Lima Rekomendasi Podcast Bahasa Indonesia Untuk Anda!

Setiap hari, kita selalu ditemani dengan berbagai macam program di Televisi ataupun Radio. Tentu, banyak sekali orang yang menonton program-program menarik di pagi hari melalui Televisi jika mereka sempat, dan mendengarkan obrolan menarik sembari menunggu bus atau kereta melalui Radio pada sore hari.

Banyak masyarakat yang sering tidak sempat untuk mendengarkan berita-berita aktual dari Indonesia maupun Mancanegara dan hanya mengecek berita yang belum tentu kebenarannya di Sosial Media. Lalu, apa yang bisa kalian lakukan untuk menambah wawasan informasi anda di pagi hari tanpa repot-repot? Gampang! Cukup dengarkan Podcast di Ponsel kalian.

Apa Itu Podcast?

Podcast atau Siniar merupakan episode program yang tersedia di Internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli maupun potongan dari audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain. Jika ada Radio Online yang menyiarkan siaran Radio FM ke Internet, maka Podcast menjadi penyalur bagi Stasiun Radio untuk mempublikasikan Program Radio yang telah disiarkan sebelumnya melalui Radio FM maupun Internet.

Podcast menjadi sumber Informasi alternatif yang sudah didengarkan oleh jutaan orang di dunia, dan Podcast dapat anda dengarkan melalui Ponsel anda dan bahkan Komputer anda sekaligus.

Kali ini, kami akan merekomendasikan 5 Siaran Podcast yang cocok untuk Anda dengarkan!

1. BBC Global News Podcast

Podcast dari British Broadcasting Corporation ini menjadi Podcast pertama yang kami rekomendasikan untuk anda. Global News Podcast adalah Podcast yang berisi Berita-Berita yang telah dirangkum oleh BBC. Berita-berita yang dirangkum merupakan Top Stories yang dimiliki oleh BBC.

Podcast ini tayang dua kali dalam sehari setiap minggunya, artinya akan ada sekitar 14 Podcast yang akan BBC hadirkan untuk anda setiap paginya. Anda bisa mengakses Podcast ini melalui link berikut.

2. BBC Indonesia (BBC Dunia Pagi Ini)

Masih dari British Broadcasting Corporation, Podcast kali ini merupakan versi Bahasa Indonesia dari Global News Podcast. Bedanya, pengemasan dalam Podcast ini lebih singkat dan komposisi dari berita yang dirangkum oleh BBC tak hanya dari Mancanegara, namun juga dari Indonesia.

Podcast ini tayang sekali sehari setiap Senin sampai Jumat pada pukul 05.00 WIB atau 06.00 WIB. Anda bisa mengakses Podcast ini melalui link berikut.

3. NHK World Indonesian News

Podcast kali ini datang dari negara matahari terbit, Jepang. Podcast ini diproduksi langsung dari Shibuya, Tokyo, oleh Nippon Hoso Kyokai (NHK). Podcast ini berfokus pada berita-berita yang ada di Jepang dan berita tersebut disampaikan dalam Bahasa Indonesia.

Podcast ini tayang sekali sehari setiap harinya pada pukul 20.15 JST atau pukul 18.15 WIB. Anda bisa mengakses Podcast ini melalui link berikut.

4. Warta Berita KBS World Bahasa Indonesia

Jika podcast sebelumnya datang dari Jepang, maka podcast kali ini datang dari Seoul, Korea Selatan. Podcast ini diproduksi oleh Korean Broadcasting System. Podcast tersebut berisi berita-berita terhangat yang ada di Semenanjung Korea dan disampaikan dalam Bahasa Indonesia.

Podcast ini tayang sekali sehari setiap Senin sampai Sabtu. Anda bisa mengakses Podcast ini melalui link berikut.

5. Siaran Pagi VOA Indonesia

Hasil gambar untuk Siaran Pagi VOA IndonesiaPodcast terakhir ini datang dari Washington DC, Amerika Serikat. Siaran ini diproduksi oleh Voice of America (VOA) dalam Bahasa Indonesia. Selain memberitakan berita Internasional dan Nasional, Podcast ini juga membahas mengenai Ekonomi, Bisnis, Sains, dan Kesehatan dari Amerika Serikat.

Podcast ini tayang setiap pagi pada hari Senin hingga Jumat. Anda bisa mengakses Podcast ini melalui link berikut.

6. Warta Berita Bahasa Indonesia Nawala Karsa

Podcast yang satu ini mungkin bisa anda dengarkan sebagai alternatif dari alternatif podcast yang telah kami rekomendasikan diatas. Warta Berita Bahasa Indonesia yang diproduksi oleh Nawala Karsa di Jakarta ini, membahas mengenai Pop Culture, Transportasi Umum, serta Internasional.

Podcast ini masih dalam tahap Siaran Ujicoba, namun anda bisa mendengarkannya melalui Nawala Karsa Podcast Service.

 

Itulah 5 (ditambah satu) Podcast yang kami rekomendasikan kepada anda untuk dapat anda dengarkan setiap harinya, setelah membaca rekomendasi ini, podcast manakah yang ingin anda dengarkan?


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.