada tahun 2017, Jiyuu Matsuri mengangkat tema “Digitized World” yang sukses dan dikunjungi oleh belasan ribu pengunjung. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini Jiyuu Matsuri bertemakan “Art of Harajuku” yang berarti Seni Harajuku.

Setiap tahunnya  Jiyuu Matsuri diselenggarakan di Kampus A, Universitas Negeri Jakarta. Jiyuu Matsuri “Art of Harajuku” akan diselenggarakan pada 3-4 November 2018. Seperti namanya sendiri, jiyuu yang berarti bebas dalam bahasa Indonesia, Jiyuu Matsuri pun bebas dari harga tiket, alias GRATIS!

Meskipun gratis, Jiyuu Matsuri tetap memberikan banyak hiburan untuk para pengujung, dari perlombaan, permainan, hingga musik. Tahun ini  Jiyuu Matsuri mengundang RedShift, Hydra, dan masih banyak lainnya.

Bukan hanya itu, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mencoba yukata, tanzaku, games, obake yashiki (rumah hantu), dan tentunya dengan banyaknya stand pengunjung dapat dimanjakan dengan berbagai macam  kuliner khas Indonesia dan Jepang, serta berbagai merchandise khas Jepang yang unik dan menarik.

Tak hanya hiburan, Jiyuu Matsuri pun mengadakan workshop dan seminar yang bisa diikuti oleh para pengunjung. Sesuai dengan tema, “Art of Harajuku” yang identik dengan fashion dan menggemaskan, terdapat workshop Fuwa-Fuwa Tiramisu Pancake dan Beauty Class. Seminar pun tak kalah serunya, yaitu seminar Ekspresi Kreatif melalui Web Komik yang bekerja sama dengan CIAYO Comics, web komik asli buatan Indonesia.

https://www.facebook.com/JiyuuMatsuriUnj/photos/a.688681647817935/2351826418170108/?type=3&__xts__%5B0%5D=68.ARD7GSrgsrgNDAIZnNO8c4PwfUYa1KdynYGvL7kffqOjBLKCRuWMhK6Ro3xhQ76fBtRXFYelskjDdZQMUI2j0aP3wkSJ340j5bQIcXCJ4KVWYZ7QlJaCr64D-RDeZ66PaLcmrKlZjJln0d-SHnZZSdANHAC_5CRFoS53mPuEdFxvt5x57OKHIiQcXWcl0So711BX2RbEAJ3EkQQv6oHL8vVk8Bc&__tn__=-R

Dan di akhir acara, akan ditandai dengan pesta hanabi (kembang api) yang merupakan ciri khas Jiyuu Matsuri dari tahun ke tahun.

Workshop “Fuwa-Fuwa Tiramisu Pancake dan Beauty Class”

Jiyuu Matsuri “Art of Harajuku” mengadakan dua workshop, yaitu Fuwa-Fuwa Tiramisu Pancake dan Beauty Class. Pada workshop Fuwa-Fuwa Tiramisu Pancake, peserta akan ditemani oleh Noverina Rahma untuk membuat pancake yang meggemaskan. Selain itu, ada juga workshop Beauty Class bersama Sari Ayu, dengan tema No Makeup Makeup Look. Kedua workshop tersebut akan dilaksanakan pada 4 November 2018 di Gedung Q, Kampus A, Universitas Negeri Jakarta.

Yuk, segera daftar workshop Fuwa-Fuwa Tiramisu Pancake dan Beauty Class! Kalian bisa langsung menghubungi nomor 081286489148 (atas nama Ratna) untuk workshop Fuwa-Fuwa Tiramisu Pancake, dan 082213790149 (atas nama Regita) untuk workshop Beauty Class.

Seminar “Ekspresi Kreatif melalui Web Komik”

Tahun ini, Jiyuu Matsuri “Art of Harajuku” mengajak kalian untuk mengikuti seminar mengenai web komik yang sedang digandrungi banyak orang saat ini. Seminar ini didukung oleh CIAYO Comics, web komik asli Indonesia, yang juga akan ditemani oleh Ditta Amelia, author dari komik Blue Serenade, Dike Akbar, author dari komik Crush, dan Fahmi Hamka, scouting talent dari CIAYO Comics.

Seminar “Ekspresi Kreatif melalui Web Komik” akan dilaksanakan pada 3 November 2018, pukul 08:00 WIB, di Aula Maftuchah, gedung Dewi Sartika  Lt.2, Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Kalian bisa menghubungi Safanah di nomor 089505370980 untuk informasi lebih lanjut.

Lomba Makan

Seperti Jiyuu Matsuri tahun lalu, lomba makan diadakan lagi untuk kalian para penantang yang siap melahap makanan dalam sekejap! Terdapat 5 macam makanan yang dapat kalian pilih pada lomba makan di Jiyuu Matsuri, yaitu ramen, kare raisu, okonomiyaki, takoyaki, dan kakigori. Lomba makan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 November 2018, di Kampus A, Universitas Negeri Jakarta. Kapan lagi kamu bisa mendapatkan hadiah hanya dengan makan? Yuk, tunjukkan kemampuanmu melahap makanan dalam sekejap!

Lomba Cosplay

Festival Indonesia-Jepang selalu identik dengan para cosplayer, pun Jiyuu Matsuri dari tahun ke tahun selalu mengadakan lomba bagi para cosplayer. Cosplayer adalah orang yang memakai pakaian/kostum layaknya karakter pada game, anime, dsb. Lomba cosplay pada tahun ini dibagi menjadi dua macam, Cosplay Walk dan Cosplay Photography.

Untuk pendaftaran Cosplay Walk, kalian bisa membuka tautan berikut ini. Sementara itu, untuk Cosplay Photography kalian bisa membuka tautan yang satu ini.

Lomba Umum

Tak hanya merasakan keriuhan acara pada Jiyuu Matsuri, bagi kalian yang suka menggambar dan mengarang,  Jiyuu Matsuri memberikan kalian kesempatan untuk memenangkan lomba doujinshi dan desain karakter. Jangan hanya pendam bakatmu, tunjukkan keahlianmu dan menangkan perlombaan ini! Untuk pendaftaran lomba doujinshi, kalian bisa membuka tautan ini, dan untuk lomba desain karakter pada link berikut.

Lomba Akademik

Jiyuu Matsuri bukan hanya festival semata untuk berjalan-jalan atau menikmati festival ala Jepang.

Jiyuu Matsuri pun mengadakan lomba akademik bagi para siswa/i SMA sederajat untuk mengadu kepintaran juga kekreatifan mereka. Terdapat 6 lomba akademik yang akan diadakan Jiyuu Matsuri 2018, diantaranya kana-kanji, mading, pidato, rodoku, shiritori, dan cerdas cermat.

Kalian para siswa/i SMA sederajat yang merasa tertantang mengikuti lomba ini, bisa mendaftarkan diri melalui link-link berikut (dengan men-klik jenis lomba akademik dibawah):

Tak terasa Jiyuu Matsuri akan kembali digelar di UNJ. Apakah kalian berminat untuk mengikuti salah satu bahkan lebih kegiatan yang ada dalam event tersebut?


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.