Ada Apple, Ini 15 Perusahaan yang Muncul di Film Weathering With You

WEATHERING WITH YOU – Warganet Indonesia kembali berkomentar pasca-penayangan perdana film Tenki no Ko di seluruh Indonesia. Pasalnya, film yang dibuat oleh ComixWave tersebut dipenuhi dengan ad placement atau iklan-iklan terselubung.

Sebelumnya, dalam review di situs Indonesian Otaku, disebutkan bahwa film tersebut dipenuhi oleh penempatan iklan dari sejumlah perusahaan besar di Jepang dan bahkan dunia. Dalam trailer film Weathering With You sendiri dapat disaksikan bahwa brand seperti Apple, perusahaan telekomunikasi SoftBank, dan Yahoo! Japan menyisipkan perusahaan mereka dalam film tersebut.

Sebenarnya, tidak ada masalah dari penyisipan iklan pada film. Namun, apabila memang sudah terlalu banyak dan mulai mengganggu, penonton dipastikan akan kurang menyukai hal tersebut. Walaupun begitu, keputusan memang hanya ada di tangan Makoto Shinkai dan ComixWave.

Para warganet sendiri mengomentari adanya ad placement pada film tersebut:

“Mas boleh minta katalog produk apple-nya?” – “Oh, nonton film di bioskop sebelah aja mas.”

BigMac dan McDonald

“Gambar big macnya terlalu bagus. Gak sesuai realitanya 🙁

“McD muncul semenit doang, kalah sama product Apple munculnya lebih dari 10 menit.”

Perusahaan Apa Saja yang Muncul di Film ‘Weathering With You’?

McDonald Malaysia Mekdi

Film Tenki no Ko menceritakan seorang pemuda bernama Hodaka yang bosan akan desa tempat ia tinggal dan meninggalkannya untuk tinggal di Tokyo. Namun, keadaan tidak semulus yang ia kira; di Tokyo, ia malah tidak punya uang. Ia tinggal dengan mengisolasikan dirinya sendiri, meskipun pada akhirnya ia diterima untuk bekerja sebagai seorang penulis di sebuah majalah misterius. Namun, setelah ia mulai bekerja, ada hal aneh yang terjadi—hujan turun terus menerus setiap hari. Di saat itu jugalah, Hodaka dipertemukan dengan Hina, seorang gadis yang bisa menghentikan hujan dan membuat langit cerah kembali. Kira-kira, akan jadi seperti apa ya kisah mereka berdua?

Sejauh ini, para pengisi suara yang diketahui akan membintangi film ini adalah Kotaro Daigo sebagai Morishima Hodaka dan Nana Mori sebagai Amano Hina. Sementara film ini akan digarap oleh Makoto Shinkai (tentunya) dan Atsushi Tamura sebagai sutradara animasi, juga Masayoshi Tanaka akan kembali menjadi perancang karakter setelah sebelumnya sempat bekerjasama dengan Shinkai dalam film Kimi no Na wa.

Mengapa film tentang cuaca? Shinkai berkata, “Saya memakai tema cuaca karena itu topik yang familiar buat semua orang.

Buat para pembaca yang mungkin belum tahu siapa itu Makoto Shinkai, ia adalah salah seorang sutradara asal Jepang yang sangat terkenal karena film-film animasi garapannya yang menyentuh, bahkan menguras hati dan emosi penonton. Walaupun begitu, tanpa adanya dukungan dana dari sejumlah pihak, film bergenre magical-realism tersebut tidak mungkin masuk ke bioskop.

Terdapat sekiranya 15 perusahaan yang menempatkan ad placement di film Weathering With You, termasuk dengan Apple Inc. Berikut adalah perusahaan-perusahaan yang muncul dalam film karya Makoto Shinkai tersebut:

  1.  Haier
    Haier sendiri merupakan perusahaan yang berfokus pada bidang peralatan rumah tangga. Didirikan pada 1984, perusahaan ini bermarkas di Qingdao, Tiongkok. Produk yang umumnya dibuat oleh Haier sendiri adalah Mesin Cuci, Freezer, Kulkas, serta Televisi.
  2.  Seiko
    Mengutip dari situs perusahaan, Seiko merupakan perusahaan jam tangan asal Jepang yang didirikan pada adab ke-19, tepatnya tahun 1881 di Ginza, Tokyo, Jepang. Perusahaan holding tersebut kini tak hanya memproduksi jam tangan saja, melainkan juga perhiasan, mesin percetakan, hingga lensa kacamata.
  3.  Apple
    iPhone 6, dengan sinyal 4G dari SoftBank, dan aplikasi Yahoo! Japan. (Ilustrasi: Makoto Shinkai-ComixWave/Tenki no Ko/Indonesian Otaku)
    Bagi pembaca Nawala Karsa tentunya sudah tidak asing lagi dengan Apple. Perusahaan asal Amerika Serikat yang dibangun oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak itu didirikan pada tahun 1976, dan memproduksi banyak produk dan jasa seperti iPod, iPhone, iTunes, dan Macintosh.Cukup mengejutkan bagi Nawala Karsa bahwa Apple ikut menyisipkan iklan di film Weathering With You, lantaran pada umumnya Apple hanya melakukan ad placing di film-film barat. Lebih mengejutkan, sisipan iklan dari Apple terlampau lama dari brand lainnya dan mencapai lebih dari sepuluh menit.
  4.  McDonald
    Perusahaan makanan cepat saji McD yang didirikan pada tahun 1940 ini juga muncul dalam film. Hina Amano, sang ‘pawang hujan’ sendiri, juga bekerja sebagai karyawan part-time McDonald dalam salah satu scene Tenki no Ko.
  5.  SoftBank
    SoftBank sendiri dapat kita bandingkan dengan Telkomsel di Indonesia. Perusahaan telekomunikasi asal Jepang yang didirikan pada 1981 tersebut muncul di kebanyakan scene sebagai perusahaan telekomunikasi seluler. (Ya iyalah!)
  6.  Yahoo! Japan
    Perusahaan yang didirikan pada tahun 1996 oleh Yahoo! dan dimiliki oleh SoftBank ini muncul dalam sejumlah scene dimana Hodaka menanyakan sejumlah hal secara online, meminta pendapat warganet Jepang.
  7.  Nissin
    Perusahaan mie asal Jepang yang terkenal ini juga muncul dan menempatkan ad placement dalam Tenki no Ko berupa salah satu produk mie mereka.
  8.  East Japan Railway
    Hasil gambar untuk JR East Yamanote Line
    Perusahaan Swasta pecahan dari Japan National Railway ini selalu muncul dalam scene yang berkaitan dengan transportasi publik/kereta komuter listrik. Bahkan sejumlah lin kereta komuter di Tokyo seperti jalur Yamanote turut muncul disini, beserta dengan seri kereta komuter terbaru milik JR East.
  9.  Suntory
    Suntory merupakan perusahaan minuman ringan dan alkohol yang didirikan pada tahun 1899. Ad placement yang ditampilkan adalah produk-produk softdrinks milik Suntory.
  10.  Yunika Vision
    Higashi-Shinjuku, Kabukichō and Yunika Vision as seen from Nishi-Shinjuku.

    Muncul disaat scene bencana hujan deras, Yunika Vision merupakan billboard besar yang ada di Yunika Building yang rutin menayangkan film, konser, dan informasi unik dan menarik. Banyak sekali turis yang datang untuk sekedar menonton atau berswafoto didepan Yunika Vision, dan lokasinya sendiri berada di kawasan Kabukicho, dan dilewati oleh jalur kereta JR East.
  11.  Tower Records 
    Tower Records sendiri aslinya merupakan perusahaan asal Amerika yang datang ke Jepang pada tahun 1979. Porsi ad placement Tower Records Japan sendiri di film Tenki no Ko terbilang sedikit.
  12.  Pepsi
    Siapa yang tak kenal Pepsi? Minuman soda produksi PepsiCo ini dibuat pada tahun 1893 oleh Caleb Bradham di Amerika Serikat, dan cepat mendunia hingga ke Jepang.
  13.  Honda
    Hasil gambar untuk honda cub japan red

    Cukup mengagetkan bahwa Honda muncul dalam scene terpenting di Weathering With You. Honda memunculkan motor andalannya, yaitu Honda Cub untuk salah satu scene kejar-kejaran antara Hodaka dengan Polisi.
  14.  Lawson
    Keberadaan Lawson dalam scene ini tergolong minim dan hanya beberapa saat saja.
  15.  Lotte
    Serupa dengan Lawson, Lotte sendiri hanya muncul sesaat dalam scene film ini.

 


Itulah 15 perusahaan Jepang dan luar negeri yang turut muncul dalam film Weathering With You sebagai ad placement. Menurut kalian, apakah ad placement tersebut terlalu banyak? Atau masih dalam ambang batas wajar? Yuk komentar dibawah, beritahu kami pendapatmu!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.