Beranda » Penyiaran » Indonesian Choice Award, Meriah dan Unik!

Indonesian Choice Award, Meriah dan Unik!

Ini adalah kali ke-4 Indonesian Choice Award dilaksanakan, kali ini banyak wajah baru yang muncul dalam nominasi yang dihadirkan. Tak sedikit pula wajah-wajah nominasi lama yang muncul dalam acara ini. Seperti apa perhelatan ICA kali ini?

Desta dan Vincent memandu acara ICA 5.0

Mendengar kata ICA, pastinya kalian pasti bisa menghubungkannya dengan NET. yang sudah 4 kali mengadakan acara ini. Acara Apresiasi serta konser ulang tahun gabungan ini dilaksanakan kembali di SICC, Sentul, Bogor.

Acara yang sudah dinanti-nanti ini akan menampilkan Raisa, GAC, Glenn Fredly, Craig David, Hailee Steinfeld, dan lain-lain. Sementara itu, Desta, Vincent, dan Sarah Sechan akan memandu acara pada kali ini. Para penonton dipastikan akan antusias karena NET. telah mempersiapkan secara matang acara kali ini.

NET. sebagai pihak penting dalam acara ini telah mempromosikan acara ini lewat pelbagai liputan di televisi, iklan, serta publikasi di akun sosial media mereka. NET. bahkan mengadakan kerjasama bersama Zilingo dan Nokia dalam beberapa kuis untuk meramaikan acara ini.

Voting Umum dan Juri

Sheila On 7 memenangi Nominasi Band/Group – Duo of The Year

Seperti yang kita ketahui, Indonesian Choice Award menggunakan Twitter dan Facebook (melalui Zulu.ID) untuk voting. Tetapi, tahukah kalian kalau pemenang dari Kategori Musik dipilih oleh Juri? Kategori Musik sangatlah essential dan penting dalam acara ini, dan juga agar mencegah para penggemar yang fanatik menggunakan akun palsu untuk memilih.

Terdapat sepuluh juri dalam Kategori Musik ICA 2018. Juri-juri tersebut adalah Reporter Denny MR, Jurnalis Tempo Qaris Tajudin, Jurnalis Musik Danie Satrio, Songwriter Oppie Andaresta, Radio Music Director Prita Prawirohardjo, Director Music Video Dimas Djayadiningrat, Director Joko Anwar, Managing Director POS Entertainment Dhani Pette, Music Editor Adib Hidayat, serta Reporter Bentara Budaya Harian Kompas Frans Sartono.

Sementara itu, untuk Kategori Film serta Program Televisi, NET bekerjasama dengan Saiful Mujani Research and Consulting untuk kategori responden yang berpendidikan.

Live Stream Hanya di Indonesia

Penayangan ICA 5.0 Diblokir diarea selain Indonesia

Selain dapat disaksikan melalui Saluran UHF, PayTV, dan Satelit. Indonesian Choice Award di NET. dapat anda saksikan di Livestreaming YouTube. Tapi uniknya, siaran NET di YouTube kali ini hanya dapat disaksikan di Zona Internet Indonesia.

Ini dibuktikan dengan ujicoba yang dilakukan oleh relatif dekat kami, saat mencoba untuk membuka YouTube dengan menggunakan VPN dari Indosat Ooredoo. Yang diketahui saat ini bahwa VPN Indosat berada di Singapura.

Entah apa alasan dari NET untuk melakukan penguncian Region dalam Live Stream kali ini. Dugaan kami adalah karena adanya kemungkinan pencurian Footage NET oleh para penggemar luar negeri seperti penggemar Craig David dan penggemar Hailee Steinfeld yang akan mengunggahnya kembali dengan cepat dan meraup untung dari video yang dipublikasikan.

Dangdut Muncul, Elitisme NET hilang?

Yang menarik dalam pagelaran Indonesian Choice Award kali ini adalah hadirnya Via Vallen sebagai bintang tamu dalam acara ini. Ia menyanyikan  lagu “Sayang” bersama Boy Wiliam dengan nada Dangdut bercampur sedikit Rap. Hal ini tentunya menjadi pertanyaan bagi kami saat menyaksikan, apakah NET. ingin merangkul pangsa pasar Kelas menengah bawah? Atau sengaja ingin membuat Dangdut versi baru?

Dugaan ini bisa saja benar. Karena sejak lama ini, pertumbuhan Rating dan Share televisi yang berfokus pada Entertainment dan Berita tersebut tidak naik-naik. Bahkan beberapa bulan lalu, Rating NET disalip oleh Rajawali Televisi (RTV) yang berfokus pada Keluarga.

Tapi, bisa saja dugaan ini salah. NET bisa saja memanfaatkan konten viral untuk meramaikan acara tersebut. Konten Viral yang dimaksud adalah Youtuber, Pemain Game Online Pro, serta Artis yang baru naik daun. Dengan kehadiran mereka, penonton Konten Viral tersebut akan ‘mantengin’ Indonesian Choice Award kali ini.

Disponsori Nokia

Salah satu Sponsor, Nokia, menghadirkan Kamera 360 untuk NET.

Indonesian Choice Award 2018 kali ini sangatlah unik, karena acara ini disponsori oleh Nokia, brand yang kembali lahir berkat bantuan HMD Global. Nokia melalui HMD Global kini sudah siap merambah kembali pangsa pasar Indonesia yang sempat hilang akibat kematian brand produk tersebut.

Nokia mensponsori Indonesian Choice Award mulai dari Kuis, Countdown, bahkan sampai Live Stream. Faktanya, Indonesian Choice Award kali ini juga tersedia dalam 360 Derajat di YouTube LIVE berkat dispomsori Nokia.

Cukup unik kan? Menurut kalian, akankah Brand Nokia akan kembali terangkat dengan mensponsori Indonesian Choice Award?

Titiek Puspa mendapatkan Lifetime Achievement

Tak disangka-sangka, Titiek Puspa, sang Artis Tiga Zaman ini mendapatkan Lifetime Achievement dari Indonesian Choice Award. 64 Tahun sudah beliau menghadirkan lirik dan nada bersarat makna, NET mempersembahkan penghargaan tersebut kepadanya.

Tak hanya penghargaan, lagu-lagu yang dibuat Titiek Puspa juga dinyanyikan/dimainkan dalam acara ini oleh Ketua BEKRAF Triawan Munaf, Glenn Freddly, Rinni Wulandari, dan juga Candil. Lagu Titiek Puspa yang dinyanyikan adalah Bimbi, Marilah Kemari, serta Apanya Dong.

Makin Banyak Sponsor, Untung Atau Buntung?

Melihat kondisi sponsorship yang ditampilkan oleh Indonesian Choice Award kali ini, kita bisa melihat bahwa tahun ini sudah makin banyak sponsor yang mendukung acara ini. Salah satunya Zilingo dan Nokia, yang menjadi Sponsor Utama acara tersebut.

Selain itu terdapat juga Game Anak Soleh, Teh Kotak dan Ultra Milk (dalam satu Ultrajaya), Sumitomo Corporation dan Hakyu Hanshin Property (dalam Sentul City), serta Telkom Indonesia. Yang menjadi tanda tanya adalah, mengapa Game Anak Soleh menjadi Sponsor sebuah acara yang mengekspos budaya non-agama?

Dan juga, apa alasan Sentul City mensponsori acara kali ini? Apakah mereka telah menemukan point of interest dari acara tersebut karena sering menggunakan SICC sebagai tempat acara?

Momen di Indonesian Choice Award 2018

Kami menangkap momen-momen menarik pada saat Indonesian Choice Award. Anda bisa melihatnya dibawah! Selamat menikmati!

Crew NET sudah naik ke panggung setelah acara usai

Muach! Kameramennya tersorot!
Kondisi didalam Ruang MCR
Halo! Muka Danang mengingatkan kita akan sesuatu, bukan?
Craig David sedang bernyanyi, guys!
Light Balace serta Roars! tampil bersama, menarik bukan?

 

Loading...