Kemkominfo, AGI dan Clevio Gelar Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”

Ayo Bikin Game di Rumah Saja Kementrian Komunikasi dan Informatika Kemkominfo Asosiasi Game Indonesia AGI Clevio Garena

Indonesia dalam kondisi waspada terhadap penyebaran COVID-19 atau Virus Corona. Pemerintah memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan diluar dan tetap di dalam rumah. Dalam sosialisasi tersebut, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Clevio yang didukung oleh Garena menggelar ajang cipta game berjudul, “Ayo Bikin Game di Rumah Saja“.

Seperti apa ajang perlombaan dari Kemkominfo, AGI dan Clevio ini? Yuk, kita cari tahu bersama!

Ayo Bikin Game di Rumah Saja!

Kemkominfo bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Clevio, serta didukung oleh Garena siap menggelar ajang cipta game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” yang bisa diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Dengan bertema “Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru”, ajang ini sesuai dengan kondisi sekarang yang di alami Indonesia. Ajang ini bertujuan untuk membantu sosialisasi bagaimana melawan dan mencegah meminimalisir pandemi ini melalui sebuah media interaktif yang bisa diakses siapa saja, yaitu video game.

Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona dengan Video Game

Dengan ajang “Ayo Bikin Game di Rumah Saja”, pihak Kementrian Komunikasi dan Informatika atau Kemkominfo, AGI dan Clevio berharap video game hasil dari ajang cipta game ini bisa menjadi komplemen dari media konvensional untuk mensosialisasikan cara-cara pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 ini.

Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan pernyataan mengenai sosialisasi ajang game ini.

Kondisi perang melawan Covid-19 yang kita alami saat ini membuat masyarakat dihimbau untuk beraktivitas di rumah saja, menjaga jarak dengan orang lain.

Hal ini sesuai arahan Presiden RI, Bpk Jokowi, agar kita segera dapat menahan laju penyebaran yang terinfeksi virus Corona.

Untuk mendukung arahan tersebut, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kemkominfo, bekerjasama dengan Asosiasi Game Indonesia dan Clevio Coder Camp menginisasi sebuah ajang cipta karya.

Kegiatan ini mengajak generasi muda untuk bersama-sama membuat game di rumah masing-masing sehingga waktu yang dimiliki menjadi terisi dengan penambahan karya dan pengetahuan.

Kita harapkan akan terbentuk komunitas para games maker yang semakin besar dan secara bersamaan. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan hidup sehat, bersih dan juga seru dalam menghadapi Covid-19.

Anak Sekolah, Mahasiswa/i, dan Umum Bisa Berpartisipasi

Ajang “Ayo Bikin Game di Rumah Saja” ini dibagi menjadi beberapa kategori, Junior (untuk siswa SD, SMP dan SMA/SMK) dan Mahasiswa/Umum. Masing-masing peserta diharuskan untuk membentuk tim dan bekerja sama selama empat hari untuk menghasilkan sebuah purwarupa game yang bisa dimainkan.

Dan untuk mendukung gerakan #dirumahaja yang digaungkan pemerintah, semua aktivitas dan komunikasi dilakukan secara online, tanpa harus keluar rumah. Masyarakat juga dilibatkan dalam menentukan game favorit mereka dengan cara memberikan voting terhadap karya-karya yang didaftarkan.

“Melalui acara ini, AGI dan developer game Indonesia ingin berkontribusi untuk membantu menjaga Indonesia. Yaitu dengan cara membuat game untuk mengedukasi masyarakat terkait pandemi Corona.

Diharapkan hasil game-nya nanti bisa membantu sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. Hal ini berguna untuk meminimalisir penyebaran virus ini,” ungkap Adam Ardisasmita, Wakil Ketua dari AGI.

Untuk persiapan perlombaan, Fransiska Oetami, CEO dari Clevion telah mempersiapkan Coach dari Clevio webinar gratis untuk belajar bikin game.

Untuk membantu mempersiapkan anak-anak mengikuti game jam ini, Coach Clevio yang sudah berpengalaman mengajar coding game kepada ribuan coders. Kami telah mempersiapkan webinar gratis dan seru untuk belajar bikin game.

Jadi jangan khawatir kalau belum pernah coding atau bikin game sebelumnya. Meskipun harus #dirumahaja, tidak berarti harus sendiri-sendiri.

Karena anak juga akan belajar mengembangkan social skillnya dengan kerja bareng teman secara online. Persis seperti bapak ibu yang meeting online karena #workfromhome.

Ayo Bikin Game di Rumah Saja Kementrian Komunikasi dan Informatika Kemkominfo Asosiasi Game Indonesia AGI Clevio Garena

Informasi lebih lanjut mengenai ajang cipta game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” bisa langsung mengunjungi halaman resminya disini.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.