[REVIEW GAME] Sekiro: Shadows Die Too Much

Sekali lagi, developer game From Software berhasil menarik perhatian para gamers. Developer game yang terkenal dengan game-gamenya yang sulit dan menantang seperti seri Dark Souls dan Bloodborne membuat sebuah game baru berjudul Sekiro: Shadows Die Twice. Game yang merupakan hasil kolaborasi antara tim Activision dengan From Software ini menciptakan pengalaman yang sama saat bermain Dark Souls.

Setelah mencoba bermain Sekiro: Shadows Die Twice sekitar 4-6 jam, saya mendapatkan sebuah pengalaman yang luar biasa. Mulai dari marah, kesal, geregetan, dan tentu saja putus asa. Tidak lupa pula dengan gameplay yang unik dan berbeda. Penasaran seperti apa game Sekiro: Shadows Die Twice? Mari kita mulai saja pembahasan review game Dark Souls versi Shinobi.

Story: Something About Sengoku, Clan, Ashen One Shinobi, etc…

Sekiro mengambil setting pada zaman Sengoku abad ke-16 di Jepang. Pemain akan mengendalikan seorang Shinobi yang mencoba untuk menyelamatkan pemimpin kerajaan. Dengan sebuah tangan prosthetic yang memiliki bermacam fungsi dan keahlian seorang Shinobi, pemain akan berhadapan dengan berbagai macam rintangan yang menghadang.

Jujur saja selama saya bermain, saya tidak terlalu fokus ke dalam cerita Sekiro: Shadows Die Twice. Kalian yang sudah pernah bermain game Dark Souls pasti mengerti apa yang saya maksud disini.  Walaupun terkadang saya kehilangan arah harus kemana lagi jalan yang harus dilewati karena terlalu sering skip cerita dan pembicaraan dengan karakter penting.

Gameplay: 90% Dark Souls, 10% Tenchu

1. Pentingnya Membaca Dan Menghafal Gerakan Musuh

Sekiro: Shadows Die Twice mengharuskan para pemain untuk selalu membaca dan menghafal gerakan musuh. Sama seperti Dark Souls, pemain harus selalu waspada dengan serangan musuh agar tidak mati dengan mudah. Tapi jangan khawatir, karena kalian akan dibantu dengan beberapa fitur penting yang ada pada Sekiro: Shadows Die Twice.

2. Parry/Deflection Dan Kenikmatan Suara Beradu Katana

Salah satu gameplay paling mencolok dalam Sekiro: Shadows Die Twice adalah sistem parry atau disini namanya Deflection dimana kalian akan saling beradu pedang dengan musuh ataupun melakukan counter. Pada awalnya saya agak kesal karena salah satu gameplay paling saya benci di Dark Souls menjadi kunci utama di Sekiro. Ya, saya memang payah dan tidak ahli menggunakan parry dan lebih suka keep roliing rolling rolling.

Dan ternyata dugaan saya salah besar. Sistem parry atau deflection disini benar-benar memuaskan. Timingnya pun tidak terlalu sulit asalkan kalian pandai membaca dan menghafal gerakan musuh. Belum lagi saat suara katana yang bergema saat beradu dengan katana milik musuh ataupun efek dari menahan sebuah serangan. Sistem deflection menjadi kunci penting dalam bertahan hidup dalam menghadapi musuh-musuh yang menyebalkan.

3. Posture, Shinobi Deathblow dan stamina

Sekiro memiliki fitur bertarung yang unik, yaitu Posture dan Shinobi Deathblow. Saat bertarung kalian akan melihat bar di bawah dan atas. Itu adalah Posture, dimana fungsinya sebagai status untuk menggoyahkan kondisi karakter. Bar Posture ini mulai berefek saat melakukan damage dan menangkis serangan. Jika bar Posture ini penuh, maka karatker akan mengalami stun sesaat dan mendapatkan kesempatan melakukan damage besar bernama Shinobi Deathblow.

Fitur Shinobi Deathblow menunjukkan eksekusi serangan yang keren dan bisa menghabiskan seluruh Health milik musuh. Shinobi Deathblow akan sangat membantu saat menghadapi musuh kecil, mini-boss dan boss stage. Jadi Posture dan Shinobi Deathblow merupakan fitur penting dalam Sekiro: Shadows Die Twice.

Kalian tidak perlu khawatir dengan penggunaan stamina saat menghadapi musuh. Karena pada Sekiro: Shadows Die Twice, sistem stamina tidak digunakan sama sekali. From Software menggantikan fitur stamina ini dengan Posture agar pemain bisa dengan fokus dengan membaca serangan musuh. Dan kalian bisa dengan puas melakukan dash ataupun dodge sebanyak mungkin.

4. Variasi Serangan Musuh, Grab, Sweep, Dan Thrust

Musuh yang kalian hadapi memiliki bermacam-macam variasi serangan. Ada serangan biasa, grab, sweep dan thrust. Untuk serangan biasa kalian cukup menggunakan fitur counter bernama Deflect. Dengan timing yang tepat kalian bisa dengan mudahnya menggoyahkan kondisi musuh hingga bar Posture penuh dan melakukan serang Shinobi Deathblow.

Untuk tipe serangan grab, sweep dan thrust memiliki perbedaan dengan serangan biasa. Serangan ketiga tipe ini akan memunculkan tanda tulisan kanji. Biasanya serangan ini mempunyai cara khusus untuk menghindari ataupun melakukan serangan balik ke musuh.

5. Fitur Skill Menambah Pengalaman Seru Dalam Bertarung

Selama bermain game Sekiro, kalian akan menemukan beberapa item yang dapat mempelajari skill baru. Skill dapat membantu para pemain dalam menghadapi beberapa variasi serangan musuh yang biasanya merepotkan. Skill ini dapat dibuka dengan mengumpulkan poin skill yang didapatkan dari menghabisi musuh.

6. Resurrection dan Penalty

Sesuai judulnya, Sekiro: Shadows Die Twice memiliki fitur yang unik. Jika karakter mati, akan ada opsi khusus dimana kalian bisa dihidupkan kembali di lokasi yang sama. Harap diingat bahwa ada batas tertentu dimana kalian bisa dihidupkan kembali. Agar bisa dihidupkan kembali kalian harus mendapatkan poin resurrect dengan membunuh musuh. Tentu saja jika kalian tidak bisa dihidupkan kembali akan ada efek penalty seperti poin skill berkurang dan uang yang didapat dari drop musuh pun juga ikut berkurang.

7. Grappling Hook

Sebelum Sekiro: Shadows Die Twice rilis, game ini pada awalnya akan dibuat menjadi game Tenchu baru. Tapi karena ada beberapa hal, game ini menjadi sebuah game baru dengan beberapa fitur dari Tenchu. Seperti fitur Grappling Hook. Fitur ini akan memberikan kebebasan pemain untuk menelusuri area lain yang memiliki jarak yang jauh. Selain itu bisa sebagai alat penyelamat apabila kalian dilempar jauh oleh musuk. Beberapa kali saya telah diselamatkan oleh Grappling Hook.

8. Stealth

Selain fitur Grappling Hook dari Tenchu, From Software juga memberikan fitur stealth di game Sekiro. Sebagai seorang Shinobi pasti harus bisa menyelinap dan membunuh musuh tanpa ketahuan, bukan. Dengan fitur ini kalian bisa menghabisi musuh satu per satu secara diam-diam tanpa perlu khawatir dikeroyok satu pasukan.

Graphic: Keindahan dan Kekejaman Dunia Sengoku

Jika membahas soal grafik, sudah pasti From Software memberikan yang terbaik untuk para penggemarnya. Beberapa tempat seperti kastil, gunung, hutan dan kota bekas penjarahan terlihat luar biasa disini. Bentuk monster sejenis demon khas Jepang yang mengerikan. Belum lagi penampilan sang karakter utama yang terlihat badass. Jangan lupa dengan betapa kerennya bentuk tangan prosthetic milik tokoh utama.

Beberapa efek seperti percikan dari pertarungan katana, darah, kondisi cuaca dan efek lainnya dibuat dengan indah disini. From Software mengerjakan game Sekiro: Shadows Die Twice dengan serius sama seperi game andalan mereka Dark Souls dan Bloodborne. Terlebih dalam urusan dengan graphic pada game mereka.

Sound: Woooooooooooooooooooo!

Sekiro memberikan banyak BGM yang luar biasa keren. Suasana musik era zaman Sengoku bisa kalian dengar di setiap area. Sound effect dari pertarungan katana yang bisa bikin ketagihan dan puas. Suara monster yang bikin kesal rasa ingin dibantai. Dan tidak lupa dengan beberapa suara kejutan dari game Sekiro: Shadows Die Twice seperti video dibawah ini.

Verdict: Git Gud, Noob….

Jadi dalam waktu 4-6 jam selama saya bermain Sekiro: Shadows Die Twice ada sekitar 161 kali mati. Sampai saat ini saya masih berada di stage ke-2 di lokasi flashback sang karakter utama. Bukannya saya noob bermain game sejenis Dark Souls, saya hanya mencoba menikmati semua gameplay yang disajikan dalam Sekiro: Shadows Die Twice. Terlebih dengan sistem baru dari From Software seperti deflection, posture, shinobi deathblow dan membiasakan diri membaca gerakan musuh. Jadi bagi kalian yang suka menyiksa diri kalian sendiri, merasakan tekanan luar dan dalam, stres, kesal dan lainnya, saya sangat merekomendasikan game Sekiro: Shadows Die Twice masuk dalam daftar game kalian saat ini juga.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.