Beranda » embedded content » [FOTO] Bertualang Di ‘Little Tokyo’ Ennichisai 2018

[FOTO] Bertualang Di ‘Little Tokyo’ Ennichisai 2018

Introduction

Ennichisai 2018 telah berakhir. Event yang berlangsung dari tanggal 31 Juni hingga 1 Juli tersebut telah didatangi puluhan ribu pengunjung, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga beberapa artis media sosial pun turut datang di Ennichisai kali ini.

Berikut adalah foto-foto yang dipotret oleh Jurnalis NawalaKarsa dan AnitestGuild selama gelaran acara berlangsung!

Klik tombol berikutnya atau slide teks ini untuk melihat foto-foto yang telah kami potret!

[Day 1] Pintu Keluar Terminal Blok M

Jurnalis Syahrian Naufal Alfarizy telah tiba di Blok Mpada pukul 8.55 WIB. Setelah menaiki Bus Transjakarta koridor 1 (Blok M – Kota). Sebelum itu, kami harus transit dari Semanggi menuju Bendungan Hilir dikarenakan tertinggal oleh bus MiniTrans Rute 6M (St. Manggarai – Blok M).

Pada saat tim liputan keluar dari Halte Blok M, gerbang penghubung menuju Blok M masih tertutup. Kami harus menunggu gerbang tersebut dibuka setidaknya 10 menit.

[Day 1] Persiapan Sebelum Mikoshi

Pada pukul 09.10 WIB, tim liputan NawalaKarsa sudah hadir ditengah main stage. Beberapa staff Ennichisai sedang mempersiapkan kuil-kuil yang ada difoto ini sebelum diarak pada pukul 14.00 WIB.

[Day 1] Persiapan di Main Stage

Foto ini diambil sekitar pukul 09.13 WIB, persis didepan Main Stage. Persiapan masih dilakukan oleh sejumlah staff Ennichisai sebelum rangkaian acara di Main Stage dilakukan.

[Day 1] Booth J Trust Bank

J Trust Bank (sebelumnya Bank Century), membuka booth di Ennichisai tahun ini. Booth ini unik lho, dikarenakan mereka menawarkan 3 hal menarik disini. Yaitu, Tap-Tap Dance, pendaftaran Rekening Bank edisi Khusus, dan juga Virtual Reality.

[Day 1] Pemuda Pancasila Turun Tangan (?)

Ada hal unik yang berhasil kami foto saat kegiatan Ennichisai kali ini. Kami mendapati sejumlah anggota Pemuda Pancasila yang turun ke lapangan. Entah apa yang mereka lakukan, tetapi kami sempat memantau kegiatan mereka namun tidak dapat menyimpulkan apa yang sebenarnya mereka lakukan. Dan apa hubungan Pemuda Pancasila dengan kegiatan ini?

[Day 1] Lautan Manusia Dibawah Terik Matahari

Lautan manusia sudah menyambut para pengunjung yang datang di siang hari. Padatnya kegiatan di beberapa stage membuat kondisi di lapangan seolah-olah ramai oleh lautan manusia. Pengunjung masih dapat leluasa untuk berjalan mengitari venue.

[Day 1] Jakarta Osoji Club

Jakarta Osoji Club juga turut meramaikan Ennichisai lho! Para pegiat dari klub ini berkeliling disekitaran lokasi Ennichisai untuk menghimbau para pengunjung untuk tidak buang sampah sembarangan. Keren ya!

[Day 1] Beramai-ramai

Para pengunjung sudah memadati beberapa bagian dari zona utama/main stage Ennichisai. Beberapa yang kelelahan memutari kawasan tersebut duduk disamping jalan.

[Day 1] Pop Stage

Sementara itu di Pop Stage, lomba menyanyikan Anisong masih dilakukan. Banyak peserta yang menggunakan atribut-atribut menarik lho, salah satunya seperti yang satu ini.

[Day 1] Angklung

Hal unik lainnya yang dapat kami abadikan adalah ini. Sekelompok ibu-ibu menyanyikan beberapa lagu Jepang menggunakan Angklung, suara vokalis pun juga sangat merdu.

[Day 1] Ada Kenta “Tidak Apa-Apa” di Ennichisai!

Youtuber kewarganegaraan Jepang yaitu Kenta dari Youtube Channel The Three, juga hadir loh di Ennichisai hari pertama!

[Day 1] Bertemu ‘reinkarnasi’ Pattimura

Kami bertemu dengan M Sastra Alam, pemuda yang sempat viral di Media Sosial berkat tampangnya yang unik. Ada apa dengan wajahnya? Ternyata, menurut pendapat berbagai kalangan netizen, Sastra memiliki kemiripan wajah dengan pahlawan Kapiten Pattimura.

[Day 1] Mikoshi – 1

Waktu menunjukkan pukul 13.53 WIB, dan sesaat lagi pawai Mikoshi sebentar lagi telah sampai ke titik awal. Kami berhasil mengabadikan gambar berikut disela-sela waktu Istirahat para peserta Mikoshi.

[Day 1] Mikoshi – 2

Para pesera Mikoshi beristirahat sejenak sebelum menerima aba-aba dari Panitia untuk melanjutkan kegiatan.

[Day 1] Chika Stage – 1

Sementara di Chika Stage sendiri, ada pameran Itasha serta performance dari band hingga grup Musik lokal di Jakarta. Penonton terhibur dengan berbagai performance yang disajikan disana.

[Day 1] Chika Stage – 2

Penonton memadati Chika Stage di Underground Blok M Mall.

[Day 1] Chika Stage – 3

Kendaraan-kendaraan Itasha ditampilkan lho di Chika Stage!

[Day 1] Cosplay Dengan Penuh Niat

Foto ini diabadikan oleh Jurnalis NawalaKarsa-AnitestGuild Amir M Rasyid. Salah satu yang menarik perhatian para pengunjung Ennichisai adalah Cosplay, dan banyak sekali ragam Cosplay yang dihadirkan disini. Ada yang bergaya minimalis atau low-cost Cosplay, ada yang high-detailed Cosplay seperti yang satu ini.

[Day 1] Planning Liputan Ditengah Lapangan

Kadang, rencana liputan yang telah direncanakan dengan matang tak sesuai dengan harapan. Hal ini juga terjadi dengan tim NawalaKarsa – AnitestGuild, kami akhirnya bertemu dan merencanakan beberapa rencana cadangan sebelum melanjutkan liputan kembali.

[Day 1] Lautan Manusia Dibawah Sinar Rembulan

Pukul 19.32 WIB, masih banyak pengunjung yang ada di Ennichisai hari pertama. Ini adalah kondisi keramaian di Main Stage, yang berhasil di foto oleh Jurnalis NawalaKarsa-AnitestGuild Amir M Rasyid.

[Day 1] Ingat! Jangan Pernah Tinggalkan Ibadah

Menurut laporan dari Jurnalis Amir M Rasyid serta beberapa sumber informasi lainnya, ada seorang yang menawarkan selebaran berisikan “Dosa-Dosa Meninggalkan Shalat Fardhu” kepada para pengunjung Ennichisai. Hal tersebut direspon positif oleh berbagai kalangan masyarakat muslim maupun non-muslim.

[Day 1] Kembali Pulang

Jurnalis Nawala Karsa Naufal Alfarizy harus pulang lebih awal dikarenakan tuntutan waktu, serta harus menyelesaikan beberapa urusan terlebih dahulu. Maka dari itu, ia menggunakan Transjakarta dari Terminal Blok M.

Namun, kondisi di Halte Blok M sendiri terpantau sangat ramai pada saat Naufal ingin pulang. Kepadatan terjadi di gerbang Bus Jurusan Kota, Manggarai, Pesanggrahan, dan Kampung Rambutan.

[Day 2] Lautan Manusia Di Akhir Hari

Keramaian semakin menjadi-jadi di hari terakhir Ennichisai 2018. Diperkirakan ada lebih dari 7 Ribu pengunjung pada saat foto ini diambil.

[Day 2] Mikoshi

[Day 2] JKT48 di Pop Stage – 1

JKT48 Team T turut meramaikan Pop Stage Ennichisai 2018 lho!

[Day 2] JKT48 di Pop Stage – 2

[Day 2] Ramai. Sesak. Panas.

Sekitar pukul 16.00 WIB, kondisi di lapangan sangat ramai. Lautan manusia datang dari berbagai penjuru, semakin menyusahkan para pengunjung untuk berjalan-jalan. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan niat mereka.

[Day 2] Foto Dengan Cosplayer Yuk!

Jurnalis AnitestGuild Dikky Andhika R sedang berfoto dengan salah satu Cosplayer yang bercosplay karakter dari anime Kobayashi-san Chi no Maid Dragon, yaitu Kanna Kamui.

[Day 2] Mermaid Man & Barnacle Boy Beraksi!

Berdasarkan pantauan Jurnalis Amir M Rasyid, Barnacle Boy dan Mermaid Man turut meramaikan Ennichisai hari kedua.

[Day 2] Penutupan Ennichisai – 1

Di Pop Stage sendiri, acara diakhiri dengan penampilan dari RedShift. Para penonton bahkan berteriak menyebut “Wibu Bau Bawang!” saat performance berlangsung.

[Day 2] Penutupan Ennichisai – 2

Gelaran Ennichisai tahun inipun diakhiri dengan festival kembang api. Seluruh pengunjung pulang kerumah masing-masing, ada yang menggunakan kendaraan pribadi, ada juga yang menggunakan kendaraan umum.

Credits

Difoto menggunakan : Xiaomi Redmi 4X (Syahrian Naufal Alfarizy) – Oppo F7 (Dikky Andhika R) – Smartfren Andromax R (Amir M Rasyid)
Fotografi oleh : Amir M Rasyid, Syahrian Naufal Alfarizy, dan Dikky Andhika R
Hak Cipta Foto oleh : NawalaKarsa dan AnitestGuild (Bersama)

Loading...