Novel your name. akan Diterbitkan oleh Penerbit Haru 2020 Mendatang!

Setelah melalui proses yang panjang, Penerbit Haru dengan resmi mengumumkan bahwa mereka akan menerbitkan novel ‘your name.’ karya Makoto Shinkai. Selain itu, mereka telah meluncurkan teaser penerbitan novel tersebut di akun Instagram mereka.

https://www.instagram.com/p/B44f7x8p-FJ/

The Guardian berkata bahwa ‘your name.’ (judul menggunakan huruf kecil dan diakhiri dengan titik) adalah sebuah “petualangan remaja yang memukau dan memilukan”. Pujian kritikus film Mark Kermode ini ditujukan atas film animasi ‘your name.’ yang menyabet 66 penghargaan di dalam dan luar negeri Jepang, dan novelnya—Penerbit Kadokawa Jepang melarang kita untuk menyebutnya light novel—akan diterbitkan oleh penerbit Haru pada 2020 mendatang.

Film animasi terakhir Shinkai Makoto yang berjudul ‘Weathering with You’ bahkan mewakili Jepang ke ajang Piala Oscar.

Diterbitkan Penerbit Haru

Melalui rilis pers yang dibagikan, Penerbit Haru menyebut bahwa mereka akan menerbitkan novel Kimi no Nawa tersebut. “Membaca novel yang ditulis sendiri oleh sang animator dan sutradara ini, kita diajak kembali untuk mengerti makna sebuah nama dalam mengidentifikasi seseorang,” dikutip dari rilis pers tersebut.

Kita sering mendapati diri kita berkomentar kejam dan emosional di sosial media tanpa memikirkan apa akibatnya, dan pada kenyataannya, minim sekali akibat dari sebuah cuitan pedas di Internet. Kita bisa bersembunyi di balik tembok pengaman berupa nama pengguna dan akun anonim, dikutip dari pernyataan Penerbit Haru di rilis pers.

Mengenal Lebih Dalam Novel Kimi no Nawa

Novel yang telah diterjemahkan ke dalam 22 bahasa ini mengisahkan tentang seorang pemuda kota dan seorang gadis desa yang pada suatu hari tiba-tiba bertukar tubuh dalam waktu-waktu yang acak. Awalnya mereka mengira mereka sedang bermimpi, dan berbuat seenaknya sebelum pada akhirnya mereka sadar bahwa pertukaran tubuh tersebut bukanlah mimpi.

Pada awal cerita novel Kimi no Nawa, kita akan disuguhi betapa berbedanya mereka berdua, desa dan kota, laki-laki dan perempuan, individualistis dan suka bersosialisasi, pendiam dan ceria. Kita akan melihat bagaimana pemuda tersebut berubah menjadi seorang yang tidak peduli pada hubungan dengan orang lain menjadi orang yang lebih terbuka, kita juga akan melihat bagaimana gadis tersebut berubah menjadi gadis yang ingin segera keluar dari desanya menjadi seseorang yang berusaha menyelamatkannya.

Dengan novel ‘your name.’, pembaca bisa mengeksplorasi perasaan para tokoh yang tidak bisa diwakilkan dalam film animasi yang lebih mengandalkan visual. Siapa yang tahu apa yang ada dalam benak Mitsuha saat dia memerahkan wajah ketika pertama kali berada dalam tubuh Taki?

Judul ‘your name.’ dalam bahasa Jepang sebenarnya bukanlah sebuah pernyataan, melainkan sebuah kalimat yang belum selesai dengan titik tiga di belakangnya; ‘namamu….’, untuk menyatakan sebuah pertanyaan tersirat kepada lawan bicaranya untuk mengisi titik tiga di belakangnya. Shinkai Makoto dalam wawancaranya bersama Little White Lies berkata bahwa dia ‘tidak ingin membuat film yang dua sejolinya bertemu di awal, melainkan pada akhir kisah’. Saat mereka bertemu, mereka telah melupakan satu sama lain termasuk nama masing-masing, dan hanya perasaan mereka saja yang tersisa untuk mengidentifikasikan siapa pihak lainnya.

Kedua karakter pada akhirnya akan bertemu pada akhir kisah Kimi no Nawa, dan mereka akan membiarkan diri untuk tidak saling mengucap nama karena mereka tahu bahwa mereka bukan diidentifikasikan oleh sebuah nama. Tale, seorang blogger di sevenpercentbiased.com mengatakan bahwa pada akhirnya, Taki dan Mitsuha masing-masing diidentifikasikan bukan dengan nama, melainkan dengan hubungan di antara keduanya; bahwa mereka saling mencintai.

your name.’ bukan sekadar sebuah kisah pemuda bertemu dengan seorang gadis, kemudian jatuh cinta. ‘your name.’ adalah sebuah kisah untuk mengingatkan kita bagaimana pentingnya kita menghargai hubungan dengan orang lain, baik itu di dalam jaringan maupun di luar jaringan, karena kita lebih dari sekadar nama.

Apa Itu Kimi no Nawa?

novel kimi no nawa your name.

Kimi no Nawa, atau yang dikenal dengan ‘your name.’, merupakan salah satu film romantis berformat anime yang berhasil merebut hati banyak orang. Kisah pertemuan antara Taki dan Mitsuha itu memang cukup untuk membuat para penontonnya menjadi emosional dan bahkan tidak bisa move on dari filmnya atau ceritanya. Ditambah dengan cerita yang bagus, tidak heran ada penonton yang membawa serius tema yang diangkat di film ini.

Film dan novel your name. sendiri dibuat oleh Makoto Shinkai. Sutradara yang terkenal ini dikenal sebagai salah seorang sutradara asal Jepang yang sangat terkenal karena film-film animasi garapannya yang menyentuh, bahkan menguras hati dan emosi penonton.

Film-filmnya yang terkenal antara lain adalah 5 cm per Second, She and Her Cat, The Garden of Words, dan Your Name. Pada 2016 lalu, film Your Name garapannya ditetapkan sebagai salah satu film animasi paling populer dan laku di Jepang, dan mendapat banyak tanggapan bagus dari para kritikus film dunia.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.