Siapkah RCTI Memulai Siaran HD-nya?

1 April nanti, RCTI akan segera bersiaran dengan format HD. Namun, apakah RCTI sudah siap sepenuhnya?

Di tahun 2018 ini, tepatnya pada bulan April nanti, Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) akan mulai bersiaran dengan format High Definition (HD). Hal ini tentunya sangatlah mengagetkan banyak khalayak umum yang biasa menyaksikan maupun mengkritik televisi tersebut.
Tidak aneh bagi televisi ini untuk sering dapat ‘kritik’ dari warganet. Pasalnya, konten siaran yang ditayangkan dari pagi hingga malam di stasiun televisi tersebut tidaklah layak untuk beberapa khalayak. Warganet sendiri lebih menyarankan agar RCTI bisa menayangkan acara yang lebih segar, menghibur, dan dapat menjangkau segala lapisan masyarakat.
Masih ingatkah anda dengan kasus Acara Musik berbalut Komedi Slapstick ‘Dahsyat’? Acara itu kini sudah lenyap lantaran dikecam oleh warganet. Dahsyat dikecam, lantaran membuat situasi humor yang tidak pantas, dimana seorang istri tentara diharuskan memakan kerupuk yang diberi tali di kaki seorang bintang tamu, kemudian kerupuk itu di naik-turunkan sesuai dengan keinginan bintang tamu tersebut.
Kemudian, apa anda masih ingat dengan Tukang Bubur Naik Haji? Ratusan episode dan sudah diluar skenario utama, pemeran utama ditanggalkan ‘mati’ dalam episode sekian ditempat yang antah berantah. Episode berikutnya menjadi pendulang uang bagi Production House dan RCTI sendiri.
Kedua hal tersebut dikecam dan dijadikan cibiran oleh warganet Indonesia. Warganet menganggap bahwa mereka telah ‘diperah’ waktu-nya oleh sajian yang tidak mendidik oleh stasiun tersebut.
Warganet sendiri masih meragukan apabila RCTI akan beralih ke HD. Mereka bertanya seperti ; Apakah tayangan RCTI akan semakin berkualitas bila beralih ke HD? ; Apakah RCTI hanya sekedar ‘gengsi’ dengan televisi lain sehingga memaksakan diri ke HD?

Siaran terbatas di MNC Vision

Gedung MNC Media (tengah), disertai dengan gedung iNewsTV (ujung kiri bawah).
Siaran HD RCTI ini tak sepenuhnya dapat diakses secara umum melalui satelit Telkom 3S ataupun Palapa, siaran HD ini akan ditayangkan secara encrypted atau terkunci pada MNC Vision saja.
Hal ini dianggap wajar karena, MNC khawatir akan loss akibat pengeluaran yang banyak saat menyiarkan RCTI HD. Pengeluaran tersebut akan ditutupi dengan menempatkan RCTI HD pada MNC Vision terlebih dahulu. Apabila sudah dianggap pas, bisa saja RCTI HD akan ditayangkan secara umum melalui Telkom 3S atau Palapa.

Apakah MNC sudah siap dengan peralatannya?

Cuplikan HUT RCTI Ke-28, indikasi RCTI siap HD sudah ada!
Kita kadang selalu meng-underestimate stasiun televisi yang satu ini, banyak yang mengira kalau stasiun televisi ini kurang berinovasi dan bahkan terlampau jauh dengan stasiun televisi pendatang seperti Berita Satu, KompasTV, dan juga NET.
Tapi sebenarnya, apakah MNC sendiri sudah siap untuk menyiarkan RCTI HD?
Berdasarkan informasi yang kami peroleh, RCTI sudah mempersiapkan peralatan kamera High Definition serta alat-alat penunjang Master Control Room (MCR) yang termutakhir. Hal ini dapat kita lihat pada cuplikan acara HUT RCTI ke-28, di link berikut. Pada detik 2;25, dapat kita lihat onscreen (tampilan) dari cuplikan tersebut yang menandakan bahwa MCR tersebut sudah HD Ready namun masih menggunakan kamera standar SD.
Hal lain juga bisa kita lihat pada beberapa tampilan Seputar iNews yang strecth atau gepeng. Atau bahkan beberapa iklan RCTI di Youtube yang sudah HD. Menandakan RCTI sendiri sudah siap dengan High Definition, dan siap bertarung dengan televisi lain dalam kualitas siaran.

Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.